Iklan

terkini

Cara Mengatasi Wajah Berminyak

, Januari 26, 2024 WIB
Wajah Berminyak

Wajah berminyak terjadi ketika kulit memproduksi terlalu banyak minyak atau sebum sehingga membuat kulit tampak semakin bersinar. Minyak ini sungguh bermanfaat dalam menjaga kelembapan dan elastisitas kulit. Namun jika diproduksi terlalu banyak, minyak di wajah bisa menyumbat pori-pori dan memicu timbulnya jerawat.


Penyebab kulit wajah berminyak cukup beragam, mulai dari faktor genetik, perubahan hormonal, usia, perubahan iklim atau cuaca, hingga penggunaan produk kecantikan yang tidak tepat.Meski kondisi kulit ini umum terjadi, namun perlu dicari cara mengatasi wajah berminyak untuk mengatasi atau mencegah berbagai masalah kulit seperti komedo dan jerawat.


Berbagai Cara Mengobati Wajah Berminyak


Ada beberapa cara merawat wajah berminyak yang bisa Anda gunakan untuk mengontrol sifat berminyak pada wajah dan menjadikan kulit wajah Anda lebih sehat. Berikut beberapa cara mengatasi wajah berminyak :


1. Cuci muka secara rutin


Cara merawat wajah berminyak yang pertama adalah dengan mencuci muka secara rutin 2 kali sehari yaitu pada pagi dan sore hari atau setelahnya. . . keringat berlebih, seperti setelah berolahraga. Biasakan juga mencuci muka dan menghapus riasan sebelum tidur.Saat mencuci muka, pilihlah dan gunakan sabun pembersih wajah yang lembut dan jangan menggosok wajah terlalu keras untuk menghindari iritasi.


2. Menggunakan toner


Setelah mencuci muka, Anda bisa menggunakan toner untuk menghilangkan sisa kotoran atau riasan. Menggunakan toner juga dapat menghilangkan minyak berlebih sehingga mencegah penyumbatan pori-pori.Anda bisa memilih toner yang mengandung witch hazel, asam sitrat, atau asam salisilat yang efektif untuk merawat wajah berminyak. Untuk menggunakannya, tuangkan toner ke kapas dan usapkan kapas secara merata ke seluruh wajah.


3. Menggunakan pelembab khusus


Sebagian orang beranggapan bahwa kulit wajah yang berminyak tidak lagi membutuhkan krim pelembab untuk mencegah kulit menjadi berminyak. Padahal, Anda juga membutuhkan pelembap untuk menghidrasi kulit.Untuk mencegah wajah berminyak, pilihlah pelembab yang bebas minyak agar pori-pori tidak tersumbat sehingga dapat menimbulkan jerawat. Krim pelembab bisa dioleskan pada wajah yang sudah dibersihkan.


4. Gunakan Sunscren nonkomedogenik


Jangan lupa untuk mengoleskan tabir surya pada wajah setelah menggunakan pelembap, terutama jika Anda berencana keluar rumah pada siang hari. Sama halnya dengan pelembap, pilihlah tabir surya yang berlabel nonkomedogenik (tidak mengandung bahan yang menyumbat pori-pori) untuk kulit berminyak.Selain itu, pastikan Sunscren Anda memiliki SPF minimal 30 dan diperkaya dengan seng oksida dan titanium dioksida untuk melindungi kulit Anda dari sinar matahari. 


Sunscren untuk kulit berminyak biasanya tersedia dalam bentuk gel atau spray agar lebih cepat meresap ke dalam kulit.Untuk perlindungan maksimal pada kulit wajah, disarankan untuk menggunakan tabir surya secara rutin setiap 2-3 jam sekali. Agar lebih praktis, Anda bisa menggunakan Sunscren dalam bentuk bedak tabur atau spray. Namun, Anda bisa mengaplikasikan kembali tabir surya setelah memastikan wajah Anda bersih.


Tidak hanya digunakan untuk mengatasi wajah berminyak, penggunaan tabir surya juga melindungi kulit dari sinar matahari yang dapat menyebabkan kerutan, flek hitam bahkan mencegah kanker kulit.Selain Sunscren, Anda juga bisa menggunakan tabir surya. Meski sama-sama bisa melindungi kulit dari sinar matahari, namun terdapat perbedaan di antara kedua produk tersebut.


5. Pilih Makeup Riasan yang bebas minyak


Bagi Anda yang memiliki kulit wajah berminyak, riasan yang mudah luntur seringkali menjadi masalah. Alhasil, wajahnya harus dirombak.Agar riasan bertahan lebih lama dan wajah bersinar, pastikan menggunakan produk riasan khusus untuk kulit wajah berminyak. Produk-produk tersebut biasanya bebas minyak dan nonkomedogenik sehingga tidak akan menyumbat pori-pori atau membuat wajah berminyak.


Baca Juga : Daftar Aplikasi Penghasil Uang 50rb - 100rb perhari


6. Penggunaan kertas minyak


Selalu simpan kertas minyak di dalam tas saat bepergian, karena kertas ini bisa menjadi penyelamat jika wajah Anda mulai bersinar.Cara merawat wajah berminyak dengan kertas minyak adalah dengan menempelkan kertas tersebut pada wajah yang berminyak selama beberapa detik lalu angkat. Jangan menggosokkan kertas minyak pada wajah Anda karena dapat menyebarkan minyak ke area lain di wajah Anda.


7. Menggunakan Clay Mask


Kulit berminyak juga bisa diatasi dengan rutin memakai masker. Masker yang biasa digunakan untuk kulit berminyak adalah clay mask atau masker tanah liat dengan kandungan mineral. Secara umum bahan utama clay mask adalah kaolin dan bentonit.Selain digunakan untuk merawat kulit berminyak, masker jenis ini juga dapat membersihkan kulit dari kotoran dan sel kulit mati, serta mengatasi dan mencegah timbulnya jerawat dan flek yang merupakan permasalahan umum pada pemilik kulit berminyak.


Baca Juga ini: Cara Menghilangkan Stres Pikiran Kamu Wajib Tahu


Bersihkan wajah sebelum menggunakan masker tanah liat. Lalu oleskan masker tersebut secara tipis pada wajah dan leher. Biarkan masker selama sekitar 15 menit atau sampai kering. Kemudian bersihkan masker dengan kain atau spons yang dibasahi air hangat. Anda bisa menggunakan masker tanah liat minimal 1-2 kali seminggu.


8. Eksfoliasi


Scrub wajah dapat digunakan untuk mengangkat sel kulit mati dan kotoran yang menempel di permukaan kulit. Selain itu, scrub ini juga dapat membantu mengatasi permasalahan umum orang yang memiliki kulit berminyak, seperti pori-pori membesar dan tersumbat.Wajah berminyak dapat diatasi dengan menggunakan produk yang mengandung beta-hydroxy acid (BHA) sebagai chemical exfoliant. BHA dapat membersihkan minyak hingga ke dalam pori-pori dan folikel rambut sehingga pori-pori menjadi bersih dan minyak pada wajah pun ikut terangkat. 


Salah satu jenis BHA yang banyak digunakan adalah asam salisilat.Untuk eksfoliasi kulit berminyak, tuangkan 1-2 tetes produk eksfoliasi ke kapas dan usapkan kapas ke wajah yang sudah dibersihkan. Anda bisa melakukan eksfoliasi minimal 1-2 kali seminggu.


Selain beberapa cara mengatasi wajah berminyak di atas, sebaiknya Anda juga merawat kulit wajah berminyak dengan menerapkan pola hidup sehat, seperti menghindari makanan kaya gula dan terlalu berlemak.Namun jika perawatan wajah dengan minyak di atas belum cukup efektif untuk mengatasi penyakit Anda, jangan ragu untuk berkonsultasi dengan dokter untuk mendapatkan perawatan wajah yang sesuai dengan kondisi kulit Anda..

Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Cara Mengatasi Wajah Berminyak

Terkini

Iklan