Iklan

terkini

Inilah Penyebab dan Cara Menghilangkan Komedo Yang Wajib Kamu Tahu

, Februari 02, 2024 WIB
Cara Menghilangkan Komedo

Punya komedo atau hidung mancung di wajah pasti akan merusak rasa percaya diri kamu ya Grameds. Selain tidak sedap dipandang, komedo juga bisa menimbulkan jerawat jika tidak ditangani. Tentu saja, tidak ada seorang pun yang menginginkan bintik-bintik di wajahnya.Bagi yang terlanjur memiliki flek, jangan khawatir, kali ini kita akan membahas cara menghilangkan flek dengan mudah di rumah. 

 

Menghilangkan komedo tentunya merupakan salah satu hasil yang bisa kita dapatkan jika kita rutin merawat kulit.Komedo terjadi karena kelebihan minyak, kotoran, atau sel kulit mati yang menyumbat folikel rambut dan pori-pori kulit. Komedo adalah jerawat yang bisa berubah menjadi jerawat jika tidak ditangani. Meskipun komedo biasanya berwarna hitam, sebenarnya ada beberapa jenis, yang paling umum adalah komedo hitam dan komedo putih.

 

Penyebab komedo

 

Secara singkat kita telah membahas penyebab komedo yaitu folikel rambut dan pori-pori kulit tertutup minyak, kotoran, debu, riasan dan lain-lain. Namun, tidak ada salahnya untuk mengeceknya kembali dengan ulasan yang lebih mendalam.Tersumbatnya folikel rambut dan pori-pori kulit dapat disebabkan oleh beberapa hal. 

 

Di bawah ini kita simak penyebab dan anjuran apa yang bisa dilakukan untuk mencegah terbentuknya flek hitam. Sobat Betuah.id juga bisa membaca buku Beauty Skin Care untuk informasi lebih detail mengenai penyebab komedo dan cara mengatasi komedo di wajah.

 

1. Jarang suka membersihkan muka

2. Perubahan hormonal

3. Obat-obatan atau bahan kimia

4. Folikel rusak

5. Makanan

 

Cara Menghilangkan Komedo

 

1. Lidah Buaya

 

Tanaman ini dikenal memiliki banyak manfaat bagi kesehatan. Selain kemampuannya menghilangkan jerawat dan flek, khasiatnya dipercaya dapat mengatasi kekeringan kulit, mempercepat penyembuhan luka, mengobati psoriasis, dan memiliki sifat anti inflamasi.Sifat anti-inflamasi pada lidah buaya dapat mencegah pertumbuhan bakteri penyumbat pori-pori. 

 

Tak hanya itu, lidah buaya juga mampu mengontrol produksi minyak berlebih penyebab komedo.Anda bisa menggunakan krim lidah buaya dengan cara mengoleskannya pada kulit yang berkomedo. Jika Anda ingin membuat gel lidah buaya sendiri, Anda bisa memotong ujungnya terlebih dahulu dan merendamnya dalam air untuk diambil sarinya.Setelah direndam selama dua jam, periksa secara rutin apakah sari buah sudah larut sempurna di dalam air atau belum. 

 

Pastikan semua jus larut, karena jus dapat menyebabkan kulit gatal. Bersihkan wajah sebelum mengoleskan lidah buaya agar kotoran mudah hilang. Kemudian ambil gelnya dan oleskan pada area kulit yang berkomedo.Biarkan selama 15 menit. Setelah itu, basuhlah wajah Anda dengan air bersih. Lakukan secara rutin hingga komedo hilang.

 

2. Putih Telur

 

Kandungan protein dan mikroprotein yang tinggi pada putih telur diduga mampu mengatasi flek di wajah. Ada dua cara memanfaatkan putih telur sebagai penghilang komedo.Pertama jadikan masker peeling. 

 

Caranya bisa dengan mengoleskan putih telur pada bintik-bintik di kulit Anda. Setelah itu, tempelkan saputangan yang sangat tipis padanya.Oleskan saputangan pada kulit agar putih telur terserap ke dalam jaringan. Kemudian oleskan kembali putih telur tersebut pada tisu. Biarkan selama kurang lebih 30 menit hingga mengering. Tanda putih telur kering adalah kulit wajah terlihat sangat kencang.Setelah kering, Anda bisa mengangkat kain secara perlahan. Dan Anda mungkin memperhatikan bahwa Anda melihat banyak bintik-bintik di jaringan. 

 

Jangan lupa untuk membersihkan wajah terlebih dahulu sebelum mengoleskan putih telur agar kotorannya hilang terlebih dahulu.Pilihan lainnya adalah dengan mencampurkan 3 putih telur dan 2 sendok makan jus lemon saja. Campur dengan baik. Bersihkan wajah Anda dengan air sabun. Kemudian oleskan campuran tersebut pada bintik-bintik. Biarkan selama dua puluh menit. Setelah itu Anda bisa mencuci muka dengan air hangat.

 

3. Masker Arang

 

Arang mempunyai sifat penyerap yang sangat baik. Khasiat tersebut dapat digunakan untuk menyerap kotoran seperti racun pada saat sakit perut, menyaring air, dll. Belakangan ini khasiat batu bara telah dimanfaatkan untuk kesehatan dan perawatan kulit. Tentu saja, pada beberapa sabun dan produk perawatan kulit, Anda mungkin memperhatikan variasi arang yang seharusnya dapat menyerap kotoran dari kulit.

 

Arang hitam yang diperoleh dari batok kelapa atau kayu cukup baik untuk menghilangkan komedo. Jika ingin hasil lebih maksimal, Anda juga bisa menggunakan arang aktif. Atau jika Anda menginginkan yang lebih baik lagi, binchotan, sejenis arang khusus, bisa menjadi pilihan Anda. Kemampuan Binchotan dalam menyerap komedo mungkin lebih baik dibandingkan arang atau karbon aktif pada umumnya.

 

4. Kulit Jeruk

 

Kulit jeruk yang biasa kita buang setelah makan buahnya, ternyata mengandung banyak nutrisi yang membantu menjaga kesehatan kulit. Ini termasuk vitamin C, antioksidan, polifenol, agen antimikroba, asam sitrat, agen antibakteri dan folat.Bubuk kulit jeruk yang dipadukan dengan yogurt memberikan efek yang luar biasa, yaitu efek membuka pori-pori kulit dan menghilangkan kotoran. Belum lagi kandungan asam sitrat pada kulit jeruk yang mampu mencerahkan kulit secara alami, kulit pun akan semakin cerah lho

 

5. Oatmeal


Oatmeal merupakan salah satu jenis sereal yang terbuat dari bahan oat (avena sativa) yang direbus dengan air dan susu. Oat dikatakan sebagai makanan biji-bijian bebas gluten. Selain itu, kandungan mineral, vitamin, antioksidan, dan serat yang tinggi menjadikan oats sebagai makanan yang banyak dicari para pecinta kesehatan.Oats mempunyai banyak manfaat bahkan untuk wajah. Journal of Drugs in Dermatology menyatakan bahwa oatmeal telah dipercaya dapat meredakan gatal dan iritasi yang berhubungan dengan dermatitis xerotik selama berabad-abad.


Oatmeal dipercaya dapat mencerahkan wajah, melindungi kulit dari sinar ultraviolet (UV), mengatasi jerawat, menghilangkan komedo, mengangkat dan mengelupas sel kulit mati, serta melawan radikal bebas. Oleh karena itu, menggunakan oatmeal untuk menghilangkan komedo tidaklah salah.

 

6. Air lemon Air 


lemon tidak hanya mampu mengatasi jerawat, namun juga komedo. Hal ini cukup mudah untuk digunakan. Peras sedikit jus lemon dan oleskan pada wajah orang kulit hitam. Biarkan jus lemon mengering di wajah Anda. Setelah kering, basuh wajah Anda dengan air hangat. Untuk hasil terbaik, lakukan langkah di atas secara rutin 2-3 kali seminggu.

 

Baca Juga : Cara Mengatasi Wajah Berminyak

 

7. Strawberry

 

Siapa sangka buah cantik dan manis ini bisa menghilangkan komedo? Asam alfa hidroksi (AHA) pada stroberi mampu mengangkat sel kulit mati dan mengontrol produksi minyak berlebih. Padahal kita tahu bahwa keduanya merupakan penyebab utama timbulnya komedo.Kandungan asam salisilat pada buah merah ini dipercaya mampu membersihkan pori-pori dan efektif menghilangkan komedo. Oleh karena itu, tak heran jika kini banyak ditemukan masker strawberry untuk wajah. Harganya juga cukup terjangkau dibandingkan dengan manfaat yang didapat.


Baca Juga : Ini Dia Ide Jualan 1000an Modal Kecil Untung Besar

 

8. Mentimun

 

Selain bisa menghilangkan jerawat, mentimun juga dipercaya bisa menghilangkan komedo yang membandel. Buku Cerdas Merawat Kecantikan di Rumah karya Windya Novita menyebutkan mentimun cukup efektif menghilangkan bintik-bintik.Mentimun juga dapat memutihkan kulit, mengurangi mata panda atau lingkaran hitam, mengencangkan pori-pori, mengurangi garis-garis halus pada kulit dan masih banyak lagi. Oleh karena itu, tidak heran jika banyak masker wajah yang berbahan dasar timun.

 

Baca Juga : 4 Cara Edit Foto Jadi Animasi Pakai Aplikasi Gratis  

 

Mentimun dapat digunakan dengan dua cara untuk menghilangkan komedo. Pertama, cuci timun, potong timun dan tempelkan irisan tersebut pada kulit yang terdapat bintik-bintik. Biarkan di wajah Anda selama 20 menit. Setelah selesai, basuhlah wajah Anda menggunakan air bersih..

 

Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Inilah Penyebab dan Cara Menghilangkan Komedo Yang Wajib Kamu Tahu

Terkini

Iklan