Sebutkan tiga faktor produksi dalam ekonomi!

faktor produksi

Banyak faktor yang mempengaruhi kinerja. Seorang pengusaha atau mahasiswa manajemen bisnis hendaknya mempunyai pengetahuan yang baik tentang faktor-faktor yang mempengaruhi produksi, karena sudah menjadi salah satu unsur manajemen industri dan dipelajari setiap hari.Namun, hal ini pasti terasa sangat aneh bagi sebagian orang yang tidak berkecimpung dalam bisnis atau yang telah mempelajari faktor-faktor yang mempengaruhi produksi.

 

Pada dasarnya sistem produksi dan proses produksi merupakan hal yang tidak dapat dipisahkan satu sama lain, karena kedua hal tersebut berkaitan erat.Jika diartikan sebagai produksi internal, merupakan komponen yang mempunyai peranan yang sangat penting dalam perusahaan.Hal ini dikarenakan peran produksi dalam suatu perusahaan dapat meningkatkan nilai guna barang yang memenuhi kebutuhan masyarakat.

 

Namun manufaktur adalah suatu cara, cara dan teknik yang digunakan suatu perusahaan untuk memproduksi sesuatu.Sistem produksi adalah pengorganisasian kegiatan proses produksi agar dapat berjalan dengan baik, sehingga proses produksi dapat terintegrasi dengan baik satu sama lain.

 

Jika Anda masih penasaran dan ingin mengetahui lebih lanjut mengenai faktor-faktor yang mempengaruhi produksi, simak ulasannya di bawah ini.

 

1.Sumber Daya Manusia

 

Kinerja dipengaruhi oleh banyak faktor. Seorang pengusaha atau mahasiswa manajemen bisnis hendaknya mempunyai pengetahuan yang baik tentang faktor-faktor yang mempengaruhi produksi, karena sudah menjadi salah satu unsur manajemen industri dan dipelajari setiap hari.Namun, hal ini pasti terasa sangat aneh bagi sebagian orang yang tidak berkecimpung dalam bisnis atau yang telah mempelajari faktor-faktor yang mempengaruhi produksi.Pada dasarnya sistem produksi dan proses produksi merupakan hal yang tidak dapat dipisahkan satu sama lain, karena kedua hal tersebut berkaitan erat.

 

Baca Juga : 7 Makanan Yang Dapat Membuat Kulit Bersinar 

 

Jika diartikan sebagai produksi internal, merupakan komponen yang mempunyai peranan yang sangat penting dalam perusahaan.Hal ini dikarenakan peran produksi dalam suatu perusahaan dapat meningkatkan nilai guna barang yang memenuhi kebutuhan masyarakat.Namun manufaktur adalah suatu cara, cara dan teknik yang digunakan suatu perusahaan untuk memproduksi sesuatu.Sistem produksi adalah pengorganisasian kegiatan proses produksi agar dapat berjalan dengan baik, sehingga proses produksi dapat terintegrasi dengan baik satu sama lain.

 

2. Sumber Daya Manusia

 

Faktor selanjutnya adalah sumber daya manusia. Dapat dikatakan bahwa sumber daya manusia merupakan faktor yang tidak kalah pentingnya dalam proses produksi.Hal ini dikarenakan peran sumber daya manusia tentunya tidak bisa dihilangkan baik dalam proses produksi maupun pengolahan bahan mentah hingga menjadi produk jadi.Jadi dapat dikatakan tanpa peran manusia maka proses produksi tidak dapat berjalan dengan baik, karena tidak ada yang menangani bahan baku dan mengatur proses produksi produk tersebut.


Baca juga : Bagaimana Perbedaan Antara Iklim Tropis Dan Iklim Subtropis? 


Oleh karena itu, dapat disimpulkan bahwa sumber daya manusia merupakan faktor penting dan harus ada dalam bisnis. Apalagi jika sumber daya manusia tersebut memiliki persaingan yang baik dalam menggunakan produk atau menggunakan peralatan produksi yang ada.Misalnya, kemungkinan menggunakan aplikasi akuntansi keuangan Mekari Jurnal dan aplikasi akuntansi penjualan yang dapat membuat proses bisnis Anda lebih jelas dan mudah.Meski ada yang berpendapat bahwa di zaman yang semakin maju ini, peran dan sumber daya manusia bisa saja tergantikan oleh robot. Tapi kalau bicara soal rasa dan jiwa, manusia pasti jauh lebih baik dari robot dan itu membuat produknya lebih berkualitas.

 

3. Modal

 

Jika Anda sudah memiliki sumber daya alam yang berfungsi sebagai bahan baku dan sumber daya manusia yang dibutuhkan untuk mengolah bahan tersebut, maka faktor kedua yang harus Anda miliki adalah modal.Sebenarnya bisa dikatakan modal ini dapat menjadi salah satu faktor yang memungkinkan dihasilkannya suatu produk yang berkualitas.Karena tentunya membutuhkan modal untuk membuat suatu produk. 

 

Baca Juga : Apa perbedaan antara barang dan jasa? 

 

Modal ini digunakan untuk membeli bahan mentah, peralatan yang dibutuhkan untuk memproduksi barang dan membayar tenaga kerja.Tentunya untuk mendapatkan produk yang berkualitas diperlukan modal yang cukup untuk membeli bahan baku yang berkualitas agar kualitas yang didapat pun baik. Oleh karena itu faktor modal ini merupakan salah satu faktor produksi yang tidak kalah pentingnya.Seiring bertambahnya modal, Anda memperoleh kualitas bahan baku yang lebih baik dan peralatan produksi yang Anda gunakan menjadi lebih maju.

 

Semoga ini bisa membantu!.