Cara Membuat Wajah Cerah Alami


Bagi sebagian orang, wajah putih merupakan dambaan. Namun warna alami kulit wajah berkaitan dengan genetika. Orang yang secara genetik berkulit gelap atau coklat, seperti kebanyakan orang Indonesia, tidak bisa seputih orang Barat atau Korea. Oleh karena itu, cara memutihkan wajah secara alami yang dibahas dalam artikel ini tidak khusus berkaitan dengan warna putih, melainkan cara mendapatkan wajah yang bersih, cerah, dan sehat.

Bahan alami untuk mencerahkan wajah

Indonesia bisa. dikatakan sebagai gudangnya pengobatan alami, termasuk memberikan kilau pada wajah. Ada banyak tanaman herbal, buah-buahan dan sayur-sayuran yang mempunyai kandungan yang bermanfaat untuk mencerahkan wajah dan mudah didapat. Berikut ini beberapa di antaranya:

1. Tomat

Tomat mengandung likopen, yang melindungi kulit dari sinar matahari dan membantu mengurangi warna gelap akibat sinar matahari dengan cepat.

2. Lemon

Lemon kaya akan vitamin C yang terbukti efektif mengurangi noda dan flek hitam pada wajah.

3. Kunyit

Kunyit mengandung kurkumin yang kuat sebagai antioksidan dan antiinflamasi. Kurkumin mampu menghilangkan radikal bebas berbahaya yang dapat merusak kulit. Kurkumin juga dapat meningkatkan produksi kolagen dan menjaga kulit tetap lembut dan berkilau.

4. Pepaya

Buah tropis ini mengandung enzim yang berfungsi sebagai exfoliant lembut yang dapat mengelupas lapisan atas sel kulit mati di wajah dengan lembut sehingga membuat kulit lebih cerah.

5. Madu

Madu adalah pelembab alami yang menjaga kulit tetap terhidrasi. Madu juga dapat menutupi flek hitam pada kulit.

6. Mawar

Mengenakan bunga mawar dapat menguatkan kulit dan meredakan iritasi kulit dengan menjaga kelembapan kulit wajah.

7. Tepung besan

Tepung besan atau (tepung gram) merupakan eksfoliator yang efektif untuk mengangkat sel kulit mati dan tidak menyebabkan iritasi atau luka. Kulit tampak lebih cerah seiring regenerasi sel-sel baru.

8. Air Kelapa Muda

Air kelapa muda mempunyai sifat antijamur dan antibakteri yang bermanfaat sebagai pemutih wajah.

9. Minyak kelapa

Untuk kulit yang terlalu jenuh, minyak kelapa dapat mengunci kelembapan kulit dan menutrisinya dengan asam lemak esensial.

10. Lidah buaya

Gel lidah buaya dapat menjaga kesehatan dan menyembuhkan kulit rusak, menjadikan kulit lebih muda dan cerah secara alami.

11. Mentimun

Mentimun dapat membuat kulit lebih segar dan cerah karena kandungan anti oksidannya.

12. Minyak zaitun

Flavonoid dan polifenol dalam minyak zaitun dapat melindungi kulit dari radikal bebas dan mencegah kerusakan kulit. Minyak zaitun juga merupakan pelembab alami yang sangat baik untuk kulit.

13. Teh hijau

Teh hijau membantu melindungi kulit dari radiasi ultraviolet, mengurangi peradangan dan memperlambat penuaan kulit.

14. Minyak hati ikan kod

Minyak hati ikan kod mengandung banyak asam lemak omega-3, vitamin A dan D, serta asam eicosapentaenoic (EPA) dan asam docosahexaenoic (DHA), yang sangat penting untuk menjaga kesehatan dan kecantikan kulit.

15 . Wortel

Antioksidan dalam wortel dapat membantu membersihkan tubuh dari radikal bebas. Beta-karoten dan vitamin A pada wortel juga dapat meningkatkan tekstur dan kesehatan kulit.

16. Saffron

Banyak orang di seluruh dunia telah lama menggunakan rempah ini untuk menjaga kulit mereka tetap bersih dan bersinar alami karena banyaknya bahan yang bermanfaat bagi kulit.

17. Susu

Susu segar tanpa bahan tambahan banyak mengandung protein, kalsium, dan vitamin C yang baik untuk kulit. Cleopatra konon menggunakan campuran susu dan madu untuk menjaga kecantikan wajahnya.

18. Pisang

Pisang kaya akan vitamin A, B, C, dan E, serta mineral seperti potasium, yang dapat menutrisi dan memperbaiki kulit, menjadikannya bersinar dan lembut.

Cara Mencerahkan Kulit Secara Alami

Jika Anda memiliki bahan-bahan di atas, Anda bisa mencoba mencerahkan wajah atau mencerahkan secara alami. Untuk hasil yang lebih baik, Anda dapat menggunakannya secara terpisah atau mencampurkan beberapa bahan menjadi satu.Paling sering bahan-bahan ini dicampur dengan madu.

Misalnya, campurkan setengah atau satu sendok teh bubuk kunyit dengan madu atau air hingga mengental. Jika adonan sudah cukup kental, oleskan campuran tersebut pada wajah sebagai masker dan diamkan selama 15-20 menit, lalu bilas dengan air bersih. Caranya bisa dilakukan 1-2 kali dalam seminggu.Bisa juga dicampur dengan gel lidah buaya, lalu pijat secara merata pada wajah dan leher. Diamkan selama 20 menit, lalu bilas dengan air hangat dan keringkan dengan kain lembut.

Selain itu, madu dapat digunakan bersama perasan lemon untuk memijat wajah.Minyak kelapa dapat dipijat dengan gerakan memutar, pijat ringan langsung pada wajah dan leher. Gunakan minyak ini tepat sebelum tidur lalu bilas di pagi hari dan saat mandi. Bahan lain yang bisa dioleskan langsung ke wajah adalah timun dengan cara dipotong atau diperas. Meskipun risikonya umumnya kecil, sebaiknya konsultasikan dengan dokter kulit sebelum menggunakan bahan-bahan ini agar aman, karena jenis kulit tertentu mungkin mengalami efek samping atau penurunan efektivitas.