Cara Mengurangi Kelembaban Ruangan

 

Kamar tidur atau ruangan dirumah merupakan salah satu ruangan yang banyak digunakan untuk berbagai fungsi. Ruangan yang bersih tidak hanya meningkatkan kualitas waktu istirahat kita, tapi juga dapat meningkatkan produktivitas.Selain berbicara, jangan lupa untuk memastikan ruangan tidak terlalu lembab. Ruangan yang terlalu lembab dapat menimbulkan berbagai gangguan kesehatan akibat tingginya jumlah bakteri, jamur, dan virus.Jika Anda mengalami kondisi tersebut, berikut beberapa cara mengatasi ruangan lembab. agar kamar tidur anda terbebas dari berbagai penyakit dan semakin nyaman untuk ditinggali.

Cara sederhana dan praktis mengatasi kamar lembapAda banyak cara mengatasi kamar lembap agar ruangan terbebas dari bakteri dan jamur serta virus yang menyebabkan penyakit.

1. Temukan sumber kelembapannya

Cara mengatasi ruangan lembap yang pertama adalah dengan mencari sumber kelembapannya. Ruangan yang lembap biasanya ditandai dengan warna cat yang semakin gelap atau munculnya bintik-bintik hitam pada dinding.Kedua kondisi tersebut bisa disebabkan oleh penyebab alami seperti cuaca lembab dan dingin atau bocornya AC dan pipa air. dan langit-langit. Pastikan Anda mengetahui secara pasti sumber dan penyebab kelembapan berlebih pada ruangan agar dapat mengatasinya dengan baik.Jika Anda menemukan banyak jamur, pastikan untuk membersihkan dinding dengan air mengalir, sabun, dan disinfektan untuk mencegahnya. cetakan pertumbuhan kembali. Ingatlah untuk memakai sarung tangan untuk menghindari infeksi jamur.

2. Cat ulang dengan cat anti bocor

Setelah dinding bebas dari jamur, cara mengatasi ruangan lembap selanjutnya adalah dengan mengecat ulang ruangan dengan cat anti bocor. Berbeda dengan cat biasa, cat anti tumpah memiliki sifat elastis dan tahan air sehingga mampu melindungi dinding dari rembesan air.Anda juga bisa melapisi dinding dengan cat antijamur untuk mencegah jamur. Anda bisa membeli kedua jenis cat ini di toko perangkat keras, jadi Anda tidak perlu bersusah payah untuk mendapatkannya.

3. Hindari menyimpan terlalu banyak barang

Tahukah Anda bahwa menyimpan terlalu banyak barang juga bisa menjadi salah satu penyebab lembab? Banyaknya barang-barang di dalam ruangan mengganggu sirkulasi udara, sehingga udara bersih dan kering tidak bisa keluar dari ruangan, begitu pula sebaliknya.Oleh karena itu, mengurangi jumlah barang yang disimpan di dalam ruangan dapat menjadi salah satu cara mengatasi kelembapan. . Kamar. Jika Anda sudah mencoba menata barang-barang tetapi ruangan Anda penuh dengan barang, pertimbangkan untuk menggunakan rak atau kotak penyimpanan agar ruangan tetap rapi aktif.

4. Gunakan dehumidifier

Jika selama ini Anda hanya menggunakan dehumidifier untuk menjaga kelembapan ruangan, kini saatnya mencoba dehumidifier. Dehumidifier bekerja secara berbeda dibandingkan saudaranya dan menyerap kelembapan berlebih di dalam ruangan.Alat ini menyerap dan mengubah uap air di udara menjadi air. Air ini kemudian ditampung dalam tangki untuk dibuang. Dehumidifier cocok untuk Anda yang tinggal di dataran tinggi.Dehumidifier tidak hanya menjadi salah satu cara mengatasi ruangan lembab, namun bentuknya yang cantik dan minimalis juga bisa menjadi hiasan penghias ruangan.

5. Gunakan produk basah

Meskipun alat ini efektif mengurangi kelembapan, beberapa orang menganggap alat ini terlalu besar untuk dimasukkan ke dalam ruangan mereka. Selain itu, harganya yang tidak bersahabat membuat banyak orang berpikir untuk membeli pelembab udara.Jika pelembab udara bukan pilihan yang tepat, pilihan lain untuk mengatasi ruangan lembab adalah dengan menggunakan produk lain, seperti penyerap jamur dan kelembapan. Sama seperti dehumidifier, alat ini bekerja dengan cara menyerap uap air di udara dan mengubahnya menjadi air.Cetakan dan dehumidifier tersedia dalam berbagai ukuran yang dapat Anda pilih sesuai kebutuhan, diletakkan di meja, ruangan, atau bahkan lemari .

6. Memasang sistem pembuangan

Cara paling umum untuk mengatasi ruangan lembap adalah dengan memasang sistem pembuangan. Berbeda dengan kipas angin konvensional, kipas angin menarik udara ke dalam ruangan dan mengeluarkannya ke luar.Saat menyala, kipas angin menyedot udara panas, asap, kelembapan, dan bau tidak sedap dari dalam ruangan. Proses ventilasi ini membuat ruangan menjadi lebih sejuk dan nyaman saat kipas angin menyala.Exhaust fan biasanya dipasang di bagian atas ruangan agar dapat menyerap udara panas dan kotor secara optimal.

7. Tambahkan ventilasi pada ruangan

Jika Anda sudah melakukan semua cara di atas namun belum melihat adanya perubahan, cara terakhir untuk mengatasi ruangan lembap adalah dengan menambahkan ventilasi. Seperti yang kita ketahui, ventilasi berfungsi sebagai saluran alami untuk menjaga sirkulasi udara di dalam ruangan.Saat melakukan cara ini, pastikan luas ventilasi minimal 15% dari luas lantai. Ini memastikan proses ventilasi lancar. Kami juga menyarankan penggunaan ventilasi silang atau ventilasi dua arah agar pertukaran udara panas dan dingin lebih optimal.Ruangan yang lembap bisa menjadi penyebab utama mengapa Anda tidak nyaman berada di sana.

Semoga beberapa cara mengatasi ruangan lembab dapat membantu Anda menciptakan ruang tidur nyaman yang benar-benar bebas penyakit.Selamat!