Iklan

terkini

Cara Menghilangkan Stres Pikiran Kamu Wajib Tahu

, Januari 24, 2024 WIB
Stres Pikiran

Stres merupakan suatu kondisi yang tidak boleh diabaikan karena dapat menimbulkan gangguan kesehatan, baik fisik maupun mental. Tak perlu mengeluarkan banyak uang, Anda bisa menghilangkan stres dengan aktivitas sederhana. 


Apakah ada sesuatu?


Bagaimana cara mengurangi stres?


Setiap orang mempunyai cara tersendiri untuk melepaskan stres. Beberapa orang dapat mengatasi stres dengan mengonsumsi makanan sehat, berolahraga, atau menghabiskan banyak uang untuk berbelanja atau berlibur.


Nah, kamu bisa mengelola stres dengan cara yang sederhana. Berikut beberapa opsi yang dapat Anda pilih.


1. Senyum


Sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Sage Journals menemukan bahwa senyuman Duchenne, atau senyuman lebar yang melibatkan otot di sekitar mata, dapat meningkatkan mood.Meski palsu, senyuman ini bahkan bisa membantu mengurangi stres ketika situasi di sekitarmu membuatmu kewalahan.Saat Anda tersenyum, terjadi perubahan aktivitas otak terkait suasana hati. Senyuman juga meningkatkan mood orang-orang di sekitar Anda, meskipun itu hanya senyuman palsu.


2. Bermain dengan hewan peliharaan


Salah satu alasan anjing atau kucing digunakan sebagai hewan terapi adalah karena mereka dapat memenuhi kebutuhan dasar manusia akan kasih sayang.Membelai, memeluk, atau bermain dengan binatang meningkatkan kadar serotonin dan dopamin di otak. Kedua zat ini bermanfaat untuk menenangkan pikiran dan otot hingga membuat Anda lebih rileks.Selain itu, ternyata memiliki hewan peliharaan bermanfaat untuk menghilangkan rasa kesepian. Hasilnya, mood Anda membaik, risiko depresi dan tekanan darah menurun.


3. Berenang atau mandi air hangat


Mengambang di air memicu respons relaksasi tubuh sehingga membantu menurunkan kadar hormon stres. Bisa juga berendam di air hangat dengan alunan musik yang lembut.Anda juga bisa merendam kaki Anda di air hangat yang dicampur minyak aromaterapi. Aroma tertentu, seperti lavender, secara konsisten terbukti mengurangi tingkat stres.


4. Menari bernyanyi


Santai secara mental dan fisik di hari yang berat, menari dapat meningkatkan mood Anda. Coba mainkan lagu favorit Anda dan lakukan beberapa gerakan tarian.Menggerakan tubuh mengikuti irama sambil bernyanyi merupakan cara mudah mengatasi stres. Hati menjadi lebih bahagia dan masalah hilang.


5. Menulis di atas kertas


Menulis di atas kertas adalah cara sederhana dan mudah untuk mengurangi stres. Cara ini pernah nge-trend seiring dengan istilah doodle.Berteriak bisa menjadi cara yang efektif untuk menenangkan pikiran saat sedang gugup dan stres. Caranya bisa dengan menyiapkan pulpen dan kertas.Kegiatan ini tidak hanya menghilangkan stres dan ketegangan, tetapi juga meningkatkan konsentrasi. Menggambar juga mengasah kreativitas Anda.


6. Minum jus jeruk


Minuman kaya vitamin C seperti jus jeruk ternyata bisa mengurangi stres pada tubuh. Jus jeruk meredakan stres dengan menurunkan kadar hormon pemicu atau kortisol.Sebuah studi oleh Pakistan Journal of Biological Sciences (2015) juga menyatakan bahwa suplemen vitamin C dapat efektif sebagai terapi tambahan bagi mereka yang menderita gangguan kecemasan.Hal ini karena asupan vitamin C diketahui mampu menurunkan tingkat kecemasan.


7. Permen Karet


Selain menyegarkan nafas dan menekan keinginan ngemil, mengunyah permen karet juga dapat mengurangi gejala gangguan kesehatan mental seperti kecemasan dan depresi.Ph.D. Dalam studi yang dilakukan Andrew Scholey, orang yang rutin mengunyah permen karet menunjukkan peningkatan berikut: 


  • penurunan tingkat kecemasan
  • peningkatan tingkat kewaspadaan
  • penurunan stres, dan 
  • peningkatan multitasking.


8. Berhubungan Seks dengan Pasangan


Jika kehidupan seks Anda buruk, hubungan Anda dengan pasangan bisa memicu stres. Di sisi lain, seks yang berkualitas bisa menjadi bumbu yang mempererat hubungan Anda.Seks sehat adalah salah satu cara mengurangi stres dengan pasangan. Pasalnya, seks memicu pelepasan hormon endorfin yang menimbulkan perasaan bahagia.Efek bahagia ini mirip dengan perasaan bahagia setelah berolahraga atau ketenangan setelah meditasi.

9. Pijat Refleksi


Stres membuat otot tubuh pegal atau pegal. Cara lain untuk menghilangkan stres adalah dengan pijat refleksi, seperti pijat ala Thai.Pijat menenangkan otot yang tegang. Ketika Anda menggunakan aromaterapi, tidak hanya rasa sakit di tubuh Anda yang akan sembuh, namun pikiran Anda juga akan lebih tenang.


10. Nafas dalam


Nafas dalam menurunkan kortisol. Hasilnya, teknik ini dapat membantu mengurangi stres dan kecemasan yang Anda rasakan.Untuk memulai, ikuti langkah-langkah berikut.Carilah tempat yang tenang dan nyaman lalu duduklah dengan tenang.Pejamkan matamu dan bernapaslah melalui hidung.Tarik napas dalam-dalam selama dua hitungan. Tahan napas selama satu hitungan, lalu hembuskan perlahan selama empat hitungan.Jika menghitung 2-4 terasa terlalu cepat, beralihlah ke menghitung 4 tarikan napas dan 6 tarikan napas. Anda juga bisa mengambil 6 napas dalam dan 8 napas.


Baca Juga Ini :


Jika bernapas dalam-dalam benar-benar menambah kecemasan, jangan dipaksakan. Yang paling penting adalah memperpanjang inhalasi dan pernafasan.Atur pengatur waktu dan bernapaslah seperti ini setidaknya selama lima menit. Lihat apakah Anda dapat melihat perbedaan suasana hati Anda setelahnya.


11. Berkebun


Berkebun memerlukan konsentrasi. Oleh karena itu, aktivitas ini mengalihkan pikiran Anda dari stres yang ada di hadapan Anda.Dalam berkebun, Anda mengamati proses pertumbuhan tanaman yang Anda rawat, mulai dari tunas kecil, tumbuh, berbunga hingga berbuah.Semua itu mampu menimbulkan rasa puas di hati anda. Melihat keindahan warna-warni bunga dan tanaman juga menyegarkan mata dan mencerahkan pikiran..

Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Cara Menghilangkan Stres Pikiran Kamu Wajib Tahu

Terkini

Iklan