Iklan

terkini

Cara Mengatasi Sakit Perut Saat Haid

, Januari 22, 2024 WIB
Sakit Perut

Perlu diketahui, ini cara efektif mengobati sakit perut saat haid.Sakit perut merupakan gejala normal dan umum yang dialami wanita saat haid. Hal ini terjadi karena rahim berkontraksi sehingga dinding rahim terlepas dari tubuh sehingga menyebabkan darah mengalir keluar dari vagina.Sakit perut saat menstruasi bisa bermacam-macam tingkat keparahannya. 


Ada wanita yang hanya merasakan sakit perut ringan, namun ada juga yang mengalami rasa sakit yang sangat menyiksa hingga tidak bisa bergerak.Kabar baiknya adalah Anda dapat mengurangi hal ini dengan beberapa cara. Lihat ulasannya di sini.


Cara meredakan sakit perut saat haidBerikut beberapa cara efektif meredakan sakit perut saat haid yang bisa Anda coba:


1. Kompres Dengan Air hangat


Perlakuan panas atau sesuatu yang hangat pada perut merupakan salah satu cara yang efektif untuk melegakan perut. nyeri. nyeri saat menstruasi. Padahal, menurut tinjauan penelitian tahun 2018, cara ini sama efektifnya dengan mengonsumsi obat nyeri haid.Coba letakkan botol air panas atau bantalan pemanas di perut Anda untuk menghilangkan rasa sakit. Jika Anda tidak memiliki botol atau pembalut air panas, Anda bisa menggunakan handuk yang dibasahi air hangat atau mandi air panas.


2. Pijat dengan minyak Esensial


Cara lain yang efektif untuk meredakan sakit perut saat menstruasi adalah pijat perut. Pijat yang memberikan tekanan pada titik-titik tertentu di perut dan sekitarnya dapat mengurangi rasa sakit. Jadi Anda bisa memijat perut Anda dengan minyak esensial seperti lavender dan peppermint untuk mendapatkan manfaat tambahan.


3. Makan makanan bergizi


Mengonsumsi makanan bergizi juga bisa menjadi cara efektif meredakan nyeri haid. Pasalnya, beberapa vitamin dan mineral yang terdapat pada makanan padat nutrisi diduga dapat membantu mengurangi kram.Beberapa bukti menunjukkan bahwa vitamin B1, disebut juga tiamin, dan magnesium dapat membantu mengurangi sakit perut saat menstruasi. Vitamin dan mineral tersebut bisa Anda peroleh dengan mengonsumsi makanan sehat seperti bayam, alpukat, kacang-kacangan, biji-bijian.


4. Mengonsumsi Jamu


Beberapa jamu mengandung senyawa antiradang dan antispasmodik yang dapat mengurangi kontraksi otot dan pembengkakan akibat kram menstruasi. Oleh karena itu, cobalah meminum minuman herbal seperti teh kamomil atau air rebusan jahe untuk meredakan sakit perut saat menstruasi. Biji kayu manis dan adas juga merupakan herbal yang membantu mengatasi kram menstruasi.



5. Latihan Aktivitas Fisik Olahraga 


Aktivitas fisik Olahraga sebenarnya bisa menjadi cara alami meredakan kram menstruasi. Olahraga memicu pelepasan endorfin, yaitu bahan kimia yang diproduksi dalam tubuh yang menghalangi persepsi rasa sakit. Selain itu, olahraga merupakan cara yang baik untuk mengurangi stres yang dapat memengaruhi rasa sakit.


6. Minum obat pereda nyeri


Jika cara alami di atas tidak membantu mengatasi nyeri haid, minumlah obat pereda nyeri untuk meredakan gejala tersebut. Obat anti inflamasi nonsteroid (NSAID) merupakan obat yang efektif untuk meredakan sakit perut saat menstruasi. Obat tersebut dapat menurunkan kadar prostaglandin, hormon yang merangsang kontraksi penyebab kram menstruasi. Contoh NSAID termasuk ibuprofen dan naproxen.Obat pereda nyeri lainnya yang juga dapat membantu mengurangi nyeri perut saat menstruasi adalah asetaminofen. Namun obat-obatan ini tidak dapat mengobati peradangan yang berkontribusi terhadap parahnya kram menstruasi Anda.


Jika sakit perut saat haid cukup parah dan obat pereda nyeri tidak dapat mengatasinya, sebaiknya konsultasikan ke dokter. Pasalnya, nyeri haid yang parah bisa menjadi pertanda penyakit yang lebih serius..

Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Cara Mengatasi Sakit Perut Saat Haid

Terkini

Iklan