Daftar Minuman Yang Aman Untuk Penderita Diabetes

Daftar Minuman Yang Aman Untuk Penderita Diabetes

Hello sobat Betuah.id - Tak hanya makanan, minuman juga bisa memengaruhi gula darah. Oleh karena itu penting bagi Sahabat Diabetes untuk mengetahui minuman apa saja yang aman bagi penderita diabetes. Jika Diabestfriends ingin menurunkan gula darah, hindari minuman manis seperti soda, jus buah, dan teh manis.Berikut beberapa minuman yang aman untuk penderita diabetes!

Daftar minuman yang aman untuk penderita diabetes. Ada beberapa minuman yang aman bagi penderita diabetes. Penderita diabetes bisa menikmatinya, namun sebaiknya konsultasikan dengan dokter mengenai beberapa minuman berikut ini:

1. Air Putih

Air tidak hanya bebas kalori, tetapi juga penting untuk mengontrol gula darah. Evaluasi diabetes dan sindrom metabolik: uji klinis dan ulasan. Minum air putih dapat menurunkan risiko terkena diabetes hingga 6 persen.Selain itu, air meningkatkan volume darah, yang meningkatkan produksi asam amino, yang juga memengaruhi gula darah. Alternatifnya, Sahabat Diabest juga bisa meminum minuman yang dicampur dengan potongan buah-buahan atau biasa disebut infused water.

Baca Juga :  Jangan salah pilih, Makanan untuk penderita Diabetes

2. Kopi

Penelitian menunjukkan bahwa minum kopi secara rutin dapat menurunkan risiko terkena diabetes tipe 2. Hal ini karena senyawa fitokimia pada kopi dapat menunjang kesehatan hati dan sel pankreas. melindungi efek insulin.Namun, penting untuk membatasi jumlah campuran kopi Diabestfriends yang Anda minum. Hindari minum kopi yang dicampur gula atau pemanis lainnya. Kopi terbaik adalah kopi hitam.

3. Teh hitam dan teh hijau

Jika sobat Diabeest tidak suka minum kopi, kamu bisa minum teh. Teh juga merupakan minuman yang dipercaya dapat menurunkan risiko diabetes dan komplikasi diabetes. Sebagian besar penelitian telah dilakukan dengan teh hitam dan hijau. Namun perlu diingat bahwa teh yang disebutkan di sini adalah teh tanpa tambahan gula.

Baca Juga : Sayuran rendah karbohidrat baik untuk penderita Diabetes 

4. Susu

Menurut tinjauan penelitian, protein susu sapi mampu menurunkan respon gula darah setelah makan besar. Protein tersebut dapat memperlambat pencernaan dan meningkatkan respon insulin sehingga bermanfaat untuk meningkatkan gula darah.Secara keseluruhan, diperlukan lebih banyak penelitian untuk mengetahui pengaruh susu terhadap kadar A1C. American Diabetes Association merekomendasikan agar penderita diabetes minum susu bebas lemak atau rendah lemak.Selain itu, susu juga mengandung karbohidrat, jadi pastikan Diabestfriends menghitung jumlahnya dalam menu makanan harianmu.

5. Jus tomat

Minuman lain yang aman untuk mengontrol gula darah adalah jus tomat. Sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Asia Pacific Journal of Clinical Nutrition mengevaluasi 25 wanita sehat yang minum jus tomat setiap hari 30 menit sebelum sarapan tinggi karbohidrat.Gula darah mereka lebih rendah setelah makan. Hal ini diduga karena serat pada tomat memperlambat pencernaan sehingga memperlambat kenaikan gula darah setelah makan. 

Baca Juga : Inilah penyebab kadar gula naik turun 

Itulah tadi  beberapa Daftar minuman yang aman untuk penderita diabetes yang sobat Betuah.id wajib ketahui. Konsultasikan ke Dokter untuk kesehatan yang lebih baik.