Cara Agar Baterai HP Tidak Cepat Habis

 

Masalah umum yang dihadapi pengguna ponsel pintar adalah baterai yang bocor. Akibatnya, ponsel harus sering diisi dayanya dan waktu terbuang percuma.Pemilik ponsel Android punya beberapa cara sederhana agar baterainya awet berjam-jam. Anda tidak perlu terus mengisi daya ponsel Anda.

Berikut sobat Betuah.id ringkasannya :

1. Menonaktifkan Layar selalu aktif

Layar merupakan bagian yang sering menghabiskan daya, termasuk penggunaan layar selalu aktif, yaitu fitur yang menampilkan informasi tanpa membangunkan ponsel. Fitur ini menghabiskan 1,5% baterai per jam.Jadi sebaiknya nonaktifkan fitur ini untuk menghemat baterai. Caranya buka Setelan > Tampilan dan Kecerahan > matikan "selalu aktif".

2. Aktifkan Kecerahan Adaptif

Setelan ini juga memperpanjang masa pakai baterai. Kewin Charron dari BackMarket menjelaskan bahwa menurunkan kecerahan hingga 50% dapat menghemat masa pakai baterai. Ia juga mengingatkan Anda untuk tidak memaksakan diri melihat layar dalam kondisi cahaya buruk.Anda dapat menyesuaikan kecerahan dengan membuka Setelan > Tampilan > mengaktifkan kecerahan layar otomatis atau kecerahan adaptif.

3. Gunakan Wi-Fi sebagai pengganti GPS

Anda dapat mengganti lokasi Wi-Fi dan Bluetooth. Jadi jangan percaya dengan GPS yang dikatakan memakan daya tahan baterai lebih lama.Selain itu, Anda juga akan mengaktifkan mode hemat daya yang secara otomatis akan menempatkan ponsel Anda dalam mode gelap. Untuk melakukannya, buka Setelan > Baterai > Hemat daya.

4. Gunakan baterai adaptif

Jumlah aplikasi yang berjalan di latar belakang memengaruhi masa pakai baterai. Aplikasi yang jarang digunakan harus dinonaktifkan.Selain itu, mengaktifkan Baterai Adaptif dapat mengoptimalkan kinerja baterai berdasarkan penggunaan ponsel dan aplikasi. Untuk mengaktifkannya, buka Setelan > Baterai > Baterai adaptif.

5. Jangan biarkan baterai terkuras dan overcharge

Kebiasaan menguras baterai ponsel hingga habis atau terus-menerus mengisi daya juga tidak baik. Tindakan ini akan mengurangi masa pakai baterai dengan cepat.Jaga level baterai antara 20% dan 80%. Selain itu, Anda juga dapat menggunakan fitur pengelolaan baterai dengan memilih Setelan > Baterai > aktifkan pengelolaan baterai..