Iklan

terkini

Daftar 7 Aplikasi Desain Grafis Terbaik dan Terpopuler!

, Januari 12, 2024 WIB
Aplikasi Desain Grafis

Rekomendasi Aplikasi Desain Grafis Terbaik dan Terpopuler - Hampir semua bisnis memerlukan seorang Graphic Designer, baik itu Start-Up, perusahaan multinasional, maupun juga bisnis UMKM. Ada banyak aspek dalam bisnis yang memerlukan desain grafis, seperti konten media sosial, iklan, kartu nama, brosur, menu, banner, packaging, dan masih banyak lagi. Nah, untuk membuat berbagai desain tersebut, ada banyak pilihan aplikasi atau software desain grafis yang dapat digunakan. Agar tidak bingung, berikut adalah rekomendasi 12 aplikasi desain grafis terpopuler dan terbaik untuk Anda. Apa saja? Yuk, simak!

1. Adobe Photoshop


Aplikasi desain grafis yang satu ini pasti sudah sangat familiar bagi banyak orang. Menurut situs resmi Adobe, lebih dari 90% kreatif profesional di seluruh dunia menggunakan aplikasi ini. Photoshop adalah software berbasis bitmap yang tidak hanya dapat digunakan untuk mengedit foto, tetapi juga mengubah komposisi foto, menggabungkan seni digital, mengganti background, dan membuat desain grafis. Anda dapat menggunakan Photoshop untuk menghapus objek, memperbaiki objek, melakukan remix, dan memberi ulang warna pada objek. Adobe Photoshop dapat digunakan di Windows, Mac, dan bisa digunakan di iPad melalui aplikasi Adobe Photo Editor untuk iOS dan Android. Meskipun bersifat berbayar, Adobe menyediakan versi free trial bagi Anda yang ingin mencoba-coba terlebih dahulu.

2. Adobe Illustrator


Aplikasi desain grafis selanjutnya adalah Adobe Illustrator (Ai), yang juga dikembangkan oleh Adobe. Adobe Illustrator adalah aplikasi desain yang fokus pada desain vektor, seperti mockup layout website, logo, ikon, tipografi, ilustrasi, poster, dan desain vektor lainnya. Keunggulan menggunakan Adobe Illustrator adalah hasil desain tidak akan pecah ketika diperbesar. Aplikasi ini dapat digunakan di Windows, Mac, dan iPad. Adobe Illustrator juga menyediakan banyak template yang dapat diunduh dan digunakan. Sama seperti Adobe Photoshop, Ai juga berbayar dengan berbagai paket langganan yang dapat Anda pilih.

3. Inkscape


Jika Anda mencari aplikasi desain grafis yang gratis, Inkscape bisa menjadi pilihan. Inkscape adalah aplikasi desain grafis berbasis vektor yang cocok untuk membuat logo, ilustrasi, dan karya seni berbasis vektor lainnya. Aplikasi ini dapat digunakan di Windows, Mac, dan Linux. Website resminya juga menyediakan berbagai tutorial untuk membantu Anda belajar menggunakan Inkscape.

4. Adobe InDesign


Adobe InDesign adalah aplikasi yang biasa digunakan untuk mendesain tata letak atau layout pada media cetak atau digital. Aplikasi ini populer digunakan oleh pekerja kreatif di industri publikasi. Dengan InDesign, Anda dapat mengatur layout untuk membuat buku, majalah, eBook, poster, PDF interaktif, dan lainnya. Hasil desain yang dibuat menggunakan InDesign dapat di-import dalam berbagai format, seperti JPG, PDF, docs, psd, dan lainnya. Adobe InDesign dapat digunakan di Windows dan Mac.

5. CorelDRAW Graphic Suite


CorelDRAW adalah aplikasi desain grafis berbasis vektor yang sangat populer. Dengan CorelDRAW, Anda dapat membuat logo, poster, brosur, undangan pernikahan, dan desain lainnya yang berbasis vektor. Sama seperti aplikasi desain lainnya, CorelDRAW juga memiliki fitur ekspor dan impor file yang beragam. Aplikasi ini can digunakan di Windows, Mac, dan iPad. CorelDRAW menyediakan versi free trial selama 15 hari sehingga Anda dapat mencoba dan belajar sebelum memutuskan untuk berlangganan.

6. Affinity Designer


Affinity Designer sering dianggap sebagai alternatif dari Adobe Illustrator. Aplikasi desain grafis ini sangat cocok untuk membuat logo, ikon, desain UI, mockup, dan lainnya. Keunggulan Affinity Designer adalah kemampuannya untuk beralih antara bitmap dan vektor. Aplikasi ini dapat digunakan di Windows, Mac, dan iPad. Harga pembelian aplikasi ini bervariasi tergantung pada perangkat yang digunakan.

7. Canva


Canva adalah salah satu aplikasi desain grafis yang sangat populer karena kelebihannya yang gratis dan mudah digunakan. Selain digunakan untuk membuat CV, Canva juga cocok digunakan untuk membuat berbagai macam desain untuk berbagai keperluan, seperti logo, konten media sosial, kartu bisnis, menu, banner, poster, dan lainnya. Canva sangat cocok untuk membuat desain yang tidak terlalu kompleks dan membutuhkan waktu cepat. Anda dapat membuat desain dari nol atau menggunakan template yang sudah tersedia.


Dengan berbagai pilihan aplikasi desain grafis yang terbaik, Anda dapat memilih yang paling sesuai untuk kebutuhan bisnis dan usaha Anda.

Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Daftar 7 Aplikasi Desain Grafis Terbaik dan Terpopuler!

Terkini

Iklan