Penyebab Gusi Bengkak dan Cara Mengobatinya

Gusi Bengkak

Apakah Anda pernah mengalami masalah gusi yang bengkak? Tentunya hal ini dapat sangat mengganggu, tidak hanya saat makan tapi juga saat tidur. Oleh karena itu, penting bagi Anda untuk mengetahui informasi penting tentang masalah gusi bengkak, penyebabnya, dan cara mengatasinya. Gusi, juga dikenal sebagai gingiva, adalah jaringan mukosa yang melapisi tulang alveolar di dalam mulut kita. Gusi biasanya memiliki warna merah muda yang menandakan adanya pembuluh darah di dalamnya.

Gusi yang sehat memiliki ciri-ciri berupa warna merah muda yang stabil, tidak goyah saat disentuh, dan memiliki tekstur berbintik-bintik mirip kulit jeruk. Jika gusi Anda tidak memenuhi ciri-ciri tersebut, mungkin ada masalah dengan gusi Anda. Jika gusi terlihat berwarna merah terang atau bahkan berdarah, itu menandakan adanya peradangan.

Masalah pada gusi dapat digolongkan menjadi dua kategori, yaitu gingivitis dan periodontitis. Gingivitis adalah masalah ringan pada gusi, sedangkan periodontitis adalah masalah serius yang dapat menyebabkan kerusakan tulang di bawah gusi. Salah satu masalah yang sering terjadi adalah gusi bengkak dan bernanah. Meskipun sering diabaikan, gusi bengkak dapat menjadi akar masalah lain pada gusi dan bahkan mulut.

Ada beberapa faktor yang dapat menyebabkan gusi bengkak. 

 

Yang pertama adalah sisa makanan yang tidak dibersihkan dengan baik dan tertinggal di antara gigi dan gusi. Sisa makanan ini dapat menarik kuman dan bakteri, terutama pada mereka yang malas menggosok gigi. Hormon juga dapat mempengaruhi gusi, terutama pada wanita yang sedang hamil. Selain itu, beberapa jenis obat-obatan juga dapat menyebabkan gusi bengkak, seperti obat tekanan darah. Iritasi juga dapat menyebabkan gusi bengkak, seperti reaksi alergi terhadap makanan atau pasta gigi. Tumpukan plak dan karang gigi juga menjadi penyebab umum gusi bengkak, begitu pula kekurangan vitamin yang dapat melemahkan jaringan ikat gusi.

Cara Mengobati Gusi Bengkak Yang Bisa Di Lakukan


Setelah mengetahui beberapa penyebab utama gusi bengkak, penting bagi Anda untuk mengetahui cara mengatasinya. Salah satu cara yang dapat dilakukan adalah dengan mengompres gusi menggunakan es batu jika tidak terasa sakit, atau dengan air hangat jika terasa nyeri. Kumur dengan air garam juga dapat membantu mengurangi peradangan dan menghambat pertumbuhan bakteri di mulut. Selain itu, hindari hal-hal yang dapat menyebabkan iritasi pada gusi, seperti minuman beralkohol atau merokok.

Selain mengatasi masalah gusi bengkak, penting bagi Anda untuk menjaga kesehatan dan kebersihan mulut secara keseluruhan. Rutin menyikat gigi minimal dua kali sehari dengan durasi sekitar 2 menit adalah hal yang penting. Selain itu, kunjungan rutin ke dokter gigi juga sangat disarankan untuk memastikan kesehatan gigi dan gusi yang optimal.

Dengan mengetahui informasi ini dan melakukan tindakan pencegahan yang tepat, Anda dapat menjaga kesehatan gusi Anda dan menjauhkan diri dari masalah gusi bengkak yang mengganggu. Tetaplah menjaga kesehatan mulut Anda dan jangan ragu untuk berkonsultasi dengan dokter gigi jika Anda memiliki masalah gusi yang serius.