Iklan

terkini

Cara Mengurus SIM Hilang Secara Online Dengan Mudah

, Januari 16, 2024 WIB

 

SIM

Panduan Canggih dan Kreatif untuk Mengurus SIM Hilang Secara Online - Di era digitalisasi di Indonesia, pengurusan dokumen resmi seperti SIM semakin beralih ke ranah online. Salah satu hal prosedur yang bia dilakukan melalui secara online adalah pengurusan SIM yang hilang. Pendekatan ini memberikan kemudahan, kecepatan, dan efisiensi tanpa perlu menghadapi antrian di kantor polisi.

Meskipun pada tahap tes dalam pembuatan SIM masih ada hal yang perlu kehadiran langsung, akan tetapi proses perpanjangan SIM dan penggantianya dapat dilakukan melalui registrasi secara online. Dengan demikian, semua masyarakat dapat memanfaatkan beberapa cara terbaru dan mudah dalam mengurus SIM yang hilang secara online.

Proses ini mencerminkan sebuah kemajuan dalam memanfaatkan teknologi dalam menyederhanakan pengurusan dokumen resmi, memberikan kenyamanan, dan meminimalkan kerumitan dalam kehidupan sehari-hari masyarakat.

Untuk memanfaatkan teknologi dalam mengurus SIM yang hilang secara online, berikut ini kami paparkan cara dan penjelasannya dengan lengkap:

1. Registrasi di Situs Korlantas

 

Informasi mengenai pengurusan SIM hilang sudah bisa didapatkan melalui situs resmi, sehingga para pemohon tidak perlu antre untuk melakukan registrasi pendaftaran di lokasi Satpas terdekat atau kantor kepolisian. Registrasi yang bisa dilakukan melalui situs resmi termasuk pembuatan SIM baru, perpanjangan SIM, pengalihan golongan, perubahan data, dan penggantian SIM yang rusak atau hilang.

2. Mengisi Data Nomor SIM

 

Langkah yang paling penting ketika SIM hilang adalah mengetahui informasi dari SIM sebelumnya. Apabila tidak ada fotokopi SIM, solusinya adalah menggunakan foto SIM yang tersimpan di ponsel. Selain hal itu, penting juga untuk selalu mempunyai dokumentasi seperti foto SIM pribadi.

Proses pendaftaran dan pengisian data dalam pengurusan SIM yang hilang dapat dilakukan dengan syarat adanya koneksi internet. Dalam situasi hal ini, pemohon mungkin akan dimintai untuk melampirkan surat kehilangan. Untuk memastikan kelancaran dalam proses, disarankan untuk agar tetap menyimpan bukti kehilangan atau kerusakan SIM agar dapat mempercepat proses penggantian tanpa perlu bolak-balik.

3. Melakukan Pembayaran di ATM BRI

 

Setelah selesai berhasil melakukan registrasi dan mengisi data diri, pembayaran bisa dilakukan dengan mudah melalui ATM atau EDC BRI. Tidak perlu lagi mengantri di loket pembayaran, menjadikan seluruh proses menjadi lebih praktis dan nyaman. Setelah pembayaran selesai, tahap selanjutnya dalam pengurusan SIM akan dialihkan ke ranah offline yang melibatkan verifikasi data secara fisik.

4. Pilih Jadwal Pengambilan SIM

 

Setelah melakukan proses pembayaran, pemohon dapat memilih jadwal pengambilan SIM sesuai dengan ketersediaan waktu di sela-sela aktivitas. Waktu pengambilan dapat dipilih melalui kalender dengan waktu dan tempat yang diinginkan pemohon.

5. Datang ke Lokasi Pengambilan

 

Tahap terakhir harus dilakukan secara langsung di lokasi Satpas atau SIM Keliling. Tahap pengambilan SIM melibatkan verifikasi data diri dan pengambilan foto terbaru untuk SIM yang akan diambil. Perlu di ingat Pastikan untuk selalu membawa dokumen fisik seperti surat kehilangan, KTP, fotokopi KTP, dan fotokopi SIM (jika ada). Proses verifikasi juga akan melibatkan pengambilan sidik jari, tanda tangan, dan pemeriksaan identitas.

Persyaratan dan Dokumen untuk Mengurus SIM Hilang

 

Persyaratan untuk mengurus SIM hilang antara lain: KTP asli dan fotokopi, foto barang yang hilang, BPKB, dan STNK sebagai dokumen pendukung. Adapun dokumen yang perlu disiapkan termasuk surat kehilangan dari kantor kepolisian terdekat, fotokopi SIM yang hilang (opsional, jika ada), KTP asli dan salinannya, serta surat keterangan sehat jasmani dan rohani yang dikeluarkan oleh dokter.

Biaya Mengurus atau Cetak Ulang SIM Hilang

 

Biaya dalam pengurusan surat kehilangan SIM di Indonesia adalah sebesar Rp 80.000, berlaku untuk semua kategori SIM, baik itu SIM A, B1, maupun B2. Pastikan anda membawa berkas yang diperlukan ke kantor polisi untuk proses lebih lanjut.

Itulah cara mengurus SIM hilang secara online dengan persyaratan dan biaya yang terbaru. Saat ini, Anda tidak perlu lagi repot mengantri dan menunggu lama untuk melakukan pengurusan SIM yang hilang. Jika data SIM lama anda masih ada, pengurusannya sudah bisa dilakukan dengan lebih mudah, kapan saja, dan dari mana saja. Tetap pastikan untuk mengikuti prosedur resmi sesuai ketentuan yang berlaku dari Korlantas.

 

Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Cara Mengurus SIM Hilang Secara Online Dengan Mudah

Terkini

Iklan