Cara Menenangkan Hati Dan Pikiran Menurut Islam

 

Sebagai umat muslim semoga Tuhan selalu memberkati kita, kita harus selalu bisa menerima bahwa hati dan pikiran yang tenang adalah bagian dari kehidupan.Hati dan pikiran yang tenang bisa disebabkan oleh banyak hal, seperti masalah di tempat kerja atau di sekolah atau masalah. dalam cinta.Hati dan pikiran yang merasa gelisah tidak boleh dibiarkan begitu saja. Seiring berjalannya waktu, hal tersebut tidak hanya dapat mengganggu kesehatan fisik dan mental, tetapi juga iman dan ibadah.Cobaan dari Allah SWT. Hal-hal yang mengkhawatirkan hati dan pikiran harus dihadapi dengan ikhlas dan keterbukaan.

Islam mengajarkan banyak cara untuk menenangkan hati dan pikiran, salah satunya adalah berdoa kepada Allah SWT. Dengan demikian anda dapat menenangkan hati dan pikiran sesuai ajaran Islam

Cara menenangkan hati dan pikiran menurut ajaran Islam

1. Bersabar

Cara menenangkan hati dan pikiran yang pertama adalah dengan bersabar. Ya, Islam memang mengajarkan umatnya untuk bersabar dalam segala situasi. Sabar bukan berarti menyerah, tapi itu cara yang benar untuk mengendalikan diri.Urutan tangan dijelaskan dalam firman Allah SWT. melalui surat Al-Baqarah ayat 177 sebagai berikut:

Artinya: "Dan orang yang sabar dalam kemelaratan, penderitaan, dan pada masa peperangan. Mereka itulah orang-orang yang benar, dan mereka itulah orang-orang yang bertakwa." (QS. Al-Baqarah: 177)

2. Bersabar

Umat Islam tidak hanya sabar, mereka juga bisa menenangkan hati dan pikiran melalui doa. Selain menunaikan shalat wajib, umat Islam juga dapat melengkapinya dengan shalat Sunnah.

3. Doa kepada Allah SWT.

Islam memerintahkan umatnya untuk selalu berdoa kepada Allah SWT. mustahil Senang atau sedih. Sebesar apapun usaha manusia, tanpa pertolongan Allah SWT. Cita-cita tersebut tidak dapat terwujud.Saat umat Islam merasa resah. Sholat menjadi solusi yang kembali menenangkan hati dan pikiran.Surat perintah sholat dijelaskan dalam hadits riwayat Muslim berikut ini:

"Keadaan paling dekat seorang hamba dari Rabbnya adalah ketika dia sujud. Maka perbanyaklah doa (saat sujud)." (HR. Muslim)

4. Berwudu

Wudu merupakan wudhu yang diajarkan dalam agama Islam, yang biasanya dilakukan ketika seseorang hendak melaksanakan salat. Namun mencuci tidak hanya dilakukan sebelum membuat salad saja.Bermain mencuci juga bisa dilakukan saat hati dan pikiran sedang tidak tenang atau gelisah. Dengan berwudhu, Anda dapat meringankan iritasi akibat kena air.Anjuran berwudhu saat hati dan pikiran sedang tidak tenang dijelaskan dalam sebuah hadits riwayat Athiyyah as-Sa'di ra, Rasulullah . perdamaian untuk berada di atasnya dikatakan:

"Sesungguhnya amarah itu dari setan dan setan diciptakan dari api. Api akan padam dengan air. Apabila salah seorang dari kalian marah, hendaknya berwudu."

5. Berprasangka baik kepada Allah SWT

Cara menenangkan hati dan pikiran menurut ajaran Islam selanjutnya adalah berprasangka baik kepada Allah SWT. Dimana dalam Islam disebut husnudzon.Sebagai umat Islam hendaknya kita selalu husnudzon kepada Allah SWT. dalam keadaan apa pun, meski pikiran dan hati sedang tidak tenteram.Allah Swt. yang mempunyai kekuasaan penuh untuk memutuskan segala sesuatu, termasuk segala sesuatu yang terjadi dalam kehidupan setiap orang. Baik atau buruknya semua sesuai dengan kehendak Allah SWT.

Hal ini dijelaskan dalam Hadits Abu Hurairah ra yang disaksikan Nabi Muhammad SAW. berkata:

"Allah Ta'ala berfirman, 'Aku tergantung persangkaan hamba-Ku kepada-Ku'."

6. Dzikir

Ketika hati dan pikiran seorang muslim sedang tidak tenang, cobalah untuk berdzikir. Saat ini Anda bisa mendekatkan diri kepada Allah SWT. dan mengingat-Nya.Dengan berdzikir anda dapat menenangkan hati dan pikiran. Hal ini sebagaimana firman Allah SWT dalam surat Al-Baqarah ayat 152:

Artinya: "Maka ingatlah kepada-Ku, Aku pun akan ingat kepadamu. Bersyukurlah kepada-Ku, dan janganlah kamu ingkar kepada-Ku." (Al-Baqarah: 152).

7. Membaca Al-Qur'an

Islam mengajarkan umatnya untuk tidak lupa membaca Al-Qur'an. Sekalipun hati dan pikiran Anda tidak tenang, bacalah Al-Quran. Kamu bisa menenangkan dan menyejukkan hati dengan membaca Al Quran.

Artinya: "Dan demikianlah Kami wahyukan kepadamu (Muhammad) ruh (Al-Qur'an) dengan perintah Kami. Sebelumnya engkau tidaklah mengetahui apakah Kitab (Al-Qur'an) dan apakah iman itu, tetapi Kami jadikan Al-Qur'an itu cahaya, dengan itu Kami memberi petunjuk siapa yang Kami kehendaki di antara hamba-hamba Kami. Dan sungguh, engkau benar-benar membimbing (manusia) kepada jalan yang lurus,” (QS. Asy-Syura: 52).

8. Selalu bersyukur kepada Allah Swt

Menurut ajaran Islam terbaru, cara menenangkan hati dan pikiran adalah dengan selalu bersyukur kepada Allah Swt, mengingat Allah Swt. telah berbuat banyak kebaikan kepada setiap hambanya.Bahkan lebih dari kegelisahan yang kita rasakan. Sebagaimana dijelaskan dalam Hadits Rasulullah Abu Hurairah r.a, saw. berkata:

"Lihatlah kepada orang-orang yang lebih rendah daripada kalian, dan janganlah kalian melihat kepada orang-orang yang berada di atas kalian, karena yang demikian itu lebih patut bagi kalian supaya kalian tidak meremehkan nikmat Allah yang telah dianugerahkan kepada kalian."