Apa yang dimaksud dengan permintaan dan penawaran dalam ekonomi?

permintaan dan penawaran

Apa yang dimaksud dengan penawaran dan permintaan? Permintaan dan penawaran merupakan ilmu dasar ilmu ekonomi. Apa yang dimaksud dengan penawaran dan permintaan? Sederhananya permintaan adalah banyaknya barang yang dibeli atau diminta dengan harga tertentu dan waktu tertentu. Sedangkan penawaran adalah sekumpulan barang yang dijual atau ditawarkan pada harga dan waktu tertentu. 

Dalam ilmu ekonomi, teori penawaran dan permintaan merupakan gambaran hubungan antara transaksi jual beli di suatu pasar antara calon pembeli dan penjual suatu barang. Setiap transaksi bisnis pasti ada permintaan, penawaran, harga dan kuantitas. Ketika permintaan dan penawaran bertemu, keduanya saling mempengaruhi sehingga membentuk satuan harga dan kuantitas (jumlah barang).Dengan kata lain pembeli berperan sebagai permintaan dan penjual berperan sebagai penawaran. Ketika terjadi transaksi antara pembeli dan penjual, keduanya melalui proses negosiasi hingga disepakati harga tertentu. 

Permintaan Seperti disebutkan sebelumnya, permintaan mengacu pada jumlah barang yang diminta di pasar tertentu pada tingkat harga tertentu, tingkat pendapatan, dan selama periode waktu tertentu. Dikutip dari sumber.belajar.kemdikbud.go.id, biasanya jenis soal dikelompokkan menjadi dua bagian. Pertama, permintaan didasarkan pada daya beli konsumen.

Kedua, jenis permintaan dilihat berdasarkan jumlah pemohon atau konsumen. Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Permintaan Permintaan itu sendiri disebabkan oleh beberapa faktor.

Beberapa faktor yang mempengaruhi permintaan adalah sebagai berikut:

  • Harga barang itu sendiri
  • Perubahan harga barang disekitarnya
  • Tingkat pendapatan dan daya beli masyarakat
  • Populasi
  • Selera konsumen
  • Ketersediaan barang substitusi
  • Tingkat permintaan terhadap barang tersebut (intensitas)
  • Fesyen (tren)

Penawaran Dalam istilah ekonomi, penawaran adalah jumlah penjual di pasar tertentu, jumlah barang yang ditawarkan pada waktu tertentu dan pada tingkat tertentu. Umumnya jenis penawaran dibedakan menjadi dua, yaitu penawaran individual dan penawaran pasar. Tawaran individual adalah tawaran yang dibuat oleh penjual yang menawarkan barang berbeda pada tingkat harga berbeda.

Baca Juga : 10 Cara Alami Merawat Kulit Wajah Agar Tetap Awet Muda

Sementara itu, penawaran pasar adalah penawaran total, yang diperoleh dari penjumlahan masing-masing penawaran suatu barang atau jasa pada tingkat harga yang berbeda. 

Faktor yang Mempengaruhi Penawaran 

Banyak faktor yang mempengaruhi permintaan dan penawaran. Faktor-faktor yang mempengaruhi penawaran adalah: 

  • Harga barang itu sendiri
  • Harga barang lain
  • Biaya faktor produksi
  • Tingkat teknologi
  • Keuntungan yang diharapkan
  • Adanya tingkat persaingan
  • Harapan di masa depan

Hukum permintaan dan penawaran

Jika semua asumsi diabaikan ( ceteris paribus ): Ketika harga turun , permintaan atau pembeli meningkat. Sebaliknya, jika harga turun, maka pasokannya pun berkurang. Hal ini dikarenakan setiap orang ingin mendapatkan kepuasan (keuntungan) yang maksimal dari harga yang ada. Jika harganya terlalu tinggi, pembeli mungkin akan membeli lebih sedikit karena dananya terbatas.Namun penjual dengan harga tinggi berusaha menambah jumlah barang yang mereka jual atau produksi agar keuntungan mereka semakin tinggi. Harga yang mahal juga dapat membuat konsumen/pembeli mencari produk lain untuk menggantikan barang mahal tersebut. 

Baca Juga : Apa perbedaan antara barang dan jasa? 

Hukum permintaan menyatakan bahwa jumlah suatu barang atau jasa yang diminta selalu berbanding terbalik dengan harganya. Artinya jika harga suatu produk naik maka permintaannya akan menurun dengan asumsi faktor selain harga tidak berubah (konstan).

Di sisi lain Pada saat yang sama berlaku hukum penawaran, bahwa hubungan antara harga suatu barang/jasa dengan jumlah yang ditawarkan adalah positif. Artinya ketika harga naik maka kuantitas yang ditawarkan juga meningkat. Di sisi lain, ketika harga turun, jumlah barang yang ditawarkan juga turun, ceteris paribus, yaitu faktor-faktor lain tetap konstan.

Baca Juga : Sebutkan tiga faktor produksi dalam ekonomi!  

Hukum permintaan adalah ketika harga suatu barang atau jasa turun, maka jumlah yang diminta meningkat. Sebaliknya jika harga barang yang diminta naik, maka permintaannya turun. Hukum penawaran adalah kebalikan dari permintaan, yaitu. ketika harga suatu komoditas naik maka mendorong peningkatan pasokan komoditas atau jasa tersebut.Ketika harga suatu barang atau jasa naik, produksi memasok lebih banyak barang, sebaliknya ketika harga turun, mereka tidak mau mengurangi pasokan. 

Demikianlah penjelasan mengenai pengertian supply dan demand. Dapat dikatakan bahwa model penawaran dan permintaan digunakan untuk menentukan harga dan jumlah yang dijual di pasar..