5 Cara Alami Menghilangkan Bekas Jerawat Yang Efektif

Jerawat

Hello sobat Betuah.id - Bekas jerawat seringkali mengganggu penampilan. Namun, ada berbagai bahan alami yang dapat digunakan untuk menghilangkan bekas jerawat, termasuk lemon, lidah buaya, dan kentang. Bagaimana cara menghilangkan bekas jerawat secara alami? Ini tentu menjadi perhatian bagi semua orang yang mengalami masalah jerawat, karena bekas jerawat dapat membuat kulit terlihat kurang sempurna. 

 

Menghilangkan bekas jerawat bisa menjadi tantangan tersendiri, tetapi kini ada beberapa cara alami yang dapat digunakan tanpa menimbulkan efek samping pada kesehatan kulit. Berikut ini adalah beberapa cara menghilangkan bekas jerawat yang cocok untuk semua jenis kulit.

1. Cara pertama adalah dengan menggunakan lidah buaya. 

 

Lidah buaya mengandung bahan anti-peradangan dan antibakteri alami, sehingga dapat membantu menyembuhkan jerawat dan menghilangkan bekasnya. Untuk hasil terbaik, Anda cukup mengoleskan lendir lidah buaya pada bekas jerawat, pijat dengan lembut, dan biarkan selama 30 menit sebelum dibilas bersih. Anda juga dapat mencampur satu sendok makan gel lidah buaya dengan dua tetes minyak esensial tea tree, lalu gunakan campuran ini pada bekas jerawat. Bilas setelah 15 menit.

2. Cara kedua adalah dengan menggunakan ekstrak biji anggur. 

 

Penelitian menunjukkan bahwa ekstrak biji anggur yang dikonsumsi selama 6 bulan dapat membantu mengatasi kondisi kulit melasma yang mirip dengan hiperpigmentasi pasca-inflamasi. Untuk menghilangkan bekas jerawat secara alami dalam waktu 3 hari, campurkan beberapa tetes ekstrak biji anggur dengan bahan alami lainnya seperti madu atau yogurt. Oleskan semua campuran ini pada flek bekas jerawat dan biarkan kurang lebih selama 15-20 menit sebelum akan dibilas dengan air hangat.

3. Cara ketiga adalah dengan menggunakan lemon.


Lemon memiliki zat aktif yang dapat mengangkat sel kulit mati dan merangsang pertumbuhan sel kulit baru. Di sisi lain, lemon juga bisa meningkatkan elastisitas kulit. Untuk menghilangkan bekas jerawat secara alami dengan lemon, cukup oleskan perasan lemon pada bekas jerawat, diamkan selama 10 menit, dan bilas dengan air bersih. Anda juga dapat mencampur perasan lemon dengan madu dalam perbandingan satu banding satu, lalu oleskan campuran ini pada bekas jerawat, tunggu 10 menit, dan bilas sampai bersih.

4. Gunakan bubuk kunyit juga efektif sebagai penghilang bekas jerawat. 

 

Bubuk kunyit dapat memudarkan warna bekas jerawat dengan meregenerasi sel kulit dan mengurangi jaringan parut pada kulit. Anda dapat menggunakan bubuk kunyit sebagai masker dengan mengoleskannya pada bekas jerawat, biarkan selama beberapa waktu, dan bilas dengan air hangat.

Baca Juga : Cara Alami Obati Asam Lambung Naik Yang Wajib Kamu Tahu


5. Teh hijau mengandung polifenol yang memiliki sifat antimikroba dan antioksidan. 

 

Menggunakan masker teh hijau secara rutin juga dapat membantu memudarkan bekas jerawat. Minyak kelapa kaya akan vitamin E dan asam lemak alami yang baik untuk menghilangkan bekas jerawat. Anda bisa mengoleskan minyak kelapa pada bekas jerawat dan biarkan selama beberapa waktu sebelum dibilas dengan air bersih.

6. Potongan kentang juga dapat digunakan untuk menghilangkan bekas jerawat. 


Tepung pati dalam kentang dapat membantu menghilangkan noda dan bekas luka, termasuk bekas jerawat. Cukup potong kentang tipis-tipis, gosokkan irisan tersebut pada bekas jerawat, dan biarkan selama satu menit sebelum dibilas dengan air bersih. Gunakan beberapa kali seminggu untuk hasil yang efektif.

Semoga informasi ini bermanfaat dalam menghilangkan bekas jerawat secara alami.