Iklan

terkini

Apa Penyebab Perut Kram Dan Pinggang Sakit ?

, Januari 24, 2024 WIB
Perut Kram


Kram perut dan nyeri pinggang bisa disebabkan oleh banyak hal, termasuk aktivitas olahraga yang tidak tepat. Olahraga sebaiknya dilakukan setelah pemanasan yang cukup untuk menghindari ketegangan otot akibat kontraksi berlebihan yang tiba-tiba. 


Selain itu, latihan ini juga sebaiknya dilakukan secara bertahap, bukan dengan intensitas yang meningkat secara tiba-tiba.Jika Anda belum pernah duduk dalam waktu lama, sebaiknya jangan langsung melakukan duduk dengan intensitas tinggi, apalagi tanpa pemanasan. 


Sebaiknya, lakukan pemanasan yang benar, lalu duduk, dimulai dengan frekuensi ringan, katakanlah 30x sehari, lalu besok tingkatkan menjadi 40x sehari, lalu 50x sehari, dan seterusnya.Kebiasaan kurang minum air putih juga bisa menyebabkan sakit punggung. Hal ini berkaitan dengan dehidrasi yang dapat menyebabkan kram otot. 


Selain itu, kurang minum meningkatkan risiko seseorang terkena infeksi saluran kemih atau batu. Kedua kondisi ini juga bisa menyebabkan nyeri punggung bawah.Kehamilan dapat menyebabkan kram perut dan sakit punggung. 


Baca Juga Ini : Cara Menghilangkan Stres Pikiran Kamu Wajib Tahu


Masalah ini terutama terjadi pada tahap awal kehamilan akibat perubahan hormonal dalam tubuh.Namun di antara ketiga penyakit di atas, mana yang menyebabkan keluhan tersebut baru dapat diketahui setelah dilakukan pemeriksaan kesehatan. Dokter biasanya dapat menegakkan diagnosis dan menentukan pengobatan yang tepat melalui pemeriksaan fisik langsung atau melalui pemeriksaan laboratorium, urinalisis, rontgen, dan USG. 


Tujuan pemeriksaan ini juga untuk menyingkirkan kemungkinan diagnosis medis lain seperti sindrom pramenstruasi, kista ovarium, endometriosis, nyeri otot, sembelit, saraf terjepit, infeksi virus atau bakteri, gangguan psikosomatis, dan sebagainya.


Ikuti dulu tips berikut ini:


Lakukan pemanasan yang benar sebelum berolahraga dan hindari olahraga intens yang tiba-tibaPerbanyak minum 8-12 gelas sehariMakan makanan bergizi seimbang yang banyak mengandung vitamin BJangan terlalu banyak duduk banyak , Olah raga teraturTidur nyaman di atas matras, tidak terlalu keras dan tidak terlalu empuk,Hindari stres atau rasa cemas yang berlebihan,Jangan menahan keinginan.


Jika dirasa masih sakit segera hubungi Dokter terdekat di daerah anda. 

Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Apa Penyebab Perut Kram Dan Pinggang Sakit ?

Terkini

Iklan