Inilah Penyebab Kadar Gula Naik Turun

Inilah Penyebab Kadar Gula Naik Turun

Hello sobat Betuah.id - Agar tetap sehat, penderita diabetes harus mengontrol gula darahnya. Namun kadar gula darah bisa berfluktuasi dan menimbulkan efek negatif jangka pendek dan jangka panjang. Oleh karena itu, Sahabat Diabest harus mengetahui penyebab naik turunnya kadar gula darah.

Penyebab Fluktuasi Gula Darah Inilah Penyebab Kadar Gula Naik Turun

Penderita diabetes sebaiknya mewaspadai penyebab fluktuasi gula darah berikut ini:

1. Kafein

Kadar gula darah bisa naik bila penderita diabetes meminum kopi, bahkan kopi hitam sekalipun. bahkan kopi tanpa kalori karena kandungan kafeinnya. Hal yang sama berlaku untuk teh hitam dan hijau. Setiap penderita diabetes mempunyai reaksi yang berbeda-beda terhadap makanan dan minuman, sehingga penting bagi Sahabat Diabetes untuk mencatat reaksi gula darah Anda terhadap makanan atau minuman.

2. Makanan bebas gula

Banyak makanan yang diklaim bebas gula dapat meningkatkan gula darah. Ini karena makanan tersebut mungkin mengandung karbohidrat. Jadi Sahabat Diabest sebaiknya mengecek kandungan total karbohidrat pada label nutrisi makanan. Perhatikan juga apakah makanan tersebut mengandung gula alkohol seperti sorbitol dan xylitol. Keduanya bisa menambah rasa manis yang lebih rendah karbohidrat dibandingkan gula, namun tetap bisa menaikkan gula darah.

Baca Juga : Daftar minuman yang aman untuk penderita diabetes

3. Demam

Kadar gula darah meningkat saat tubuh melawan penyakit. Jadi pastikan Diabestfriends minum air putih dalam jumlah yang cukup. Hubungi dokter jika Sahabat Diabest mengalami diare atau muntah lebih dari 2 jam, atau jika sakit lebih dari 2 hari dan tidak kunjung membaik. Penting juga untuk mengetahui bahwa beberapa obat, seperti antibiotik dan dekongestan, dapat mempengaruhi gula darah.

4. Stres

Apakah Anda stres karena pekerjaan atau hal lain? Ternyata bisa menaikkan gula darah. Saat Anda stres, tubuh Anda memproduksi hormon yang dapat meningkatkan gula darah Anda. Kondisi ini lebih sering terjadi pada penderita diabetes tipe 2. Untuk mengelola stres, Sahabat Diabest bisa mempelajari teknik pernapasan dalam dan rutin berolahraga.

5. Buah kering

Buah merupakan makanan sehat, namun perlu diketahui bahwa buah kering cenderung lebih tinggi karbohidrat dalam porsi lebih kecil. Jadi hati-hati saat makan buah kering ya?

6. Steroid

Obat kortikosteroid biasanya digunakan untuk mengobati ruam, radang sendi, asma, dan banyak kondisi lainnya. Namun steroid juga bisa meningkatkan gula darah. Diuretik dan antidepresan yang digunakan untuk mengobati tekanan darah tinggi juga dapat meningkatkan gula darah.

7. Antipiretik

Dekongestan yang mengandung pseudoefedrin atau fenilefrin juga dapat meningkatkan gula darah. Antipiretik terkadang mengandung sedikit gula, jadi pilihlah yang lebih aman. Tanyakan kepada dokter mengenai rekomendasi obat antipiretik untuk penderita diabetes.

Baca Juga :  Jangan salah pilih, Makanan untuk penderita Diabetes

8. Tidur

Kadar gula darah bisa turun drastis saat Sahabat Diabetes sedang tidur, apalagi jika Sahabat Diabetes sedang mendapat pengobatan insulin. Itu sebabnya penting untuk memeriksa gula darah sebelum tidur dan setelah bangun tidur. Mengonsumsi camilan sebelum tidur dapat membantu mencegah penurunan gula darah secara tiba-tiba. Beberapa orang juga mengalami kadar gula darah tinggi di pagi hari, bahkan sebelum sarapan, karena perubahan hormonal atau penurunan kadar insulin.

9. Olah raga

Olah raga penting untuk kesehatan. Namun, penderita diabetes harus memantau aktivitas fisiknya. Saat Diabestfriends berolahraga atau melakukan aktivitas yang cukup berat hingga membuat Anda berkeringat dan meningkatkan detak jantung, bisa saja gula darah Anda naik dan kemudian turun tajam. Untuk menghindarinya, Sahabat Diabest bisa mengonsumsi camilan sebelum latihan. Penting juga bagi Sahabat Diabest untuk memeriksa gula darah sebelum, saat, dan setelah olahraga.

 Baca juga :  Sayuran rendah karbohidrat baik untuk penderita Diabetes

10. Udara hangat

Penderita diabetes lebih aman berada di ruangan ber-AC dibandingkan di luar ruangan yang udaranya hangat. Pasalnya, udara panas membuat pengendalian gula darah menjadi lebih sulit. Jika cuaca panas, minumlah air secukupnya.

Itulah beberapa penyebab mengani inilah penyebab kadar gula naik turun  yang perlu sobat Betuah.id harus ketahui