5 Bahan Alami untuk Mengobati Luka Bakar

5 Bahan Alami untuk Mengobati Luka Bakar

Ada 3 derajat luka bakar: ringan, sedang dan berat. Semuanya dihitung sesuai tingkat kesulitan yang didapat. Luka bakar ringan seperti luka bakar yang disebabkan oleh sinar matahari langsung, sebaliknya luka bakar menimbulkan lepuh, nyeri dan kemerahan pada kulit.Ada juga luka bakar parah yang mengganggu seluruh struktur kulit dan lemak dan bahkan dapat meluas hingga ke otot dan tulang.

Nah kali ini kita mau bahas cara mengobati luka bakar dengan bahan alami.Tentu saja hanya luka bakar kecil yang bisa diobati dengan bahan alami, terlebih lagi jika lukanya tidak luas. Sebab luka bakar yang parah atau luas dan dalam jelas memerlukan perhatian medis.Odol sering dianggap sebagai pertolongan pertama pada luka bakar. Namun hal ini sepertinya salah karena bisa menyebabkan peradangan.

5 Bahan Alami untuk Mengobati Luka Bakar

Ikuti langkah berikut untuk mengobati luka bakar dengan bahan alami.

1. Aloe Vera

Gel aloe Vera mengandung vitamin E dan juga dapat memberikan sensasi sejuk, sehingga dapat menjadi obat anti inflamasi dan keratinosit pada kulit. Tak heran jika lidah buaya dinilai efektif dalam pengobatan luka bakar epidermis.Keratinosit merupakan sel penyusun epidermis untuk mencegah keluar masuknya senyawa kimia asing. Untuk mengatasi luka bakar, pastikan lidah buaya alami, tanpa pewangi, alkohol, atau pewarna. Oleh karena itu, tanaman lidah buaya harus Anda manfaatkan secara langsung.

2. Air mengalir

Air mengalir dapat menjadi pertolongan pertama pada luka bakar, seperti menumpahkan minyak panas atau tidak sengaja menyentuh benda panas.Untuk meredakan rasa terbakar pada kulit, segera basuh area yang terbakar dengan air mengalir selama 20 menit. Jangan menggunakan kecap atau pasta gigi setelahnya karena dapat menimbulkan sisa kerusakan yang sulit dihilangkan.

3. Madu

Khasiat madu dipercaya dapat menyembuhkan berbagai macam penyakit, termasuk penyakit kulit, karena kandungan asam amino, vitamin, protein dan mineral yang terkandung dalam madu.Menurut Arif Mzi, Fakultas Kedokteran Universitas Lampung, madu juga mengandung senyawa organik seperti polifenol dan glikosida yang memiliki sifat antivirus dan antibakteri yang dapat menekan peradangan sehingga mencegah penyembuhan luka bakar.

4. Oats

Seperti yang kita ketahui, oatmeal bisa menjadi masker wajah yang dapat melembabkan dengan baik. Oat dalam oatmeal memiliki efek anti inflamasi yang mempercepat proses penyembuhan luka.Oat mendinginkan dan melembabkan luka bakar. Caranya juga cukup sederhana, buat oatmeal dengan air murni dan tekan luka bakar dengan bubur ini selama 20 menit, agar luka yang tersisa tidak bertambah parah.

5. Cuka Putih

Cuka putih memiliki sifat antiseptik yang dapat mencegah luka bakar. Asam asetat dalam cuka dapat mengurangi peradangan dan nyeri akibat luka bakar.Yang perlu Anda lakukan hanyalah merendam bola kapas dalam air cuka lalu mengoleskan bola kapas tersebut dengan lembut pada luka bakar. Sifat anti inflamasinya dapat mempercepat penyembuhan luka bakar.

Untuk menghindari luka bakar dalam yang sulit ditutupi, Anda harus mengambil tindakan yang tepat untuk mengobati luka bakar. Jika luka bakarnya cukup parah dan rasa sakitnya sangat berlebihan, sebaiknya segera periksakan ke dokter, karena bahan alami ini disarankan digunakan hanya untuk luka bakar yang kecil saja, jangan terlalu besar.