Apa perbedaan antara barang dan jasa?

barang dan jasa

Pengertian atau perbedaan barang dan jasa sangat penting untuk diketahui jika ingin mempelajari ilmu ekonomi dan keuangan. Barang dan jasa mempunyai hubungan yang paling dekat dengan kegiatan ekonomi. Setiap orang pasti membutuhkan keduanya untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari.

Untuk lebih memahami pengertian barang, pengertian jasa dan perbedaannya, kali ini kita akan membahasnya secara detail agar lebih memahaminya.

Apa arti benda-benda atau barang ini?

Komoditas didefinisikan sebagai produk atau sumber daya yang dimaksudkan untuk memenuhi suatu kebutuhan. Barang merupakan produk fisik yang mempunyai bentuk nyata sehingga dapat dilihat, diraba dan diraba. Karena benda tersebut berbentuk fisik, maka dapat dilihat dengan jelas oleh semua orang.

Barang dapat dalam bentuk apapun: barang, peralatan atau perlengkapan, bahan mentah atau produk jadi.Barang adalah produk yang dapat ditempatkan, disimpan, dan ditangani secara fisik, seperti penyimpanan, pemeliharaan, pembersihan, dan lain-lain. Barang mempunyai banyak bentuk, jenis, warna dan fungsi, sehingga setiap orang hendaknya memilih barang yang sesuai dengan kebutuhan atau keinginannya.

Apa yang dimaksud dengan jasa?

Jasa adalah produk ekonomi yang tidak mempunyai bentuk fisik. Berbeda dengan barang, jasa tidak dapat dimiliki, hanya dapat digunakan. Pelayanan adalah suatu kegiatan atau jasa yang ditawarkan oleh pemilik jasa kepada konsumen. Pada dasarnya jasa tidak mempunyai bentuk fisik, namun manfaatnya dapat muncul untuk memenuhi kebutuhan konsumen.

Ciri utama jasa adalah bersifat intangible, yaitu tidak dapat dilihat, diraba atau diraba. Namun manfaat layanan dapat dirasakan, dilihat atau didengar jika memenuhi kebutuhan Anda. Manfaat layanan hanya dapat dirasakan oleh masyarakat yang memerlukannya. Ciri lain dari jasa adalah tidak dapat disimpan seperti barang.

Perbedaan Barang dan Jasa

Berikut beberapa perbedaan barang dan jasa, yaitu:Barang adalah produk fisik yang dapat dibeli pelanggan dengan harga tetap. Di sisi lain, jasa merupakan peluang atau manfaat yang ditawarkan kepada konsumen.

Barang adalah produk yang mempunyai bentuk fisik (tampak dan berwujud). Pelayanan merupakan pelayanan atau fasilitas yang tidak mempunyai bentuk fisik.Pada saat membeli suatu barang, hak milik atas barang itu berpindah dari penjual kepada pembeli.

Baca Juga : 7 Makanan Yang Dapat Membuat Kulit Bersinar

Di sisi lain, Layanan tidak dapat dialihkan.Barang dapat dikembalikan atau ditukar, tetapi jasa tidak dapat dikembalikan atau ditukar setelah konsumen menikmatinya.Barang dapat disimpan dan digunakan di kemudian hari. Sementara itu, layanan tersebut bersifat sementara, sehingga tidak dapat disimpan dan dinikmati hanya dengan berlangganan.Barang tersebut dapat dikonsumsi setelah melalui proses produksi dan penjualan. 

Baca Juga : Cara Merawat Wajah Agar Awet Tetap Muda

Pada saat yang sama, jasa diproduksi dan dikonsumsi pada waktu yang sama.Inilah yang dimaksud dengan barang dan jasa. Dari penjelasan singkat di atas, Anda dapat memahami perbedaan antara barang dan jasa. Secara umum barang adalah produk yang mempunyai wujud fisik, sedangkan jasa tidak mempunyai wujud fisik. Keduanya dapat memenuhi kebutuhan masyarakat.