Cara Cek Kesehatan Baterai Laptop, Wajib Kamu Tahu Sebelum Ganti

Laptop

Mengetahui cara memeriksa kesehatan baterai laptop adalah suatu keharusan. Hal ini dikarenakan baterai merupakan salah satu bagian terpenting pada sebuah laptop.Kesehatan dan kinerja baterai umumnya menurun saat menggunakan laptop. Jika tidak dipilih dapat menimbulkan berbagai masalah seperti cepat terkuras atau penggunaan laptop hanya dengan kabel charger saja.

 

Lalu bagaimana cara mengecek kesehatan laptop? 

 

Berikut cara-caranya yang dirangkum dari berbagai sumber hingga Sabtu (9/9/2023), sepanjang pengetahuan saya.

 

Baca Juga : Cara Pesan Barang Di Tiktok Shop,Ngga Perlu Keluar Aplikasi! 

 

1.Periksa Kesehatan Baterai Macbook

 

Pengguna Macbook dapat memeriksa kesehatan baterai laptop sebagai berikut:Nyalakan Macbook Anda dan klik logo Apple.Lalu pilih menu "Tentang Mac ini".Selanjutnya, pilih "System Report" dan buka menu "Hardware".Klik menu "Power" untuk melihat status baterai Macbook Anda di bagian "Info Kesehatan".


Baca Juga : Pengertian Cadangan Devisa Dan Contohnya


2. Periksa dengan Command Prompt

 

Baca Juga : Pengertian Pencemaran Lingkungan Dan Dampaknya Dalam Kahidupan


Ada beberapa cara untuk memeriksa kesehatan baterai laptop Windows Anda. Salah satu pilihannya adalah command prompt dengan langkah-langkah berikut:Buka menu Command Prompt (CMD) di laptop Anda.Di jendela CMD, ketik "powercfg/batteryreport" dan tekan enter.Setelah itu, file berisi status baterai dalam format HTML akan dibuat untuk Anda.

 

Baca Juga : Cara Restart Ulang Laptop Lenovo,Acer,HP,Toshiba dan Asus 

 

Klik pada file dan berbagai laporan akan muncul.Perhatikan bagian "Baterai terpasang". Ada "Kapasitas Desain" dan "Kapasitas Beban Penuh". Jika kedua data memiliki angka yang sama, baterai masih dapat mempertahankan kapasitas 100%. Jika tidak, ini bisa jadi pertanda baterai tidak sehat..