Jangan Salah Pilih, Makanan Untuk Penderita Diabetes.

Jangan Salah Pilih, Makanan Untuk Penderita Diabetes.

Hello seobat Betuah.id - Anda perlu mengambil pilihan yang tepat jika ingin tetap sehat dan mengontrol gula darah, salah satu hal terpenting adalah pilihan makanan Anda. Lalu apa saja pilihan makanan untuk penderita diabetes? Penderita diabetes harus berhati-hati dalam memilih makanan. Pasalnya, beberapa makanan yang terlihat sehat ternyata bisa meningkatkan gula darah. Oleh karena itu, penting bagi Sahabat Diabetes untuk memahami betul pilihan makanan penderita diabetes.Jangan salah pilih, makanan untuk penderita diabetes.

Berikut beberapa pilihan makanan untuk penderita diabetes Jangan salah pilih, makanan untuk penderita diabetes.:

1. Karbohidrat

Pencinta diabetes sebaiknya mengikuti pola makan rendah karbohidrat. Sebab, terlalu banyak mengonsumsi karbohidrat bisa menyebabkan gula darah melonjak. Gula darah tinggi atau hiperglikemia dapat menyebabkan gangguan kesehatan jangka pendek dan jangka panjang.

2. Batasan: Karbohidrat sederhana

Penderita diabetes sebaiknya menghindari atau membatasi karbohidrat sederhana dan memilih karbohidrat kompleks. Karbohidrat sederhana termasuk gula rafinasi, gula meja, permen, minuman ringan dan produk dengan banyak tambahan gula.Makanan dan minuman tersebut dicerna dengan cepat di dalam tubuh sehingga menyebabkan penumpukan gula di pembuluh darah. Buah dan sayur segar juga mengandung karbohidrat sederhana. Namun, buah-buahan dan sayur-sayuran lebih sehat dibandingkan makanan manis dan makanan ringan. Buah dan sayur memperlambat penyerapan gula ke dalam pembuluh darah karena mengandung serat.

3. Pilih dengan bijak: karbohidrat kompleks

Karbohidrat kompleks seperti biji-bijian dan sayuran bertepung. Karbohidrat ini banyak mengandung serat, vitamin dan mineral. Seperti halnya buah, karbohidrat kompleks biasanya tidak meningkatkan gula darah secara signifikan.Namun, tidak semua karbohidrat kompleks aman bagi penderita diabetes. Beberapa karbohidrat kompleks tidak mengandung banyak serat atau nutrisi. Misalnya roti gandum putih juga bisa meningkatkan gula darah.

Baca Juga : Inilah penyebab kadar gula naik turun

4. Lemak

Ada banyak jenis lemak dan beberapa di antaranya baik untuk penderita diabetes. Lemak jenuh dan lemak trans harus dihindari karena dapat menghambat kerja insulin sehingga meningkatkan gula darah.

5. Hindari: Lemak Jenuh

Lemak trans biasanya terdapat pada daging, mentega, susu, keju, dan krim. Ada juga beberapa minyak yang tinggi lemak jenuhnya, seperti minyak kelapa dan minyak sawit. Makanan yang digoreng juga cenderung tinggi lemak jenuhnya.Pola makan tinggi lemak jenuh dapat menyebabkan resistensi insulin. Selain itu, makanan tinggi lemak jenuh seringkali juga tinggi kolesterol. Hal ini dapat meningkatkan risiko penyakit jantung, terutama pada penderita diabetes.

6. Hindari lemak trans

Lemak trans bahkan lebih buruk bagi penderita diabetes. Makanan berikut biasanya mengandung lemak trans:MargarinMakanan ringan olahan seperti kerupuk, keripik, kerupukBeberapa makanan cepat saji seperti kentang gorengSeperti lemak jenuh, lemak trans dapat meningkatkan kolesterol.

7. Pilih: Lemak Baik

Beberapa lemak dapat menjadi bagian dari pola makan diabetes harian yang sehat. Pilih lemak tak jenuh tunggal dan tak jenuh ganda. Lemak ini dapat meningkatkan sensitivitas sel tubuh terhadap insulin sehingga membuat gula darah lebih stabil.

Beberapa contoh lemak tak jenuh tunggal:

  • alpukat
  • zaitun
  • kacang-kacangan
  • minyak zaitun
  • minyak 
  • kacang tanah
  • minyak canola
 Baca juga :  Sayuran rendah karbohidrat baik untuk penderita Diabetes

Sumber lemak tak jenuh ganda antara lain:

  • minyak ikan (salmon, tuna, sarden)
  • biji chia
  • biji bunga matahari
  • tahu
  • kenari
  • minyak sayur.

Makanan beku

Terkadang kita ingin membuat makanan sederhana, seperti makanan beku yang bisa dipanaskan di oven atau microwave sebelum disantap. Beberapa makanan beku memang cukup menyehatkan, namun jika makanan tersebut diproses secara berlebihan, tetap saja kurang baik bagi penderita diabetes.Makanan yang dimasak dan dijual beku sering kali mengandung bahan pengawet dan bahan kimia yang mengurangi nilai gizinya. Makanan beku juga sering kali mengandung banyak natrium. Natrium dapat meningkatkan risiko tekanan darah tinggi, penyakit jantung, dan penyakit ginjal.

Baca Juga : Daftar minuman yang aman untuk penderita diabetes

Pilihan yang lebih sehat

Pencinta diabetes dapat menyiapkan makanan bekunya sendiri. Potong sayuran, buat sayuran atau sup sendiri. Pecinta diabetes bisa menghemat sebagian dengan membekukannya. Dengan menyiapkan makanannya sendiri, Diabestfriends bisa memverifikasi nilai gizi dari makanan itu sendiri.

Minuman Manis

Jika Anda ingin mengurangi konsumsi gula sederhana, sebaiknya Sahabat Diabeest membatasi minuman bersoda Anda. Minuman bersoda mengandung banyak gula. Faktanya, smoothie buah yang tampak sehat pun bisa menjadi masalah bagi penderita diabetes.

Pilihan yang Lebih Sehat

Saat Diabestfriends ingin membeli smoothies, bacalah label nutrisi pada kemasannya. Sahabat diabetes juga bisa membuat pesanan khusus, saat memesan smoothies di restoran, mintalah agar smoothies tersebut dibuat tanpa tambahan gula. Namun, penderita diabetes juga sebaiknya membatasi minumannya. Minuman terbaik untuk penderita diabetes adalah air putih.

Itulah tadi hal yang harus sobat Betuah.id ketahui Jangan salah pilih, makanan untuk penderita diabetes.