Iklan

terkini

Pengertian Pencemaran Lingkungan Dan Dampaknya Dalam Kahidupan

, Februari 05, 2024 WIB
Pengertian Pencemaran Lingkungan

Apa itu pencemaran lingkungan? - Pencemaran lingkungan adalah perubahan signifikan kondisi lingkungan yang disebabkan oleh perkembangan ekonomi dan teknologi. Perubahan kondisi tersebut melebihi ambang batas toleransi ekosistem sehingga meningkatkan jumlah pencemaran lingkungan.

 

Pencemaran lingkungan disebabkan oleh pertumbuhan penduduk dan penggunaan sumber daya alam yang tidak terkendali, serta industrialisasi yang tidak dikelola dengan baik.Pencemaran lingkungan hidup sebenarnya juga dapat disebabkan oleh proses alam itu sendiri. 

 

Penjelasan lebih lengkap mengenai pencemaran lingkungan dapat dilihat dibawah ini :

 

Pencemaran lingkungan disebabkan oleh beberapa faktor. Namun, faktor terbesarnya adalah orangnya. Disadari atau tidak, kita telah berkontribusi dalam proses pencemaran lingkungan. Akibat pertumbuhan penduduk yang tidak terkendali, terdapat begitu banyak sumber pencemaran sehingga alam tidak dapat menetralisirnya.

 

Selain itu, banyak juga aktivitas sehari-hari yang tanpa disadari menimbulkan kerusakan lingkungan, antara lain:Penggunaan kantong plastik berlebihan,Membuang sampah dan limbah deterjen ke sungai,Penggunaan AC berlebihan,Pembuangan alat elektronik . limbah,Pembakaran hutan,Penggunaan kendaraan pribadi yang lebih menimbulkan polusi.Karena banyaknya pencemaran lingkungan, maka dampaknya berbeda-beda terhadap lingkungan yang ada dan hal ini dianalisis dalam buku Analisis Mengenai Dampak Lingkungan (Amdal).

 

Jenis dan Sebaran Pencemaran Lingkungan Hidup

 

Berikut beberapa jenis pencemaran lingkungan hidup dan dampaknya.

 

1.Pencemaran Udara

 

Pencemaran udara dapat berupa gas dan partikel. Contohnya adalah: gas HzS. Gas ini beracun, ditemukan di daerah vulkanik, dan juga dapat dihasilkan dari pembakaran minyak dan batu bara. gas CO dan COz. Karbon monoksida (CO) tidak berwarna dan tidak berbau, beracun, dan dihasilkan dari pembakaran tidak sempurna knalpot mobil dan knalpot mesin.

 

Dampak pencemaran udara sendiri antara lain hujan asam, perubahan cuaca ekstrim, penipisan ozon, peningkatan kerusakan mata dan kanker kulit. Oleh karena itu, sangat penting untuk mengatasi pencemaran udara dimana udara merupakan kebutuhan pokok manusia. Sebagai kontribusi penelitian untuk menemukan solusi yang tepat, Anda dapat mempelajari lebih dekat pada buku Limbah Kimia dalam Pencemaran Udara dan Air.

 

Baca Juga : Cara Pesan Barang Di Tiktok Shop,Ngga Perlu Keluar Aplikasi!

 

2. Pencemaran Air

 

Pencemaran air dapat disebabkan oleh beberapa bahan pencemar sebagai berikut: Pembuangan limbah industri, residu pestisida, dan limbah rumah tangga, misalnya limbah rumah tangga. residu deterjen, mencemari air. Limbah industri seperti Pb, Hg, Zn dan CO dapat terakumulasi dan bersifat racun. Ketika terjadi pencemaran di dalam air, maka bahan-bahan pencemar tersebut terakumulasi di dalam tubuh organisme perairan.

 

Baca Juga : Cara Cek Kesehatan Baterai Laptop, Wajib Kamu Tahu Sebelum Ganti

 

Pengaruh : Zat yang menyebarkan penyakit, Meningkatnya jumlah alga dan eceng gondok, Menurunnya kandungan oksigen dalam air dan mengganggu organisme perairan, Gangguan pernafasan karena bau yang menyengat


Baca Juga :Cara Restart Ulang Laptop Lenovo,Acer,HP,Toshiba dan Asus


3. Pencemaran Tanah

 

Pencemaran tanah Pencemaran tanah disebabkan oleh jenis pencemaran sebagai berikut: sampah plastik yang sulit dimusnahkan, botol, karet sintetis, pecahan kaca dan kaleng. Deterjen non-biodegradable (sulit terurai secara alami).

 

Baca Juga : Pengertian Cadangan Devisa Dan Contohnya


Dampak : Pertanian sebagai peningkatan salinitas tanah dan penurunan kesuburan tanah Bencana alam seperti tanah longsor dan erosi serta penyumbatan saluran air.

Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Pengertian Pencemaran Lingkungan Dan Dampaknya Dalam Kahidupan

Terkini

Iklan