Daftar Gaji Pengacara Dari Level Junior Sampai Senior di Indonesia

pengacara

Menjadi seorang pengacara merupakan salah satu impian banyak anak muda saat ini, apalagi gaji seorang pengacara saat ini sangatlah tinggi, namun gaji dari seorang pengacara atau pengacara sendiri biasanya terbagi menjadi dua kategori, yang pertama adalah level junior. pengacara dan satu lagi adalah pengacara senior.Adapun pengacara adalah orang yang berprofesi memberikan jasa hukum baik di pengadilan maupun di luar pengadilan dan memenuhi persyaratan Undang-undang Nomor 18 Tahun 2003. yang ingin untuk mengetahui berapa gaji seorang pengacara, anda bisa membaca pembahasan ini, karena berikut adalah daftar gaji pengacara dari tingkat junior hingga senior, namun sebelumnya bagi yang ingin menjadi seorang pengacara bisa membaca persyaratannya di bawah ini.

1. Syarat Menjadi Pengacara

Jika ingin menjadi pengacara atau pengacara tentunya harus melalui beberapa tahapan dan juga memenuhi beberapa syarat. Beberapa syaratnya adalah sebagai berikut.Syarat pertama, jika ingin menjadi seorang pengacara, harus menyelesaikan pelatihan khusus profesi hukum atau biasa disebut PKPA.

Selain itu, harus lulus ujian pengacara atau UPA.Kemudian Anda juga harus mengikuti pelatihan di pengacara atau kantor hukum selama lebih dari 2 tahun berturut-turut di firma hukum Dan syarat yang terakhir adalah anda harus menghadiri acara penerimaan dan sumpah pengacara.Inilah syarat jika ingin menjadi pengacara atau pengacara dan gaji pengacara untuk rincian yang dipinjam dari 99.co yaitu sebagai berikut.

2. Gaji pengacara junior

Gaji bulanan pengacara junior dibagi menjadi dua bagian yaitu gaji magang yang menerima gaji bulanan sebesar Rp. 2 juta - Rp. 3 juta. Kemudian pengacara junior atau pengacara muda mendapat gaji bulanan sekitar Rp. 7 juta - Rp. 15 juta per bulan.

3. Gaji Pengacara Senior

Daftar gaji pengacara berikut ini diperuntukkan bagi pengacara profesional yang bekerja di firma hukum ternama. Seorang pengacara papan atas menerima gaji bulanan sekitar Rp. 20 juta per bulan dan gaji seorang pengacara senior tergantung pada jam terbang pengacara tersebut.Sedikit tentang fakta bahwa gaji seorang pengacara juga tergantung pada keterampilan masing-masing orang, misalnya kepemimpinan aspek yang berbeda serta izin profesi Anda, seperti gaji pengacara Hotman Paris yang menerima fee penanganan satu kasus, atau gaji Rp. 1,3 miliar.Nilai luar biasa ini dimungkinkan karena Hotman Paris sudah memiliki jam terbang yang cukup banyak, sehingga bisa menetapkan harga baik secara case by case maupun harian bagi pelanggan yang membutuhkan jasanya. Selain gaji pengacara junior dan senior dipisahkan satu sama lain, gaji pengacara itu sendiri juga dibedakan antara firma hukum, dan setiap firma hukum memiliki tingkat gaji yang berbeda.

Gaji pengacara firma hukum adalah sebagai berikut:

Gaji Pengacara Firma Hukum Berafiliasi Asing

  • Posisi Partner: Rp1,8 miliar hingga Rp2,4 miliar
  • Senior Associate: Rp1,3 miliar hingga Rp1,5 miliar
  • Associate: Rp700 juta hingga Rp1,3 miliar
  • Junior-Mid Associated: Rp 300 juta hingga Rp 600 juta

Gaji Pengacara Firma Hukum Tidak Terafiliasi Asing

  • Posisi Partner: Rp900 juta hingga Rp1,8 miliar
  • Senior Associate: Rp500 juta hingga Rp1 miliar
  • Associate: Rp 400 juta hingga Rp 650 juta

Gaji In House Counsel

  • Posisi Head of Legal: Rp900 juta hingga Rp1,3 miliar
  • Legal Counsel: Rp700 juta hingga Rp1,3 miliar
  • Legal Director : Rp1,75 miliar hingga Rp2,4 miliar
  • Corporate Secretary Manager: Rp 600 juta hingga Rp1 miliar

Daftar gaji pengacara Indonesia dari tingkat junior hingga senior dibahas. Penting untuk diingat bahwa biaya pengacara adalah hak setiap pengacara. Hal ini diatur dalam pasal 21 ayat (1) UU No. 18 Tahun 2003 yang menyatakan bahwa pengacara berhak menerima gaji atau imbalan atas jasa hukum yang diberikannya kepada kliennya. Seberapa tertarik Anda menjadi pengacara?.