Iklan

terkini

Penyebab Kulit Muka Kering Dan Gatal Yang Wajib Kamu Tahu

, Januari 23, 2024 WIB
Muka Kering Dan Gatal

Kulit kering dan gatal bukanlah sesuatu yang bisa dianggap remeh. Itu sebabnya para ibu perlu mengetahui cara mengatasi kulit kering dan gatal.Tidak hanya mempengaruhi penampilan karena kulit terlihat kusam dan pecah-pecah, kulit kering dan gatal juga bisa menimbulkan rasa tidak nyaman.


Saat ini, para ibu bisa memilih beberapa pilihan untuk mengatasi kulit kering dan gatal. Mulai dari pelembap, sabun mandi, hingga tabir surya.Selain produk perawatan kulit kering yang banyak dijual di pasaran, para ibu juga bisa memilih berbagai cara alami untuk mengatasi kulit kering.Yuk simak penjelasan lebih mendalam mengenai cara mengatasi kulit kering dan gatal.


Gejala kulit kering dan gatal


Sebelum seorang ibu mengetahui cara mengatasi kulit kering dan gatal, ia perlu mengetahui gejalanya terlebih dahulu.Menurut Journal of Clinical Medicine Research, kulit kering dan gatal adalah suatu kondisi dimana lapisan atas kulit (epidermis) tidak mendapat kelembapan yang cukup.Dalam beberapa kasus, situasi ini dapat menyebabkan sebagian kulit terluar terkelupas.


Selain itu, kulit kering dan gatal sangat sensitif terhadap serangan mikroorganisme penyebab gatal.Siapapun bisa terkena kondisi kulit ini, namun orang lanjut usia biasanya lebih rentan.Hal ini disebabkan penurunan produksi sebum pada lansia. Sebum merupakan minyak alami yang berfungsi sebagai pelumas kulit.Kulit yang mengalami xerosis biasanya lebih sensitif dan rentan terhadap kerusakan.


Dalam beberapa kasus, gejala kulit kering dan gatal berikut dapat terjadi:Kulit terasa kencang dan kencang, terutama setelah mandi.kulit bersisik, bersisik atau pecah-pecah.Kulit pecah-pecah terkadang bisa berdarah.Kulit terasa kasar dan tampak tidak rata.Kulit lebih sering gatal (pruritus).Menggaruk kulit menimbulkan guratan-guratan putih.Terdapat perbedaan warna kulit, misalnya kemerahan atau abu-abu.


Penyebab kulit kering dan gatal


Kulit kering dan gatal bisa terjadi di bagian tubuh mana saja.Namun umumnya terasa pada kulit wajah dan kulit tangan, lengan, dan kaki.Jika kulit kering dan gatal, bisa timbul ruam, tapi kulit bisa sangat gatal dan tidak ada yang terlihat di kulit.Untuk mengatasi kulit kering dan gatal dengan baik, penting untuk mengetahui penyebabnya terlebih dahulu.


1. Cuaca


Kulit biasanya paling kering pada cuaca dingin atau kering.Saat ini suhu dan kelembapan udara sedang menurun.Selain itu, iklim panas di musim kemarau juga bisa membuat kulit gatal dan kering akibat dehidrasi.


Baca Juga : 


2. Dehidrasi


Jika kebutuhan air pada kulit tidak terpenuhi dengan baik, sel-sel kulit akan mengering.Padahal, salah satu kunci kelembapan kulit adalah hidrasi yang baik.Menurut penelitian Clinical, Cosmetic and Research Dermatology, bila kandungan air tetap terjaga, kulit menjadi lebih lembap, elastis, dan awet muda.Sebaliknya, jika dehidrasi, kulit akan terasa gatal, kering, tampak kusam, mudah meradang, dan tampak menua.Salah satu penyebab kulit kering dan dehidrasi adalah pola hidup yang tidak sehat.


3. Alergi


Dalam dunia kedokteran, alergi kulit disebut dermatitis kontak alergi. Alergi dapat disebabkan oleh banyak hal.Alergi kulit ini bisa terjadi karena kulit bersentuhan dengan alergen atau zat asing yang dianggap berbahaya oleh sistem kekebalan tubuh.Akibat kesalahan tersebut, sistem imun mengirimkan sinyal ke tubuh berupa rasa gatal yang menyebabkan kulit menjadi kering.Penyebab alergi kulit yang paling umum adalah kosmetik yang tidak cocok untuk kulit, produk pembersih seperti deterjen dan sabun cuci, atau bahkan tumbuhan.


4. Penggunaan obat-obatan tertentu


Jika ibu menggunakan obat jerawat pada area kulit wajah dan tubuh yang kering, maka terdapat risiko kulit kering dan gatal-gatal.Beberapa krim obat jerawat yang dapat menyebabkan efek samping ini antara lain benzoil peroksida, asam salisilat, retinol, dan alfa-hidroksialfa (AHA).Selain itu, penggunaan statin dan diuretik dapat menyebabkan kulit menjadi sangat kering dan gatal.

 

Baca Juga : 


5. Beberapa penyakit


Kulit kering dan gatal dapat disebabkan oleh beberapa penyakit ibu.Penyakit kulit yang menyebabkan kulit kering, bersisik dan pecah-pecah adalah eksim dan psoriasis.Selain itu, penyakit yang mendasari seperti hipotiroidisme, diabetes, atau penyakit ginjal dapat menyebabkan kulit kering dan gatal.

Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Penyebab Kulit Muka Kering Dan Gatal Yang Wajib Kamu Tahu

Terkini

Iklan