Apa yang dimaksud dengan keputihan?

keputihan

Betuah.id - Keputihan merupakan salah satu masalah kesehatan reproduksi yang sering dihadapi wanita. Keadaan ini menimbulkan kondisi yang tidak nyaman dan dapat mengganggu aktivitas sehari-hari. Meski bagian vagina normal, namun kita harus mewaspadai beberapa hal yang bisa menyebabkan keputihan tidak normal.

Keputihan atau secara medis fluor albus, keputihan, keputihan adalah istilah yang mengacu pada apa pun yang keluar dari vagina selain darah menstruasi. Cairan atau lendir yang diproduksi di vagina dan leher rahim membawa sel-sel mati dan bakteri keluar dari vagina untuk menjaga kebersihan vagina. Keputihan bukanlah suatu penyakit, melainkan suatu tanda dan gejala suatu penyakit pada alat kelamin wanita. Apa yang dimaksud dengan keputihan?.

Penyebab keputihan

Penyebab keputihan tergantung dari jenis keputihan yang terjadi. Keputihan dibedakan menjadi fisiologis (normal) dan patologis (tidak normal).

Baca Juga :  Bagaimana Cara Mengobati Asam Urat?

Keputihan yang fisiologis (normal) disebabkan oleh faktor hormonal. 

Keputihan yang normal bisa terjadi saat masa subur, sebelum dan sesudah menstruasi, serta saat adanya rangsangan seksual. Pada kondisi di atas, keputihan biasanya encer dan tidak lengket, berwarna bening, gatal, dan tidak berbau.

Keputihan yang patologis (tidak normal) menunjukkan adanya penyakit tertentu.

Salah satu penyebab keputihan tidak normal yang paling sering terjadi adalah infeksi pada saluran kelamin wanita dengan gejala keputihan yaitu infeksi bakteri (vaginitis), infeksi jamur (kandidiasis), dan infeksi parasit (trikomoniasis). 

Baca Juga :  Cara Mengobati Keputihan Secara Aalami Tanpa Obat

Gejala keputihan tidak normal yang perlu diwaspadai antara lain peningkatan jumlah atau jumlah lendir (menjadi berlebihan), perubahan warna (seperti putih susu atau kuning atau hijau), dan perubahan kekentalan lendir disertai rasa gatal dan berbau, adapun pada beberapa kasus juga disertai rasa nyeri pada perut. Keputihan yang tidak normal jarang terjadi pada gadis remaja dan wanita pascamenopause.

Pengobatan dan pencegahan keputihan

Segera konsultasikan ke dokter jika Anda merasa mulai mengeluhkan keputihan yang tidak normal. Jenis pengobatan keputihan sebenarnya tergantung pada penyebab keputihan tersebut.

Keputihan dapat dicegah dengan berbagai cara, seperti menghindari stres dan selalu menjaga kesehatan alat kelamin wanita dengan membersihkan vagina secara rutin.

Bersihkan juga vagina dari depan ke belakang untuk mencegah bakteri masuk ke dalam vagina.Mengenakan celana dalam berbahan katun yang lembut, rutin mengganti pembalut saat menstruasi dan menghindari penggunaan karet gelang bila tidak diperlukan sangat membantu meminimalisir keluhan keputihan patologis.