Iklan

terkini

Penyebab Dan Cara Menghilangkan Bau Badan Secara Alami

, Januari 15, 2024 WIB
Bau Badan

Masalah bau badan memang sangat mengganggu. Selain menurunkan rasa percaya diri, masalah ini juga dapat berdampak buruk bagi kesehatan jika tidak ditangani.

Oleh karena itu, Anda wajib mengetahui penyebab bau badan agar dapat menghindarinya. Dan ketahui juga cara menghilangkan bau badan yang efektif dan mudah agar bisa mengatasinya baik secara alami maupun dengan cara medis!


PENYEBAB BAU BADAN KUAT 


Keringat seringkali dituding sebagai penyebab bau badan. Faktanya, keringat sebenarnya adalah cairan yang tidak berwarna dan tidak berbau. Komposisi keringat terdiri dari air, garam, protein dan minyak yang bukan merupakan zat penyebab bau badan. 


Penyebab bau keringat atau bau badan secara umum sebenarnya adalah bakteri yang berasal dari luar cairan keringat itu sendiri. Tubuh manusia mengandung jutaan bakteri tidak berbahaya yang hidup di permukaan tubuh dan berkontribusi pada pertahanan alami kulit. Bakteri ini bertahan hidup dan berkembang biak di lingkungan lembab dan kaya nutrisi seperti area ketiak. 


Untuk bertahan hidup, bakteri memakan keringat manusia dan mengolahnya dalam sistem metabolismenya. Proses metabolisme ini menghasilkan produk sampingan yang membuat keringat berbau seperti cuka, keju, atau bawang bombay. 


CARA MENGHILANGKAN BAU BADAN DENGAN BAHAN ALAMI 


Selalu ada cara untuk menghilangkan bau badan. Tak perlu khawatir, beberapa bahan alami yang mudah Anda temukan setiap hari juga bisa membantu Anda mengatasi masalah bau badan. 


Berikut beberapa bahan alami yang dapat membantu Anda menghilangkan bau badan tak sedap: 


1. DAUN SINAR 


Daun sirih merupakan bahan alami untuk mengatasi bau badan tak sedap. Cara menghilangkan bau badan dengan daun sirih, kita awali dengan merebus beberapa lembar daun sirih dalam dua gelas air. Setelah mendidih, tuangkan air rebusan daun sirih ke dalam bak mandi. Gunakan air rebusannya untuk mandi dua kali sehari. 


2. Cuka Sari Apel 


Cuka apel dikenal baik untuk kesehatan. Selain itu, cuka apel juga mampu menghilangkan bau badan dengan cepat. Oleskan cuka sari apel pada ketiak dan lipatan tubuh lainnya dan diamkan selama lima belas menit sebelum mandi dengan sabun. Untuk hasil terbaik, Anda bisa melakukan cara ini setiap kali sebelum mandi. 


3. SODA 


Cara menghilangkan bau badan secara alami selanjutnya adalah dengan menggunakan baking soda. Bahan ini mempunyai khasiat yang mampu menetralisir asam dan basa, sehingga mampu menghilangkan bau badan secara alami. Anda bisa langsung mengoleskan baking soda pada bagian tubuh yang banyak mengeluarkan keringat..

Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Penyebab Dan Cara Menghilangkan Bau Badan Secara Alami

Terkini

Iklan