Kelebihan dan Kekurangan Sistem Ekonomi Tradisonal

Kelebihan dan Kekurangan Sistem Ekonomi Tradisonal

Kelebihan sistem ekonomi tradisional:

  1. Tujuan sistem ekonomi ini adalah untuk memenuhi kebutuhan hidup, bukan untuk mencari keuntungan. Jadi mempunyai karakter kekeluargaan yang sangat erat. Padahal ciri kekeluargaan ini biasanya hanya terjadi di antara orang-orang yang sudah saling kenal sejak lama. Ciri khas dari karakter kekeluargaan yang kuat ini adalah fenomena hutang dan tagihan. Karena setiap anggota yang berpartisipasi merasa bahwa margin mereka bias, maka timbullah fenomena hutang dan klaim.
  2. Jarang sekali ada yang dikhianati atau dijebak demi kepentingan yang lain. Karena bersifat kekeluargaan, risiko persaingan tidak sehat juga dapat diminimalisir pada berbagai jenis unit usaha yang ada. Persaingan tidak sehat merupakan suatu kegiatan yang dapat merugikan banyak pihak. Namun karena aktivitas produksi pada sistem perekonomian tradisional sangat terbatas, maka persaingan tidak sehat dapat dihindari.
  3. Ketimpangan ekonomi rendah karena distribusi pendapatan cukup merata.
  4. Pemerintah hanya berperan sebagai pengendali dan tidak melakukan monopoli.

Kekurangan sistem ekonomi tradisional:

  1. Sulit untuk memprediksi kualitas dan kuantitas produksi, sehingga pada akhirnya akan terjadi standardisasi karena berbasis pada produk alami.
  2. Efisiensi kerja yang rendah, karena tidak adanya struktur kerja yang jelas, sehingga seluruh aktivitas yang dilakukan tidak dipantau dan dievaluasi dengan baik. Tidak hanya itu efisiensi kerja juga mempunyai dampak yang cukup besar terhadap tingkat kesejahteraan masyarakat, dimana jika efisiensi rendah berarti tingkat kesejahteraan masyarakat juga rendah. Justru sebaliknya.
  3. Pertumbuhan ekonomi terjadi sangat lambat karena berbeda dengan sistem ekonomi liberal, sistem ekonomi tradisional berjalan apa adanya, sehingga tidak inovatif dan biasanya berkembang. Hal ini juga disebabkan oleh pola pikir masyarakat dalam sistem ekonomi tradisional yang biasanya sulit menerima perubahan..