Pengertian Sistem Ekonomi Tradisional

Ekonomi Tradisional

Penerapan sistem perekonomian dalam suatu negara dipengaruhi oleh faktor internal dan eksternal. Faktor internal dapat berupa sumber daya manusia, sumber daya alam, letak geografis, dan kondisi fisik. Pada saat yang sama, faktor eksternal dapat mencakup keamanan global, politik dunia, kondisi ekonomi global, dan perkembangan teknologi.

Selanjutnya kita akan mempelajari beberapa sistem yang ada di dunia. Berikut ini beberapa di antaranya:

Pengertian Sistem Ekonomi Tradisional

Sistem ekonomi tradisional merupakan sistem paling konvensional yang memiliki dua unsur utama yaitu penghormatan terhadap tradisi dan minimal sampah. Sistem perekonomian tradisional sendiri identik diterapkan pada masyarakat pedesaan dan hasil perekonomiannya berupa pertanian.Pertukaran barang dijadikan sebagai cara berdagang, karena hasil alam dan tenaga manusia merupakan modal dasar masyarakat pada saat itu. 

Dalam sistem perekonomian tradisional, pemerintah tidak terlibat langsung dalam kegiatan perekonomian, hanya berperan sebagai pengawas ketertiban. Tujuan utama dari sistem ekonomi ini sendiri hanya untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari masyarakat, bukan untuk mencari keuntungan.

Kegiatan ekonomi masih berkaitan dengan tradisi dan budaya. Cara produksi yang digunakan masih sangat sederhana dan tanpa struktur kerja, serta belum menggunakan fasilitas, teknologi dan hal-hal yang menjadi simbol kemajuan secara terpusat.Setiap anggota perekonomian tradisional mempunyai peranan tertentu, sehingga setiap anggota manusia adalah. hubungan dekat Ketika para pebisnis awam menggunakan sistem ekonomi ini, mereka harus berusaha agar usahanya tidak terhenti atau terhenti. Berikut beberapa kelebihan sistem ekonomi tradisional:.

Posting Komentar untuk "Pengertian Sistem Ekonomi Tradisional"