Iklan

terkini

Cara Mengatasi Kulit Muka Kering Dan Gatal

, Januari 23, 2024 WIB
Kulit Muka Kering


Kulit kering dan gatal bukanlah sesuatu yang bisa dianggap enteng. Itu sebabnya para ibu perlu mengetahui cara mengatasi kulit kering dan gatal.Tidak hanya mempengaruhi penampilan karena kulit tampak kusam dan pecah-pecah, kulit kering dan gatal juga dapat menimbulkan rasa tidak nyaman.Saat ini, para ibu bisa memilih beberapa pilihan untuk mengatasi kulit kering dan gatal. Mulai dari pelembap, sabun mandi, hingga tabir surya.Selain produk perawatan kulit kering yang banyak dijual di pasaran, para ibu juga bisa memilih berbagai cara alami untuk mengatasi kulit kering.


Perawatan kulit kering dan gatal Kulit kering dan gatal seringkali membuat para ibu merasa kesal.Namun ada beberapa cara mengatasi kulit kering dan gatal, antara lain:


1. Hindari mandi air panas


Perawatan kulit kering dan gatal bisa dimulai dengan menghindari mandi air panas.Mandi air panas dapat menghilangkan protein dan cairan alami kulit, menyebabkan kulit menjadi kering, gatal, dan akhirnya membakar kulit, terutama pada orang dengan kulit sensitif.

Menurut Baylor College of Medicine, mandi air panas di iklim dingin tidak hanya mengeringkan kulit, tapi juga dapat merusak permukaan kulit.Kulit yang sangat kering dan gatal dapat berkembang menjadi kondisi yang lebih serius seperti dermatitis dan bahkan eksim.


2. Pilih sabun mandi dengan hati-hati


Pilihan selanjutnya untuk mengatasi kulit kering dan gatal adalah memilih sabun mandi dengan lebih hati-hati.Hal ini dikarenakan sabun mandi dengan deodoran dan pewangi biasanya mengandung bahan yang dapat menghilangkan kelembapan kulit sehingga menyebabkan kulit kering dan gatal.Ibu harus hati-hati dalam memilih produk sabun mandi.Pilihlah sabun mandi yang berbahan dasar ringan, tanpa pewangi, atau berlabel "hipoalergenik" atau untuk kulit sensitif.Batasi juga waktu mandi Anda menjadi 10-15 menit setiap kali mandi.


3. Gunakan pelembab secara rutin


Penggunaan pelembab secara teratur setiap hari merupakan salah satu cara mengatasi kulit kering dan gatal yang tidak boleh dilewatkan.Pelembab dapat berfungsi sebagai pelindung lapisan atas kulit, mencegah air keluar dari tubuh.Secara umum produk ini mengandung tiga jenis bahan utama, yaitu sebagai berikut.


Pelembab


Fungsi utama bahan ini adalah mengunci kelembapan kulit.Bahan pelembab misalnya gliserin, sorbitol, asam hialuronat dan lesitin.


Emollient


Bahan ini menghaluskan kulit dengan mengisi ruang antar sel kulit.Emolien misalnya asam linoleat dan asam laurat.


Bahan lainnya


Mempertahankan kelembapan alami kulit seperti petroleum jelly, silikon, dan lanolin.Secara umum, semakin kental dan berminyak suatu pelembap, semakin efektif.Di antara pelembap yang paling efektif, petroleum jelly adalah salah satu yang terbaik.Vaseline biasanya sangat berminyak dan tidak meresap ke dalam kulit.Ibu dapat menghindari hal ini dengan menggunakannya pada malam hari.Oleskan secara rutin beberapa kali sehari, terutama setelah mandi saat kulit masih basah.


4. Gunakan produk pelindung sinar matahari.


Paparan sinar matahari dapat memperparah kekeringan kulit.Oleh karena itu, salah satu cara mengatasi kulit kering adalah dengan menggunakan tabir surya saat beraktivitas di luar ruangan.Dengan melindungi kulit dari sinar matahari, tabir surya dapat mencegah kulit kehilangan kelembapan lebih lanjut yang dapat membuatnya lebih kering.


5. Minum air putih yang cukup


Saat menggunakan produk perawatan tubuh, kulit kering dan gatal juga bisa diatasi dengan minum air putih secukupnya, karena dapat membantu menjaga kelembapan kulit dari dalam.Menghidrasi tubuh dengan memperbanyak asupan air putih dapat membantu mengatasi kulit kering dan gatal.Hal ini karena kulit membutuhkan kelembapan agar dapat berfungsi dengan baik.Kulit yang dilembabkan dengan baik juga dapat mengurangi garis dan kerutan.


6. Mengoleskan Minyak Kelapa


Cara mengatasi kulit kering dan gatal selanjutnya adalah dengan mengoleskan minyak kelapa.Sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Journal of Traditional and Complementary Medicine menunjukkan bahwa minyak kelapa efektif mengatasi kulit kering.Hal ini karena minyak kelapa mengandung asam lemak esensial yang bertanggung jawab mengunci kelembapan alami kulit.Ibu bisa mengoleskan minyak kelapa sebelum tidur atau setelah mandi.


7. Mengonsumsi makanan kaya Omega-3


Mengonsumsi makanan kaya Omega-3 dapat mengatasi kulit kering dan gatal.Sebuah penelitian yang diterbitkan dalam British Journal of Nutrition menunjukkan bahwa makanan yang mengandung omega-3, seperti minyak biji rami, dapat meningkatkan kelembapan kulit.Asam lemak omega-3 merupakan nutrisi penting yang ditemukan dalam banyak makanan.Perannya mengatur produksi minyak kulit, meningkatkan kelembapan, mengatasi jerawat dan meminimalkan tanda-tanda penuaan.Omega-3 juga dapat membantu menenangkan kulit kering dan gatal serta meredakan iritasi dan dermatitis.


Baca Juga : Penyebab Kulit Muka Kering Dan Gatal Yang Wajib Kamu Tahu

 

8. Gunakan handuk lembut untuk mengeringkan kulit


Setelah selesai mencuci muka atau mandi, jangan menggosok kulit dengan kasar saat mengeringkan.Sebaiknya ditepuk dengan lembut menggunakan kain untuk menjaga kelembapan kulit.


9. Hindari pemicunya


Mengenali dan menghindari pemicu yang menyebabkan kulit kering dan gatal adalah hal yang penting.Hal ini dapat mencakup sabun yang keras, alkohol, atau produk yang mengandung bahan kimia tertentu.Air kolam yang mengandung klorin, paparan sinar matahari yang berlebihan, atau cuaca yang terlalu kering juga dapat menyebabkan kulit tubuh menjadi kering dan gatal.Jika kulit Anda sangat kering, hindari berenang di kolam renang atau berada di luar ruangan di bawah sinar matahari berlebihan, karena dapat membuat kulit Anda kering dan gatal.


Baca Selengkapnya : Cara Menghilangkan Stres Pikiran Kamu Wajib Tahu


10. Hindari produk yang mengandung alkohol


Banyak produk kecantikan atau perawatan kulit yang mengandung alkohol dapat mengeringkan kulit.Pastikan untuk memeriksa label produk sebelum membeli.


Baca Juga : Apa Penyebab Perut Kram Dan Pinggang Sakit ?


11. Hindari menggaruk


Walaupun sulit, namun hindari menggaruk karena dapat menyebabkan luka dan infeksi.Menggabungkan perawatan internal dan eksternal adalah kunci keberhasilan dalam merawat kulit kering dan gatal.Meningkatkan asupan air dan menjaga tubuh tetap terhidrasi memainkan peran penting dari dalam, sedangkan memilih produk perawatan kulit yang tepat seperti pelembab dan tabir surya memberikan perlindungan dan nutrisi dari luar.Jika kondisinya memburuk, sebaiknya konsultasikan ke dokter untuk penanganan lebih lanjut..

Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Cara Mengatasi Kulit Muka Kering Dan Gatal

Terkini

Iklan