Cara Membuat Rambut Halus dan Lembut

 

Rambut lembut dan mudah dirawat adalah dambaan setiap wanita. Selain memberikan penampilan menarik, rambut lembut dan mudah diatur juga mencerminkan kesehatan rambut yang optimal.Namun tidak jarang kita menghadapi masalah rambut kering dan kasar. Ada banyak faktor yang bisa membuat rambut Anda kurang halus bahkan kering dan kusam. Itu semua tergantung pada kesehatan, gaya hidup, kebiasaan, cara Anda merawat rambut, dan kondisi lingkungan tempat Anda tinggal.

Jika Anda ingin menghilangkan masalah rambut kering dan kasar, Anda harus memahami terlebih dahulu apa itu rambut kering dan kasar. menyebabkannya. Barulah kita akan membahas solusi atau cara mendapatkan rambut lembut dan berkilau yang Anda idam-idamkan.

Faktor penyebab rambut kasar

1. Tinggal di iklim panas dan kering

Kondisi lingkungan menjadi salah satu faktor yang dapat menyebabkan rambut mengering. Kita yang tinggal di negara tropis kemungkinan besar memiliki rambut kering, apalagi jika kita sering berada di tempat yang panas dan kering.

2. Paparan sinar matahari langsung

Radiasi ultraviolet dari matahari merusak serat rambut. Rambut juga kekurangan protein sehingga rambut menjadi kering dan keruh, bahkan warna aslinya bisa memudar. Rambut juga kasar, kaku dan rapuh.

3. Terlalu sering mewarnai rambut

Mengeringkan rambut dapat merusak sel-sel lapisan pelindung rambut. Kerusakannya akan semakin parah jika Anda menggunakan pemutih berulang kali. Jika hal ini tidak dibarengi dengan perawatan rambut khusus, maka kandungan minyak alami pada rambut akan turun drastis. Rambut kasar dan kaku terbentuk.

4. Menata rambut terlalu sering

Panas dari pelurus dan pengering rambut, terutama jika Anda menambahkan produk penataan rambut yang kuat, dapat merusak lapisan pelindung rambut, sehingga menyebabkan rambut kehilangan protein yang dikandungnya. Akibatnya, tampilan rambut kusam, kasar, dan kering tidak bisa dihindari.

5. Terlalu sering mencuci rambut

Keramas pada dasarnya mengurangi kotoran dan minyak berlebih di kulit kepala. Namun jika dilakukan terlalu sering, lebih dari satu kali dalam sehari, kelembapan alaminya akan berkurang sehingga rambut kehilangan kilaunya. Jika hal ini berlangsung lama maka lapisan pelindung rambut pun ikut rusak sehingga membuat rambut rentan patah dan rusak.Rambut lembut dan rontok secara alami tentunya memudahkan pemiliknya dalam mengatur dan menatanya diinginkan.

Berikut 10 cara mudah melembutkan rambut dan membuatnya bebas rontok tanpa kekeringan dan kekasaran!

1. Memangkas ujungnya

Jika rambut Anda terlalu kering, pertimbangkan untuk memangkasnya agar rambut baru dapat tumbuh. Setidaknya beberapa sentimeter dari ujungnya, terutama jika ujungnya bercabang, dapat membuat rambut semakin kering dan kasar.

2. Kurangi frekuensi mencuci rambut

Sebaiknya jangan terlalu sering mencuci rambut. Lakukan hanya sekali atau dua kali seminggu, tidak setiap hari.

3. Makan makanan yang kaya antioksidan dan omega-3

Protein dan omega-3 pada ikan dapat mendukung kesehatan rambut. Beberapa protein hewani yang bisa dikonsumsi antara lain ikan salmon, tuna, dan sarden. Antioksidan bisa Anda peroleh dari kenari, kacang merah, blueberry, brokoli, dan tomat.

4. Konsumsi vitamin dan mineral

Salah satu cara mengatasi rambut kering adalah dengan mengonsumsi vitamin. Vitamin A, vitamin C, biotin, zat besi, dan mineral berperan penting dalam membangun kesehatan rambut dan mengembalikan kelembapan.

5. Bungkus rambut Anda setelah keramas.

Setelah keramas, tutupi rambut Anda dengan handuk atau handuk dan biarkan sedikit mengering. Hal ini dilakukan agar rambut tidak kehilangan kelembapan saat dikeringkan. Jika Anda khawatir rambut Anda terlalu rapuh, biarkan tertutup setidaknya selama beberapa menit tanpa memijatnya hingga kering.

6. Hindari menata rambut dengan suhu panas.

Penelitian menunjukkan bahwa pita rambut yang terkena pengering rambut akan rusak parah. Hindari penggunaan pengering rambut sampai kondisi rambut membaik. Jika Anda sangat membutuhkan pengering rambut, disarankan untuk menggunakan pengering rambut dengan jarak 15 cm dari rambut Anda.

7. Setelah keramas, gunakan air dingin untuk mencuci rambut.

Jika rambut Anda kering, cobalah mencuci rambut dengan air dingin setelah keramas. Mempercepat pertumbuhan rambut dan menyegarkan kulit kepala.

8. Gunakan minyak rambut

Minyak esensial seperti minyak argan, minyak lavendel, minyak kelapa, dan minyak pepermin diketahui bermanfaat dalam menjaga kelembapan rambut. Gunakan secara rutin ya. Anda juga bisa membiarkan minyak rambut semalaman.

9. Melindungi rambut dari sinar UV

Sinar ultraviolet dapat merusak batang rambut. Batasi paparan sinar matahari saat rambut Anda kering. Jika Anda harus bekerja di bawah sinar matahari, kenakan topi, syal, atau payung.

10. Pilih produk perawatan rambut Anda dengan hati-hati

Gunakan sampo ringan yang diformulasikan khusus untuk rambut kering. Jangan lupakan AC. Hal ini menyebabkan kutikula memproduksi minyak pada rambut dan mengunci kelembapannya.Memilih produk perawatan rambut untuk menghaluskan rambut sangat mempengaruhi hasil akhir yang Anda inginkan.