Cara Agar Rambut Cepat Panjang Dalam 1 Minggu

 

Bagi sebagian wanita, memiliki rambut panjang yang indah bisa meningkatkan rasa percaya diri. Pasalnya, rambut hitam panjang mengkilat kemungkinan besar menggambarkan wanita yang anggun dan feminim. Tak heran jika banyak wanita yang mencari cara menumbuhkan rambut dalam seminggu. Rambut secara alami hanya tumbuh sekitar 2 cm setiap 30 hari. Menumbuhkan rambut panjang tentunya juga membutuhkan kesabaran.

Cara Menumbuhkan Rambut Dalam 1 Minggu

Sayangnya, saat ini belum ada produk perawatan rambut yang bisa membuat rambut Anda tumbuh lebih panjang secara instan. Namun, ada beberapa langkah yang bisa Anda coba untuk merangsang rambut dalam satu minggu. Saya kutip Alodokter.com, begini cara merangsang pertumbuhan rambut dalam seminggu.

1.Pangkas ujung rambut Anda.

Memangkas bagian ujung rambut ternyata bisa membuat rambut tumbuh kembali lebih cepat. Logikanya, memotong rambut pasti akan membuatnya menjadi lebih pendek, namun ternyata justru sebaliknya.Hal ini karena memangkas ujung rambut secara teratur dapat meningkatkan pertumbuhan rambut. Hal ini dikarenakan ujung rambut sering rusak dan patah. Jika rambut rusak dan bercabang dibiarkan tumbuh panjang, akibatnya adalah kekeringan yang mengganggu rambut dan rambut menjadi tidak indah lagi.

Disarankan untuk memotong ujung rambut dengan panjang sekitar 1 cm setiap 10-12 minggu. Tujuan dari operasi ini adalah untuk mencegah tumbuhnya ujung rambut bercabang.

2. Jangan menyisir rambut Anda saat basah.

Menyisir rambut saat masih basah tidak disarankan. Hal ini dikarenakan rambut yang masih basah mudah rusak dan melemah. Menyisir rambut basah juga bisa merusak. Untuk mendapatkan rambut panjang dan berkilau, sebaiknya juga jangan terlalu sering menggunakan pengering.Penyebabnya, panas yang dihasilkan alat ini juga mudah merusak rambut. Anda juga harus selektif dalam memilih sisir. Gunakan sisir yang sesuai dengan jenis rambut Anda dan pastikan tidak menarik terlalu keras atau menyebabkan rambut rontok.

3. Hindari produk kimia.

Cara menumbuhkan rambut selanjutnya adalah dengan mengurangi penggunaan bahan kimia dalam perawatan rambut. Umumnya wanita tergoda untuk melakukan berbagai perawatan rambut seperti bleaching, pewarnaan dan perawatan kimia lainnya. Perawatan kimia justru bisa memperlambat pertumbuhan rambut dan membuat rambut mudah rusak dan kering.

4. Pijat kulit kepala Anda secara teratur.

Cara menumbuhkan kulit kepala dengan cepat. Anda dapat merangsang rambut dengan memijat kulit kepala secara teratur. Dengan cara ini Anda bisa menumbuhkan rambut dengan cepat setidaknya tiga kali seminggu.Memijat kulit kepala membantu meningkatkan sirkulasi darah di kulit kepala sehingga mempercepat proses pertumbuhan rambut. Pijat kepala tidak selalu harus dilakukan di salon. Anda bisa melakukan ini di rumah saat mencuci rambut. Pijat kulit kepala dengan lembut selama tiga hingga lima menit. Memijat kulit kepala juga dapat menghilangkan kotoran penyebab jamur atau ketombe.

5. Gunakan produk khusus.

Ada beberapa produk perawatan rambut yang diklaim bisa membuat rambut Anda tumbuh lebih panjang. Secara umum, berbagai produk khusus menumbuhkan rambut dalam seminggu mengandung mikroprotein dan emolien. Kedua senyawa ini dipercaya dapat meningkatkan pertumbuhan rambut tanpa membuatnya kering dan keriting.

6. Masker santan Bahan hair extension selanjutnya adalah santan murni.

Santan murni bisa dijadikan masker rambut, santan tidak hanya mempercepat pertumbuhan rambut, tapi juga membuat rambut lebih gelap dan berkilau alami. Santan yang digunakan haruslah santan murni, bukan santan larut.Caranya cukup sederhana, santan yang sudah dipanaskan bisa dipijat-pijat ke kulit kepala dan didiamkan selama 20-30 menit. Lalu, cuci sisa santan pada rambut dan keramas.

7. Minyak Zaitun

Minyak zaitun juga bisa digunakan untuk perawatan rambut. Minyak jenis ini memiliki banyak manfaat untuk wajah. Bahkan, minyak zaitun juga bermanfaat untuk menutrisi rambut. Minyak zaitun mengandung omega 3, 6, 9 dan masih banyak vitamin lainnya yang dapat menjaga kesehatan rambut secara keseluruhan.

8. Minyak Kemiri

Khasiat minyak kemiri untuk rambut sangat serbaguna, salah satunya adalah meningkatkan kekuatan rambut dari akar hingga ujung. Pasalnya, minyak jarak mengandung berbagai nutrisi dan asam lemak sehat yang bermanfaat menjaga kesehatan rambut. Kandungan vitamin, mineral, dan asam lemak yang terdapat pada minyak kemiri juga dapat berkontribusi dalam mempercepat pertumbuhan rambut. Manfaat tersebut akan diperoleh secara optimal bila Anda rutin mengoleskan minyak kemiri pada rambut.

9. Konsumsi kafein

Selain meningkatkan vitalitas, ternyata kafein juga diketahui dapat merangsang pertumbuhan rambut sehingga membuatnya lebih panjang. Studi tersebut menemukan bahwa kafein dapat merangsang pertumbuhan rambut baru pada tingkat molekuler, seluler, dan organ. Efek ini bisa dirasakan baik oleh pria maupun wanita.

10. Jaga pola hidup sehat

Nampaknya pengendalian pola makan menjadi hal yang perlu Anda perhatikan jika ingin menumbuhkan rambut dengan cepat. Dengan pola makan seimbang, tubuh mendapat semua vitamin penguat rambut, seperti biotin, asam folat, dan vitamin A, C, D, dan E. Terutama vitamin E yang terbukti memiliki banyak manfaat untuk pria, misalnya. kemampuan untuk mempercepat pertumbuhan rambut. Sebuah studi tahun 2010 yang diterbitkan dalam jurnal Tropical Life Sciences menemukan bahwa partisipan yang mengonsumsi 100 mg campuran tokotrienol mengalami lebih banyak kerontokan rambut dibandingkan kelompok plasebo.