10 Pengertian Ilmu Ekonomi Menurut Para Ahli

Pengertian Ilmu Ekonomi

Ilmu ekonomi merupakan ilmu yang berkaitan dengan segala aktivitas manusia untuk memenuhi kebutuhan hidupnya sehari-hari.

Berikut beberapa pengertian ilmu ekonomi dari berbagai sumber, baik secara umum maupun menurut para ahli.

Menurut KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia) Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), ilmu ekonomi adalah suatu disiplin ilmu yang menitikberatkan pada prinsip-prinsip perekonomian. produksi. , distribusi, penggunaan barang atau kekayaan.Kekayaan yang direferensikan mencakup uang, bisnis, atau keseluruhan industri. Juga hal-hal yang berkaitan dengan uang, tenaga, penggunaan waktu dan lain sebagainya.Selain itu, menurut KBBI, perekonomian juga berkaitan dengan perekonomian nasional. Yang dimaksud dengan ekonomi di sini adalah seluruh aturan atau tata cara perekonomian (industri dan bisnis).Ekonomi juga terlibat dalam perekonomian rumah tangga, artinya organisasi atau negara.

Menurut para ahli

Di bawah ini beberapa definisi ilmu ekonomi menurut para ahli:

1 . Aristoteles

Aristoteles berpendapat bahwa ilmu ekonomi merupakan salah satu cabang ilmu yang dapat digunakan dalam dua cara, yaitu sebagai cara untuk menjadi lebih baik dan sebagai cara untuk bertukar barang. (Nilai pakai dan nilai tukar).

2. Adam Smith

Menurut Adam Smith, ilmu ekonomi adalah ilmu sistematis yang mempelajari perilaku masyarakat dalam upayanya mengalokasikan sumber daya yang terbatas untuk mencapai tujuan tertentu.

3. M. Manullang

M.Manullang, ilmu ekonomi adalah ilmu yang mempelajari bagaimana keinginan seseorang atau masyarakat dapat dipenuhi untuk mencapai kekayaan. Kemakmuran adalah keadaan dimana masyarakat dapat memenuhi kebutuhannya baik berupa barang maupun jasa.

4. Von Neumann dan Mogenstern

Ilmu ekonomi merupakan suatu disiplin ilmu yang akan sangat disayangkan jika digunakan secara tidak ilmiah. Karena para pemimpin dilibatkan dalam menyelesaikan permasalahan yang muncul saat itu.

5. Oleh Richard G. Lipsey

Richard G. Lipsey berpendapat bahwa ekonomi adalah ilmu yang mempelajari penggunaan sumber daya yang langka dalam media yang tidak terbatas.

6. Khursid Ahmad

Ilmu ekonomi adalah upaya sistematis untuk memahami permasalahan ekonomi dan perilaku manusia dalam kaitannya dengan permasalahan tersebut dari sudut pandang Islam.

7. Abraham Maslow

Abraham Maslow berpendapat bahwa ilmu ekonomi merupakan ilmu yang berguna untuk menyelesaikan berbagai permasalahan kehidupan manusia.Permasalahan disini tentunya adalah permasalahan ilmu ekonomi menurut prinsip dan teori yang efektif dan efisien.

8.  John Stuart Mill

John Stuart Mill, seorang filsuf empiris terkenal di Inggris, berpendapat bahwa ilmu ekonomi adalah cabang ilmu praktis atau praktis yang mempelajari aspek pemukiman dan konsumsi. Juga dari aktivitas produksi dan distribusi kekayaan.

9.  Amwal

Menurut Amwal, ilmu ekonomi adalah ilmu menentukan keputusan yang efisien. Keputusan ini dibuat untuk mengelola sumber daya yang tersedia. Kegiatan tersebut dilakukan untuk memenuhi kebutuhan individu atau masyarakat..