Ini Dia Penyebab Dan Cara mengobati Hernia Secara Alami

Ini Dia Penyebab Dan Cara mengobati Hernia Secara Alami

Penyakit hernia dapat diobati tanpa operasi, yaitu dengan menjalani pola hidup sehat. Hernia adalah suatu kondisi dimana organ tubuh menonjol keluar dari permukaan kulit akibat lemahnya dinding otot di sekitarnya. Kondisi ini bisa menjadi lebih serius dan menimbulkan keluhan seperti rasa tidak nyaman bahkan sulit buang air besar.Meski terkesan serius, kondisi ini bisa diobati tanpa operasi begitu gejalanya muncul. Hernia tidak selalu diobati dengan pembedahan. Salah satu langkah sederhana yang bisa Anda lakukan adalah mengubah pola makan. Pasalnya, beberapa gejala hernia bisa dipicu oleh makanan, seperti asam lambung dan sembelit. Hernia menimbulkan beberapa gejala seperti kemerahan dan nyeri pada area tersebut akibat peradangan. Jika Anda mengalami gejala ganda, disarankan untuk mengompres area tersebut dengan kompres dingin. Kompres dingin dianggap membantu otot yang rileks berkontraksi kembali dengan mengurangi peradangan pada jaringan yang rusak.

Berbagai jenis hernia yang harus Anda waspadai adalah:

1.Hernia inguinalis

Hernia inguinalis dapat terjadi ketika usus atau jaringan lambung menonjol ke area selangkangan atau inguinalis. Hernia jenis ini adalah yang paling umum terjadi, dan pria lebih berisiko terkena penyakit ini dibandingkan wanita.

2. Hernia umbilikalis

Hernia umbilikalis terjadi ketika usus menembus dinding perut dekat pusar. Hernia jenis ini lebih sering terjadi pada bayi dan anak-anak. Hernia umbilikalis merupakan satu-satunya jenis hernia yang sembuh dengan sendirinya, biasanya saat anak berusia 1-2 tahun, saat otot perut semakin kuat.

3. Hernia hiatus

Hernia hiatus terjadi ketika sebagian lambung terdorong ke dalam rongga dada melalui diafragma, yaitu otot yang memisahkan rongga dada dengan rongga perut. Hernia jenis ini paling sering terjadi pada orang berusia di atas 50 tahun. Namun karena kelainan bawaan, anak bisa mengalami hernia hiatus.Selain itu, masih banyak jenis hernia lain yang perlu Anda ketahui, seperti hernia femoralis, hernia insisional, hernia epigastrik, hernia sigil, dan hernia diafragma. . hernia

Pengobatan hernia tanpa operasi

Dalam pengobatan hernia, dokter biasanya akan membuat diagnosis berdasarkan ukuran hernia dan tingkat keparahan gejala yang Anda alami. Hasil diagnosis ini kemudian menjadi bahan pertimbangan dokter apakah hernia dapat diobati tanpa operasi atau harus dilakukan operasi.

Beberapa pengobatan hernia non-bedah yang dapat dilakukan adalah:

1.Perubahan pola makan yang sehat

Perubahan pola makan dapat mengurangi gejala komplikasi hernia, terutama hernia hiatus di perut. Anda dapat menghindari makan dalam porsi besar, menjaga keseimbangan berat badan, dan menghindari berbaring atau membungkuk setelah makan.

2. Hindari mengejan terlalu sering

Terlalu sering mengejan saat buang air besar dapat memperburuk hernia. Untuk menghindari kebiasaan tersebut, disarankan untuk banyak minum air putih dan mengonsumsi makanan kaya serat seperti sayur mayur, buah-buahan, dan biji-bijian. Cara ini dapat membantu mengatasi sembelit yang menyebabkan mengejan saat buang air besar. Hindari juga menahan BAB agar feses tidak mengeras di usus dan menyulitkan pengeluarannya.

3. Lakukan olahraga yang benar

Olahraga dapat membantu menurunkan berat badan dan mengurangi gejala hernia serta memperkuat otot-otot di area hernia, sehingga dapat juga menjadi pengobatan hernia non-bedah.Tetapi jangan lupa untuk mengangkat beban yang berat, Kanan? . Olahraga yang aman untuk penderita hernia antara lain jalan kaki, jogging, berenang, bersepeda, dan yoga. Konsultasikan dengan dokter Anda untuk mendapatkan petunjuk yang tepat dan aman sebelum memulai olahraga.

4. Minum Obat

Jika Anda menderita hernia hiatus, ada beberapa obat asam lambung berbeda yang dapat membantu mengurangi rasa tidak nyaman tersebut. Obat-obatan ini termasuk antasida, penghambat reseptor H-2, dan penghambat pompa proton.Pada kondisi hernia lainnya, obat antiinflamasi nonsteroid (NSAID) dapat diberikan untuk meredakan ketidaknyamanan. Namun, konsultasikan dengan dokter Anda sebelum meminum obat ini..