Sayuran Rendah Karbohidrat Baik Untuk Penderita Diabetes

Sayuran Rendah Karbohidrat Baik Untuk Penderita Diabetes

Hello sobat Betuah.id - Makan sayur baik untuk mengontrol gula darah. Pola makan kaya sayuran juga dapat membantu menurunkan berat badan. Menurut studi tahun 2022 yang diterbitkan di Frontiers in Public Health, 80 hingga 90 persen penderita diabetes tipe 2 mengalami kelebihan berat badan atau obesitas. Karbohidrat rendah mana yang baik untuk penderita diabetes? Berikut penjelasannya!

Sayuran Rendah Karbohidrat Baik Untuk Penderita Diabetes

Berikut beberapa sayuran rendah karbohidrat yang bisa Anda makan:

1. Bayam

Satu cangkir bayam hanya mengandung 1 gram karbohidrat. Sayuran rendah karbohidrat ini cocok untuk penderita diabetes karena juga kaya akan antioksidan seperti vitamin A. Sebagai rekomendasi, Sahabat Diabest bisa membuat telur dadar bayam untuk sarapan pagi. Pasalnya, telur juga kaya akan nutrisi yang baik bagi penderita diabetes.

Baca Juga : Inilah penyebab kadar gula naik turun 

2. Tomat

Tomat juga cocok untuk Sahabat Diabeest karena kandungan karbohidratnya kurang dari 5 gram. Selain itu, tomat banyak mengandung vitamin C dan antioksidan lainnya. Rekomendasinya adalah tomat sebaiknya dimakan mentah.

3. Brokoli

Pencinta diabetes harus membiasakan makan brokoli. Hal ini karena brokoli rendah karbohidrat. Satu porsi brokoli yakni satu cangkir dan masih mentah mengandung karbohidrat kurang dari 5 gram serta kaya akan vitamin C, serat, dan zat besi. Oleh karena itu, brokoli merupakan sayuran rendah karbohidrat yang direkomendasikan bagi penderita diabetes.

Baca Juga :  Jangan salah pilih, Makanan untuk penderita Diabetes

4. Kubis

Satu cangkir kubis mentah cincang mengandung 5 gram karbohidrat. Saat Diabestfriend mengonsumsi sayuran rendah karbohidrat ini, mereka juga mendapatkan vitamin C dan vitamin K. Jadi sah-sah saja jika Sahabat Diabest ingin memasukkan kubis ke dalam menu makanan sehari-harinya.

5. Kembang kol

Sayuran rendah karbohidrat lainnya yang cocok untuk Sahabat Diabest adalah kembang kol. Mengonsumsi kembang kol juga dapat membantu mengontrol gula darah. Satu cangkir kembang kol cincang mengandung 5 gram. Selain itu, kembang kol kaya akan nutrisi seperti vitamin C dan folat.AsparagusAsparagus juga merupakan sayuran rendah karbohidrat. Sayuran ini hanya mengandung 7 gram karbohidrat. Selain itu sayuran ini banyak mengandung vitamin A dan K. Oleh karena itu, penderita diabetes dapat menambahkan asparagus ke dalam menu harian mereka!.

Penderita diabetes dapat mengonsumsi sayuran di atas sebagai bagian dari pola makan vegetarian rendah karbohidrat. Sayuran ini merupakan sayuran bertepung yang artinya tinggi serat serta kaya akan berbagai vitamin dan mineral penting.Sayuran bertepung memiliki indeks glikemik yang tinggi sehingga cepat meningkatkan gula darah.

Baca Juga : Daftar minuman yang aman untuk penderita diabetes

Sayuran yang kaya akan pati misalnya kentang, jagung, ubi jalar, labu kuning. Makan sayuran bertepung dianjurkan untuk mengontrol gula darah.Sahabat penderita diabetes sebaiknya berkonsultasi dengan dokter tentang rekomendasi asupan karbohidrat harian. Sebab, anjuran asupan harian ini biasanya disesuaikan dengan gula darah Sahabat Diabest.

Itulah tadi penjelasan singkat tentang sayuran rendah karbohidrat baik untuk penderita Diabetes untuk sobat Betuah.id semuanya, salam sehat semuanya tetap semangat.