Tempat Jual Beli Saham Dan Obligasi Yang Wajib Kamu Tahu

Saham Dan Obligasi

Banyak orang mungkin belum mengetahui tentang pasar modal, yaitu tempat jual beli saham dan obligasi.Pasar modal merupakan sektor keuangan yang memegang peranan penting dalam perekonomian negara. Berbagai instrumen keuangan seperti saham dan obligasi diperdagangkan di pasar modal

Apa itu pasar modal?

Pasar modal merupakan bagian dari pasar keuangan negara. Di pasar modal, saham dan obligasi diperdagangkan antara investor dan perusahaan penerbit atau pemerintah. Tujuan utama pasar modal adalah menyediakan sarana bagi perusahaan atau pemerintah untuk memperoleh dana dari investor guna membiayai proyek atau perluasan usaha. Sebaliknya, investor menerima keuntungan berupa dividen dari saham atau bunga dari obligasi yang dimilikinya.

Tempat Jual Beli Saham dan Obligasi

Di Indonesia, jual beli saham dan obligasi dilakukan melalui dua institusi utama yaitu Bursa Efek Indonesia (BEI) dan pasar obligasi primer dan sekunder. BEI merupakan otoritas yang bertanggung jawab memperdagangkan saham Indonesia. Setiap perusahaan yang ingin melakukan penawaran umum perdana harus terdaftar dan memenuhi persyaratan BEI.

Selain itu, pasar sekunder merupakan tempat diperdagangkannya saham dan obligasi yang telah diterbitkan sebelumnya antar investor. Transaksi di pasar sekunder ini tidak melibatkan perusahaan yang menerbitkan saham atau obligasi, melainkan hanya antar investor. Investor yang ingin membeli atau menjual saham dan obligasi dapat melakukannya melalui perantara yang disebut pialang atau broker.

Keunggulan pasar modal

Pasar modal mempunyai manfaat yang besar bagi berbagai pelakunya. Bagi perusahaan, pasar modal merupakan sumber pembiayaan yang penting untuk menambah modal kerja, memperluas atau mengembangkan proyek baru. Dengan memperoleh dana dari pasar modal, perusahaan dapat tumbuh dan berkembang lebih cepat.

Itulah informasi mengenai pasar modal, tempat para investor melakukan jual beli saham dan obligasi untuk sobat Betuah.id.