Iklan

terkini

Definisi Pengertian Ekonomi

, Januari 15, 2024 WIB

Ekonomi

Ekonomi adalah ilmu yang mempelajari perilaku manusia dalam memilih dan menciptakan kekayaan. Inti permasalahan ekonomi adalah ketidakseimbangan antara kebutuhan umat manusia yang tidak terbatas dan terbatasnya sumber daya untuk memenuhi kebutuhan tersebut. Masalah inilah yang kemudian menimbulkan kekurangan (dalam bahasa Inggris: scarcity).

 

Adam Smith dikenal sebagai bapak ilmu ekonomiKata "ekonomi"; sendiri berasal dari kata Yunani οἶκος (oikos), yang berarti "keluarga, rumah tangga"; dan νόμος (nomos) atau "aturan, aturan, hukum" dan quot; dan secara luas didefinisikan sebagai "peraturan rumah tangga"; atau "rumah tangga.danquot; 

 

Sementara itu, ekonom berarti orang yang menggunakan konsep dan data ekonomi dalam pekerjaannya..

 

Secara umum, topik ekonomi dapat dibagi dalam beberapa cara berbeda, yang paling terkenal adalah mikroekonomi versus makroekonomi.


Baca Juga : Hakikat Ilmu Pengetahuan Dan Metode Ilmiah


Definisi Lain Ekonomi Menurut Para Ahli


Abraham Maslow

 
Pengertian Ekonomi adalah suatu bidang keilmuan yang akan menyelesaikan permasalahan kehidupan manusia melalui penggemblengan seluruh sumber ekonomi yang ada berdasarkan pada prinsip dan teori dalam suatu sistem ekonomi yang dianggap efektif dan efisien.

Adam Smith

 
Pengertian Ekonomi adalah penyelidikan tentang suatu keadaan dan sebab adanya kekayaan negara.

John Stuart Mill


Pengertian ilmu ekonomi adalah ilmu praktis yang mempelajari tentang pengeluaran dan penagihan.

Baca Juga : Cara Cerdas Menghitung Pendapatan Per Kapita Suatu Negara


Moh. A Safaudin

 
Pergertian Ilmu Ekonomi adalah Sebagai Wadah Seorang atau sekumpulan manusia mempelajari dan memanfaatkan Sumber-sumber terbatas berdasarkan Kesejahteraan dan kemakmuran bersama yang lebih efektif dan efisien Menurut prinsip Ekonomi.


Baca Juga : Daftar 7 Aplikasi Desain Grafis Terbaik dan Terpopuler!


Paul A. Samuelson,

 
Pengertian Ekonomi adalah ragam cara yang digunakan oleh seorang atau sekumpulan manusia dalam memanfaatkan sumber-sumber terbatas untuk mendapatkan berbagai macam produk dan komoditi serta mendistribusikannya agar bisa dikonsumsi oleh masyarakat banyak.

Hermawan Kartajaya,

 
Pengertian Ekonomi adalah Wadah dimana sektor industri melekat di atasnya.


Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Definisi Pengertian Ekonomi

Terkini

Iklan