Iklan

terkini

Cara Mengatasi Mual Saat Hamil Yang Moms Wajib Tahu

, Januari 27, 2024 WIB

Mual Saat Hamil

Mual dan muntah atau mual di pagi hari merupakan keluhan ibu hamil yang paling umum. Kondisi ini tidak hanya terjadi sesekali atau di pagi hari, namun bisa berlanjut sepanjang hari, sehingga dapat mengganggu aktivitas ibu hamil. Untuk membantu Anda merasa nyaman, ada beberapa cara mengatasi mual saat hamil yang bisa dilakukan di rumah. 

 

Yuk simak di bawah ini penjelasan lengkap mengenai cara menghilangkan rasa mual saat hamil.Cara mengatasi mual saat hamilMual, muntah, dan pusing saat hamil sebenarnya tidak perlu dikhawatirkan. 

 

Pasalnya, kondisi ini cukup sering terjadi pada ibu hamil baik di awal kehamilan maupun saat hamil. Mual dan pusing saat hamil disebabkan oleh peningkatan kadar hormon HCG.Perlu diketahui bahwa hormon HCG berada pada puncaknya pada pagi hari, sehingga ibu hamil sering merasakan keluhan mual yang semakin parah setelah bangun tidur atau pada pagi hari. 

 

Umumnya kadar HCG menurun saat usia kehamilan 12-14 minggu.Meski tidak mengkhawatirkan, kondisi ini menimbulkan rasa tidak nyaman pada ibu dan dapat menghambat aktivitas. Maka ada baiknya ibu mengetahui cara mengatasi mual saat hamil, mulai dari penyesuaian gaya hidup hingga cara alami. 

 

Berikut penjelasannya masing-masing.


1. Hindari makanan yang menyebabkan mual


Mual dapat diatasi pada awal kehamilan dengan menghindari makanan yang dapat menyebabkan ibu muntah, seperti makanan pedas, asam atau berlemak. Jenis makanan ini bisa mengiritasi lambung dan memperburuk gejala mual.Ibu hamil juga disarankan menghindari makanan dengan bau yang menyengat, seperti durian atau jengkol. Hal ini disebabkan sensitivitas pada indra penciuman saat hamil akan bertambah, sehingga oleh karena itu ibu mudah merasa mual dengan bau yang menyengat.

 

2. Waktu Istirahat Yang Cukup 

 

Gejala mual saat hamil juga bisa disebabkan karena kelelahan. Pasalnya, perubahan yang terjadi selama apada saat kehamilan dapat membuat ibu lebih cepat lelah sehingga memicu atau memperburuk keluhan mual. Cara mengatasi mual saat hamil, Anda bisa dengan istirahat yang cukup. Jika merasa lelah, sebaiknya Bumil tidak memaksakan diri melakukan aktivitas apa pun. Selain itu, pastikan Anda mendapatkan tidur berkualitas sekitar 7-9 jam setiap harinya.

 

3. Hindari berbaring setelah makan

 

Untuk menghindari rasa mual, sebaiknya ibu hamil tidak berbaring atau tidur setelah makan. Kebiasaan ini dapat meningkatkan asam lambung dan menyebabkan mual, muntah, nyeri ulu hati, dan sesak napas. Jika ingin berbaring, sebaiknya diamkan selama 1,5-2 jam setelah makan.

 

4. Sesuaikan pola makan

 

Cara mengatasi mual saat hamil selanjutnya adalah dengan mengatur pola makan. Jika dulu Anda makan dalam porsi besar, kini cobalah makan dengan porsi lebih kecil namun lebih sering. Pastikan Anda mengonsumsi makanan yang bergizi agar tercukupi nutrisinya dan terhindar dari bayi berat lahir rendah (BBLR).Usahakan memilih makanan yang kaya protein, rendah lemak dan mudah dicerna. Penuhi juga kebutuhan vitamin dan mineral dengan mengonsumsi buah dan sayur. Pilihan buah yang baik untuk ibu hamil antara lain pisang, alpukat, dan anggur.

 

5. Melakukan Relaksasi

 

Melakukan relaksasi merupakan salah satu cara mengurangi mual saat hamil yang bisa dilakukan dengan mudah di rumah. Cobalah mempraktekkan beberapa teknik relaksasi, seperti yoga atau menarik napas dalam-dalam dan mengembuskannya perlahan secara berulang.Selain itu, tidak ada salahnya untuk berolahraga ringan sekaligus menghirup udara segar di pagi hari, seperti melakukan senam hamil atau berjalan-jalan di sekitar rumah. Ibu hamil juga bisa mendengarkan musik atau melakukan pijat hamil agar menenangkan pikiran dan meredakan gejala mual.

 

6. Cukupi Kebutuhan Cairan

 

Cara mengatasi mual saat hamil selanjutnya adalah dengan mencukupi kebutuhan cairan tubuh dengan minum air putih minimal dua liter sehari. Untuk mengatasi rasa mual, ibu juga bisa meminum teh hangat atau jahe.Selain mengatasi mual, asupan cairan yang cukup dapat membantu mencegah dehidrasi jika ibu muntah.

 

7. Pengaturan sirkulasi udara di rumah

 

Kemacetan dan udara panas dapat menyebabkan mual saat hamil. Untuk mengatasinya, ibu hamil disarankan untuk mengatur dengan baik sirkulasi udara di rumah dan di tempat kerja. Usahakan udara di dalam ruangan tetap sejuk agar ibu bisa merasa nyaman. Anda bisa menggunakan AC atau membuka jendela untuk menghirup udara segar.

 

8. Makan camilan sehat

 

Camilan sehat seperti salad buah juga bisa menjadi pilihan makanan untuk mengurangi rasa mual saat hamil. Sebab, perut kosong bisa menyebabkan rasa mual muncul kembali. Sebagai camilan di sela-sela waktu makan, perut tetap kenyang tanpa menimbulkan rasa kenyang berlebihan.

 

9. Penggunaan bahan alami

 

Mual di awal kehamilan dapat diatasi secara alami dengan menggunakan bahan alami seperti jahe, minyak lemon atau minyak lavender.

 

Jahe

 

Jahe merupakan tanaman obat yang cukup terkenal dengan khasiat antimualnya. Jahe bisa diolah menjadi minuman panas, misalnya ginger ale. Namun, ibu hamil sebaiknya berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter untuk menentukan dosis yang tepat. Sebab meski merupakan bahan alami, namun tidak menutup kemungkinan jahe dapat menimbulkan efek samping pada sebagian orang.

 

Baca Juga : 

 

Minyak Lemon 


Penelitian bertajuk "Efek Aromaterapi Menghirup Lemon pada Mual dan Muntah pada Kehamilan" menyimpulkan bahwa menghirup minyak lemon dapat digunakan untuk meredakan mual selama kehamilan.

 

Minyak lavender

 

Baca Juga : Daftar Aplikasi Penghasil Uang 50rb - 100rb perhari

 

Anda juga bisa mengatasi mual saat hamil secara alami dengan minyak lavender. Minyak esensial jenis ini dapat menimbulkan perasaan rileks sehingga gejala mual perlahan hilang. Untuk menggunakannya, tuangkan 2-3 tetes minyak lavender ke dalam diffuser atau wadah berisi air, lalu hirup uapnya.

 

Demikian informasi beberapa cara mengatasi mual saat hamil yang bisa dilakukan di rumah..

Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Cara Mengatasi Mual Saat Hamil Yang Moms Wajib Tahu

Terkini

Iklan