10 Cara Mengatasi Bau Mulut Tak Sedap

 

Bau mulut merupakan masalah yang mengganggu baik diri sendiri maupun orang lain. Namun jangan khawatir, ada beberapa cara menghilangkan bau mulut. Anda bisa mencoba menyegarkan napas.Sebelum melakukan hal ini, perlu diketahui bahwa hal tersebut mempengaruhi penyebab bau mulut. disebabkan oleh berbagai faktor seperti makanan yang dikonsumsi, kebersihan mulut yang kurang, pola hidup yang tidak sehat dan faktor lainnya.Jika Anda memiliki keluhan serupa, gunakan tips di bawah ini untuk mencegah bau mulut.Menghilangkan bau mulutBau mulut seseorang menurunkan rasa percaya diri.Itulah sebabnya penderitanya sering mencari cara untuk mengatasi bau mulut, baik secara alami maupun alami. melalui sarana. bantuan ahli medis.

Jika Anda mengidap penyakit ini, Anda bisa melakukan cara menghilangkan bau mulut berikut ini:

1. Hindari makanan penyebab bau mulut.

Menghindari makanan penyebab bau mulut adalah hal pertama yang bisa Anda lakukan.Ada beberapa makanan yang bisa membuat bau mulut sangat menyengat, seperti petai, bawang putih. , dan jengko. , durian dan sebagainya.Makanan penyebab bau mulut di atas mengandung senyawa yang dapat menghasilkan senyawa belerang dalam proses pencernaan yang menyebabkan bau mulut.Inilah alasan Anda makan makanan-makanan ini. . Hal ini dapat menyebabkan bau mulut.Jadi sebaiknya batasi asupan makanan yang menyebabkan bau mulut.Atau Anda bisa menghilangkan bau mulut. hirup makanan ini sambil menggosok gigi dan segera bilas mulut setelah memakannya.

2. Minum air secara teratur

Mulut kering yang berkepanjangan menyebabkan bau mulut. Mulut kering biasanya disebabkan oleh rendahnya produksi air liur.Anda bisa mengatasinya dengan rutin minum air putih minimal 2 liter sehari.Karena minum air yang cukup dapat meningkatkan produksi air liur dan melembabkan mulut.Minum air juga dapat membersihkan mulut dari makanan penyebab bau mulut.

3. Rutin menyikat gigi

Cara menghilangkan bau mulut selanjutnya adalah dengan rutin menyikat gigi.Rongga mulut yang bersih dan sehat mencegah berbagai gangguan kesehatan pada organ tubuh tersebut, termasuk bau mulut. Menyikat gigi merupakan cara termudah untuk menjaga kebersihan dan kesehatan mulut.Oleh karena itu disarankan untuk rutin menyikat gigi dua kali sehari, yaitu pada pagi hari dan sore hari sebelum tidur.

4. Sikat lidah

Selain gigi, makanan dapat menyumbat lidah dan menyebabkan bau mulut. Lidah menjadi tempat berkembang biaknya bakteri jahat pernafasan.Jadi Anda bisa rutin membersihkan lidah dengan menyikatnya.Anda dapat menggunakan sikat gigi atau pengikis untuk membersihkan lidah Anda.

5. Flossing

Floating merupakan salah satu cara menghilangkan bau mulut dengan cara membersihkan makanan dari sela-sela gigi menggunakan benang gigi khusus.Namun cara ini harus dilakukan dengan hati-hati, hindari menggosok benang gigi. terlalu sulit Karena dapat menyebabkan gusi berdarah.

6. Gunakan obat kumur

Menggunakan obat kumur merupakan salah satu cara menghilangkan bau mulut yang dinilai cukup efektif.Bau mulut biasanya disebabkan oleh bakteri yang hidup di organ tubuh.Anda dapat memilih obat kumur yang memiliki sifat antibakteri.pada gigi.Penyebabnya adalah obat kumur dan pasta gigi yang digunakan untuk menyikat gigi sama-sama mengandung bahan aktif.Bila digunakan bersamaan, bahan aktif dalam mulut dan pasta gigi tidak bekerja maksimal.

7. Berhenti Merokok

Perokok memiliki indera penciuman yang sangat kuat dan akibatnya adalah bau mulut.Faktanya, banyak kasus menunjukkan bahwa merokok dapat menyebabkan penyakit gusi. Salah satu gejala penyakit gusi adalah bau mulut.Langkah yang tepat untuk mengatasinya adalah dengan berhenti merokok.Selain bernapas sebagai cara menghilangkan bau mulut, berhenti merokok. juga dapat meningkatkan kesehatan tubuh secara keseluruhan.

8. Kunjungi dokter gigi secara rutin enam bulan sekali.

Cara menghilangkan bau mulut selanjutnya adalah dengan memeriksakan gigi secara rutin, minimal enam bulan sekali.Hal ini bisa Anda lakukan. langkah untuk mencegah berbagai masalah mulut. , salah satunya adalah bau mulut.Jika Anda menemukan masalah pada rongga mulut Anda, dokter gigi akan segera memperbaikinya.

Berikut cara mencegah bau mulut.Sudahkah Anda mencoba berbagai cara menghilangkan bau mulut? Jika keluhan tidak kunjung membaik, konsultasikan dengan dokter spesialis untuk mendapatkan diagnosis yang tepat.