Daftar Perusahaan Emas Di Indonesia Terbesar

Daftar Perusahaan Emas Di Indonesia Terbesar

Penambangan emas merupakan bisnis global yang beroperasi di banyak negara, salah satunya Indonesia. Meski emas identik dengan perusahaan yang berlokasi di wilayah Indonesia bagian timur, sebab pengolah tambang emas terbesar di Indonesia yaitu PT Freeport Indonesia berlokasi di wilayah Papua. Faktanya, masih ada beberapa perusahaan emas lain di Indonesia yang tidak sebesar itu.

Berdasarkan informasi Kementerian ESDM, Sabtu (14 Januari 2023), inilah perusahaan emas terbesar di Indonesia. Simak ulasannya:

1. PT Aneka Tambang Tbk. (ANTAM)

Diluncurkan di situs resminya, ANTAM didirikan sebagai perusahaan milik negara pada tahun 1968 melalui penggabungan beberapa perusahaan pertambangan milik negara yang memproduksi komoditas individu. Untuk mendukung pembiayaan proyek ekspansi Raudnikli, ANTAM menawarkan 35 persen sahamnya kepada publik pada tahun 1997 dan mencatatkannya di Bursa Efek Indonesia.Sedangkan produksi emas utama ANTAM berasal dari tambang bawah tanah di Pongkor, Jawa Barat, dan Cibaliung. , Banten , yang kini telah memasuki tahap pascatambang.

2. PT Freeport Indonesia

Dikenal sebagai perusahaan emas terpopuler di masyarakat saat ini, PT Freeport Indonesia berada di bawah PT Antam. PT Freeport Indonesia mengeksplorasi, menambang dan mengolah bijih emas di dataran tinggi Kabupaten Mimika, Provinsi Papua, Indonesia.

3. PT Agincourt Resources

PT Agincourt Resources merupakan perusahaan pemurnian emas pemilik tambang emas di Sumatera Utara bernama Tambang Martabe. Dalam situs perusahaan disebutkan bahwa bisnis inti PT Agincourt Resources meliputi eksplorasi, penambangan, dan pengolahan mineral emas dan perak menjadi logam mulia. Produksi emas dimulai pada 24 Juli 2012 seluas 30 kilometer persegi dan termasuk dalam Kontrak Karya (KK) Generasi Keenam yang diterbitkan pada tahun 1997 dengan luas konsesi 1.639 kilometer persegi.

4. PT Tambang Tondano Nusajaya

PT Tambang Tonado Nusajaya merupakan anak perusahaan PT Archi Indonesia Tbk yang mayoritas sahamnya juga dimiliki oleh PT Rajawali Corpora, juga dimiliki oleh pengusaha Peter Sondakh. Sementara kekayaannya mencapai 1,9 miliar dolar atau Rp 28,8 triliun.

5. PT Nusa Halmahera Minerals

PT Nusa Halmahera Minerals akhirnya didirikan pada tahun 1994 sebagai perusahaan patungan antara perusahaan pertambangan Australia Newcrest Mining Ltd dan perusahaan Indonesia Antam. PTNHM mengoperasikan Tambang Emas Gosowong yang terletak di Wilayah Administratif Halmahera Utara, Provinsi Maluku Utara di Indonesia bagian timur berdasarkan kontrak kerja dengan Pemerintah Indonesia tanggal 28 April 1997.

Pemilik mayoritas PTNHM atau 75 persen sahamnya dimiliki oleh PTNHM. oleh PT Indotan Halmahera Bangkit dan sisanya 25 persen oleh PT Aneka Tambang Tbk. (memberi). PTNHM saat ini mengelola wilayah kerja seluas 29.622 hektar di Halmahera Utara, provinsi Maluku Utara berdasarkan kontrak kerja.