Iklan

terkini

Bagaimana Perbedaan Antara Iklim Tropis Dan Iklim Subtropis?

, Februari 11, 2024 WIB

 

Halo sobat Betuah.id! Apa kabarmu Kali ini kita akan membahas perbedaan iklim tropis dan subtropis. Meski sama-sama terletak di dekat garis khatulistiwa, namun terdapat perbedaan karakteristik yang cukup signifikan.Apa yang dimaksud dengan iklim tropis?

 

Iklim tropis terjadi di daerah sekitar garis khatulistiwa yang terkenal dengan suhu tinggi sepanjang tahun. Ciri khasnya adalah cuaca panas dan lembab dengan curah hujan melimpah sepanjang tahun. Daerah tropis biasanya mempunyai musim hujan dan musim kemarau.

 

 

Salah satu contoh iklim tropis terdapat di sebagian besar wilayah Indonesia seperti Jawa, Sumatera, Kalimantan, dan Papua. Iklim tropis juga terdapat di negara-negara seperti Brazil, Kongo dan Malaysia.

 

Apa yang dimaksud dengan iklim subtropis?

 

Pada saat yang sama, iklim subtropis terjadi di daerah antara tropis dan subtropis. Daerah-daerah ini cenderung memiliki musim yang berbeda-beda, seperti di daerah tropis, dengan musim panas yang panjang dan musim dingin yang lebih sejuk.Iklim subtropis ditandai dengan musim panas yang hangat atau terik dan musim dingin yang relatif sejuk. Curah hujan biasanya lebih sedikit dibandingkan di daerah beriklim tropis, meskipun musim hujan juga bervariasi.

 

Baca Juga : Cara Isi Saldo Dan Transfer DANA lewat Sea Bank  

 

Perbedaan Suhu dan Curah Hujan

 

Salah satu perbedaan terbesar antara iklim tropis dan subtropis adalah suhu dan curah hujan. Di daerah tropis, suhu biasanya lebih tinggi sepanjang tahun dan curah hujan lebih merata. Sedangkan di daerah subtropis, musim panas dan musim dingin lebih cerah dan curah hujan cenderung lebih rendah.Misalnya, di daerah tropis seperti hutan hujan Amazon, suhu bisa mencapai 30 derajat sepanjang tahun dan hujan turun hampir setiap hari. Di wilayah subtropis seperti California Selatan, suhu musim panas bisa mencapai 40 derajat Celcius, sedangkan musim dingin lebih hangat dibandingkan wilayah tropis, dengan suhu sekitar 10 derajat Celcius.

 

Baca Juga : Cara Pesan Barang Di Tiktok Shop,Ngga Perlu Keluar Aplikasi! 

 

Perbedaan vegetasi dan ekosistem

 

Perbedaan suhu dan curah hujan juga mempengaruhi vegetasi dan ekosistem kedua wilayah tersebut. Daerah tropis dicirikan oleh hutan hujan lebat dan beragam yang menjadi rumah bagi berbagai spesies tumbuhan dan hewan.Pada saat yang sama, vegetasi di wilayah subtropis lebih beragam, bergantung pada faktor-faktor seperti curah hujan dan topografi. Misalnya, wilayah subtropis yang lebih kering mungkin memiliki padang rumput dan semak belukar, sedangkan wilayah yang lebih basah mungkin memiliki hutan gugur atau hutan jenis konifera.

 

Baca Juga : 7 Makanan Yang Dapat Membuat Kulit Bersinar 

Kesimpulan

 

Perbedaan PentingJadi, meskipun iklim tropis dan subtropis memiliki kesamaan secara geografis, keduanya mempunyai perbedaan penting dalam hal suhu, curah hujan, vegetasi, dan ekosistem. Memahami perbedaan-perbedaan ini penting tidak hanya untuk tujuan akademis, namun juga untuk menghargai keanekaragaman alam planet kita.

 

Baca Juga : Apa Yang Dimaksud Dengan Peta Topografi?

 

Saya harap artikel ini bermanfaat bagi Anda. Simak artikel menarik lainnya di website kami. Terima kasih sudah membaca!.

Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Bagaimana Perbedaan Antara Iklim Tropis Dan Iklim Subtropis?

Terkini

Iklan