Iklan

terkini

10 Cara Agar Live Tiktok Banyak Penonton

, Desember 15, 2023 WIB

Live Tiktok

Hallo sobat Betuah.id - Ingin meningkatkan popularitas di TikTok dan mendapatkan keuntungan dari platform ini? Indonesia memiliki salah satu pengguna TikTok terbesar dan banyak orang yang menjadi terkenal berkat aplikasi ini. 

 

Salah satu cara untuk viral di TikTok adalah dengan melakukan siaran live. Namun, bagaimana caranya agar banyak yang menonton siaran live di TikTok? Sebelum mengetahui caranya, mari kita simak beberapa informasi terkait siaran live di TikTok ini.

Keuntungan dari Siaran Live di TikTok

 

Siaran live di TikTok merupakan cara terbaik untuk terhubung langsung dengan para pengikut. Interaksi dengan pengikut sangat penting saat ini, karena hal ini membuat audiens merasa diperhatikan. Baik untuk akun bisnis maupun akun kreator, melakukan siaran live di TikTok secara sesekali sangat diperlukan. Anda pasti sudah tidak asing lagi dengan siaran langsung di TikTok, bukan? 

 

Tetapi, apakah anda pernah merasa bingung mengapa siaran langsung anda di TikTok selalu sepi penonton? Bila iya, Anda berada pada tempat yang sangat tepat! Artikel ini akan membahas cara membuat siaran langsung TikTok menjadi ramai dan meriah! Tidak hanya peralatan yang perlu lengkap, tapi strategi juga harus tepat!

Syarat Siaran Live di TikTok

 

Berbeda dengan platform lain seperti Facebook dan Instagram, tidak semua pengguna diperbolehkan melakukan siaran live di TikTok. TikTok menetapkan beberapa syarat yang harus dipenuhi sebelum pengguna bisa melakukan siaran live.



Berikut adalah 2 syarat untuk melakukan siaran live di TikTok:

 

  1. Pengguna akun TikTok harus berusia minimal 16 tahun; ini tidak ada hubungannya dengan batas usia untuk membuat akun TikTok. Pemilik akun TikTok bisa lebih muda dari 16 tahun, namun mereka belum dapat melakukan siaran live.
  2. Akun harus memiliki minimal 1000 pengikut. TikTok memberlakukan aturan ini untuk melindungi komunitas pengguna. Jika jumlah pengikut belum mencapai 1000, buatlah konten yang menarik terlebih dahulu agar dapat viral dan menambah jumlah pengikut.

 

Cara Mendapatkan Lebih Banyak Penonton dalam Siaran Live TikTok

 

Lalu, bagaimana cara agar mendapatkan lebih banyak penonton saat melakukan siaran live di TikTok? Berikut ini adalah beberapa tips dan cara yang bisa kamu coba:


1. Pilih waktu yang tepat 

 

Kunci pertama untuk menarik perhatian audiens adalah pemilihan waktu yang tepat. Timing bukan hanya penting, tapi juga menjadi kunci utama keberhasilan siaran langsung TikTok Anda dalam menarik penonton. Bisa di bayangkan, apa gunanya jika memiliki konten yang bagus jika tayang pada saat semua orang sedang sibuk? Oleh karena hal itu, pemilihan waktu yang tepat memang sangatlah penting. 

 

Cara yang paling mudah adalah dengan cara melakukan riset dahulu. Kamu bisa memulainya yaitu dengan memeriksa kapan saat para pengikut kamu paling aktif.Ada  beberapa aplikasi analitik TikTok yang dapat membantu kamu untuk mendapatkan informasi ini. Tetapi, jika Anda menginginkan pendekatan yang lebih sederhana, berdasarkan intuisi dan sebuah percobaan juga bisa efektif.


2. Gunakan paket internet yang stabil

 

Pernah menonton siaran langsung di TikTok yang koneksi internetnya tidak lancar? Gambar akan putus-putus atau bahkan siaran berhenti sama sekali, yang pasti sangat tidak nyaman untuk ditonton. Siaran semacam ini akan membuat banyak penonton berpindah ke siaran live akun yang lain. Jadi pastikan terlebih dahulu bahwa koneksi internet Anda sudah lancar dan stabil sebelum melakukan siaran live.


3. Pilih judul yang menarik

 

Judul siaran live di akun TikTok Anda bisa menarik perhatian pengguna TikTok yang sedang online saat itu. Jadi pikirkan terlebih dahulu apa judul yang menarik untuk siaran live yang akan datang. Catat beberapa ide judul dan pilih salah satunya yang paling menarik. Jangan buang judul yang belum terpakai, karena di live selanjutnya bisa digunakan.
 

4. Gunakan judul dan deskripsi yang menarik

 

Judul dan deskripsi adalah seperti pintu masuk ke toko. Jika terlihat dari luar sudah tidak menarik lagi, siapa yang hendak masuk, bukan? Sebelum menekan tombol "Go Live," pastikan Anda telah menyiapkan judul dan deskripsi yang menarik serta informatif.
 

5. Pilih judul yang memikat

 

Pilih kata-kata yang dapat menarik perhatian sekaligus memberikan gambaran tentang apa yang akan dibahas. Misalnya, jika Anda akan membahas tentang teknologi, judul seperti "Teknologi Terbaru dalam Dunia Tekno, Ayo Bergabung!" bisa menjadi pilihan yang menarik.
 

6. Umumkan siaran live di profil

 

Sebaiknya Anda merencanakan dengan baik kapan akan melakukan siaran langsung. Pastikan Anda memasang jadwal siaran langsung tersebut di profil. Dengan begitu, pengikut akun Anda sudah tahu jadwalnya dan akan menantikan saat siaran live dimulai. Ketika saat siaran live tiba, akan lebih banyak pengikut yang sudah siap menonton.


7. Berinteraksi dengan penonton

 

Salah satu kelebihan siaran live adalah adanya interaksi langsung. Jadi selama siaran live, jangan lupa untuk sesekali berinteraksi dengan penonton. Jika kita hanya berbicara ke kamera tanpa membaca komentar penonton, hasilnya tidak akan berbeda dengan video TikTok reguler.


8. Tetap aktif mengunggah konten di TikTok

 

Selain melakukan siaran langsung, jangan lupa untuk tetap konsisten mengunggah konten reguler. Semakin banyak konten yang Anda unggah, semakin banyak orang yang akan mengetahui keberadaan akun Anda. Jadi saat melakukan siaran live, peluang mendapatkan penonton yang lebih banyak akan semakin besar.


9. Hindari penggunaan clickbait

 

Ini sangat penting, teman-teman! Meskipun judul dan deskripsi yang sensasional mungkin dapat menarik banyak orang, jika kontennya tidak sesuai, penonton akan pergi dan tidak akan kembali.


10. Balas komentar secara langsung

 

Ini juga penting, lho! Komentar selama siaran berlangsung menunjukkan adanya aktivitas dan keterlibatan. Balas komentar-komentar tersebut, dan sebisa mungkin, sebutkan nama para penonton. Hal ini dapat membuat penonton merasa dihargai.

Demikianlah 10 tips agar siaran live TikTok Anda mendapat lebih banyak penonton. Semoga bermanfaat.

 

Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • 10 Cara Agar Live Tiktok Banyak Penonton

Terkini

Iklan