11 Cara Mengobati Rambut Rontok Secara Alami

 
Rambut Rontok

Hallo sobat Betuah.id - Rambut rontok  adalah merupakan masalah umum yang seringkali dialami oleh semua banyak orang. Jika tidak ditangani dengan serius, kerontokan rambut dapat mengakibatkan kebotakan, terutama jika lebih dari 100 helai rambut rontok setiap hari. Oleh karena itu, penting untuk mengetahui cara mengatasi rambut rontok secara alami. Selain menggunakan produk perawatan khusus, ada beberapa metode alami yang dapat digunakan untuk mengatasi masalah ini.


Salah satu cara mengatasi rambut rontok secara alami adalah dengan memastikan asupan nutrisi yang cukup bagi tubuh. Rambut juga dapat dipengaruhi oleh faktor keturunan, perubahan hormon, kondisi medis, atau penuaan alami. Meskipun lebih umum terjadi pada pria, wanita juga rentan mengalami masalah ini. Jika bukan disebabkan oleh penyakit, ada beberapa bahan alami yang dapat digunakan untuk mengatasi kerontokan rambut, seperti lidah buaya, minyak zaitun, santan, yoghurt, bawang, madu, alpukat, dan jambu biji.

 

Berikut ini adalah beberapa cara dan tips merawat rambut rontok secara alami tanpa bahan kimia:

 

1.Oleskan gel lidah buaya ke kulit kepala minimal 2 kali dalam seminggu.

 

Lidah buaya mengandung vitamin dan mineral yang berkhasiat untuk menghitamkan rambut, merangsang pertumbuhan rambut baru, dan memperbaiki jaringan rambut yang rusak.

 

2. Gunakan campuran teh hijau dan daun seledri.

 

 Kombinasi kedua bahan ini dapat meredakan rambut rontok dengan baik. Teh hijau dan seledri mengandung senyawa antioksidan serta vitamin A dan B yang baik untuk menguatkan akar rambut. Campurkan teh hijau dan seledri, lalu oleskan air seduhannya ke kulit kepala. Kemuadia bilaslah menggunakan air dingin setelah beberapa saat.

 

3. Manfaatkan minyak zaitun.

 

Minyak zaitun mengandung banyak vitamin dan mineral yang dapat mengurangi rambut rontok. Oleskan minyak zaitun pada kulit kepala dan rambut, lalu pijat dengan lembut. Diamkan dan biarkan dalam waktu selama 30 menit sebelum dibilas menggunakan air bersih.

 

4. Gunakan santan. 

 

Santan mengandung nutrisi penting seperti zink, vitamin E, vitamin B6, kalium, dan fosfor yang dapat membuat rambut lebih halus dan tidak mudah rontok. Oleskan santan ke seluruh permukaan rambut hingga kulit kepala, biarkan selama 30 menit, lalu bilas dengan sampo dan air bersih.

 

5. Manfaatkan yoghurt. 

 

Yoghurt mengandung kalsium, vitamin D, kalium, dan protein yang dapat memberi nutrisi dan menguatkan akar rambut. Oleskan yoghurt tawar ke seluruh permukaan rambut, pijat dengan lembut, dan biarkan selama 5 menit sebelum dibilas dengan air bersih.

 

6. Campuran bawang dan madu. 

 

Bawang mengandung sulfur yang efektif untuk mengurangi rambut rontok berlebih. Campurkan air perasan bawang dengan 1 sendok makan madu, oleskan ke kulit kepala, dan biarkan selama dua jam sebelum dibilas dengan sampo dan air bersih.

 

7. Gunakan akar licorice. 

 

Akar licorice mengandung zat antiinflamasi yang bisa meningkatkan kesehatan rambut. Lalu campurkan takaran 1 sendok makan akar licorice bubuk, ¼ sendok teh kunyit, dan 1 gelas susu. Oleskan ke seluruh kulit kepala dan rambut, biarkan semalaman, dan bilas rambut hingga bersih di pagi hari.

 

8. Gunakan minyak geranium. 

 

Minyak geranium dapat meningkatkan pertumbuhan rambut dan sirkulasi akar rambut. Campurkan beberapa tetes minyak geranium dengan minyak pembawa, oleskan ke rambut dan pijat-pijat, atau tambahkan ke sampo dan kondisioner.

 

9. Terapkan pola hidup sehat. 

 

Masalah rambut rontok juga dapat disebabkan oleh masalah kesehatan. Menerapkan pola hidup sehat dengan mengonsumsi makanan bergizi dan berolahraga secara rutin dapat membantu mengatasi kerontokan rambut yang disebabkan oleh anemia atau malnutrisi.

 

10. Manfaatkan alpukat. 

 

Alpukat mengandung protein alami yang dapat meningkatkan kesehatan kulit kepala. Hancurkan alpukat dan aplikasikan pada rambut dan kulit kepala, pijat perlahan, dan diamkan selama 15-20 menit sebelum dibilas dengan air bersih.

 

11. Gunakan jambu biji. 

 

Hancurkan daging jambu biji hingga berbentuk pasta, tambahkan putih telur, dan aplikasikan campuran tersebut pada rambut dan kulit kepala. Diamkan selama 40 menit sebelum bilas hingga bersih.

 

Dengan mengikuti beberapa cara ini secara rutin, diharapkan Anda dapat mengatasi rambut rontok secara alami. Tetaplah menjaga pola hidup sehat dan menggunakan bahan alami yang sesuai untuk merawat rambut Anda.