Cara Mengambil Uang Di Western Union Online

Western Union

Salah satu layanan pengiriman dan penerimaan uang yang sudah dikenal banyak orang baik dalam maupun luar negeri adalah Western Union. Perusahaan pengiriman uang ini telah beroperasi di dunia sejak tahun 1851, dan misi serta perannya adalah mengirim atau menerima uang dari satu tempat ke tempat lain.Sampai saat ini Western Union berkembang sangat pesat, bahkan kantornya bisa kita temukan dimana-mana.

Western Union memiliki ratusan ribu kantor di berbagai negara. Di Indonesia, banyak orang yang cukup sering menggunakan Western Union. Namun masih banyak yang belum mengetahui cara menggunakan layanan ini.

Apa itu Western Union?

Western Union adalah layanan yang menyediakan layanan untuk mengirim dan menerima uang secara internasional. Layanan ini sering digunakan oleh mereka yang ingin mengirim uang ke negara lain dan ingin transfernya aman, cepat dan murah. Layanan yang ditawarkan oleh layanan yang berbasis di Colorado, USA ini tidak hanya mengirim uang ke rekening bank saja, namun juga bisa dilakukan ke rekening dompet digital dan rekening ponsel.Bagi yang belum tahu dan belum pernah mencoba Western Union. , terkadang mereka ragu untuk menggunakan jasa pengiriman ini.

Banyak yang mengira sulit, tidak percaya, prosesnya lama dan lain sebagainya. Faktanya, layanan mengirim atau menerima uang ini dinilai lebih mudah, cepat, dan umum dibandingkan menggunakan ATM bank lokal.Di luar negeri, Western Union lebih mudah dijangkau atau diakses dengan biaya rendah. Rata-rata bank lokal tidak melakukan pengiriman atau pengiriman ke luar negeri.Mungkin sebagian orang masih bingung menggunakan Western Union untuk mengirim dan menerima.

Dalam hal ini, kami akan menjelaskan secara detail cara menarik uang dari Western Union yang dapat Anda coba sendiri.

Cara menarik uang dari Western Union

1. Ketahui tempat-tempat di mana layanan Western Union digunakan

Langkah pertama untuk menarik uang dari Western Union Union Western Union adalah hal yang perlu Anda lakukan. Untuk mengetahuinya, Anda perlu mengetahui tempat di mana layanan Western Union digunakan. Mencarinya mudah, cukup perhatikan name tagnya. Biasanya tempat-tempat yang bekerja sama dengan Western Union mempunyai tanda “Western Union”.Namun layanan Western Union juga dapat ditemukan di beberapa tempat seperti Bank Danamon, Bank Mandiri Syariah, Bank Jawa Barat (BJB), Posti. Perkantoran, Pegadaian, Indomaret dll. Pada dasarnya, Anda dapat menggunakan layanan Western Union dengan stiker Western Union berwarna kuning.

2. Pastikan pengirim mengirimkan uang.

Pastikan uang yang dikirimkan pengirim benar-benar dikirimkan kepada Anda.  Pertama, tanyakan kepada pengirimnya apakah uang itu dikirimkan kepada Anda atau belum. Karena tidak mungkin Anda datang ke kantor Western Union untuk mengambil uang yang dikirimkan. Faktanya, pengirim belum mengirimkan uang.

3. Minta kode MTCN kepada pengirim

Penerima yang menerima uang, tidak boleh melupakan satu hal, yaitu Nomor Kontrol Pengiriman Uang (MTCN). Apa itu kode MTCN? Kode/nomor unik yang nantinya digunakan untuk pengiriman uang. Anda bisa mendapatkan kode MTCN dengan menanyakan kepada pengirimnya. Kemudian setelah menerima uang, petugas Western Union hanya perlu mencocokkan kode MTCN dan identitas Anda dengan uang yang dikirimkan. Jika sudah benar, Anda bisa langsung menarik uangnya.

4. Ketahui syarat penarikan uang dari Western Union

Tentunya untuk menarik uang yang dikirim melalui Western Union harus dipenuhi syarat-syarat tertentu atau ada beberapa hal yang harus dipersiapkan. Apa saja yang perlu Anda persiapkan untuk menarik uang dari Western Union? Berikut daftarnya.

  • Nama lengkap pengirim (nama depan, tengah, dan belakang).
  • Asli dan fotokopi KTP yang masih berlaku (bagi WNA, buatlah paspor asli yang masih berlaku).
  • Ketahui nama penerimanya.
  • Ketahui nama penerima.
  • Jumlah uang yang dikirim.
  • Nomor Transaksi Pengiriman Uang (MTCN).
  • Ketahui negara asal dan alamat pengirim.

Banyak hal di atas yang harus dilakukan sebelum menerima uang. Jika salah satu persyaratan di atas tidak terpenuhi, mendapatkan uang bisa jadi agak sulit. Alasannya, persyaratan penerimaan belum sepenuhnya terpenuhi. Harap persiapkan persyaratan di atas dengan matang sebelum mengunjungi kantor Western Union. Hubungi pengirim untuk mengetahui informasi penting yang dibutuhkan penerima.

5. Datanglah ke kantor Western Union

Jika pada poin sebelumnya Anda sudah mempersiapkan beberapa hal penting, berarti Anda sudah siap untuk berangkat ke kantor Western Union terdekat. Pertama, temukan kantor Western Union di dekat lokasi Anda.Jika Anda masih belum menemukan kantor Western Union terdekat, silakan gunakan fungsi pencarian di situs Western Union yaitu https://www.westernunion.com/id /eo/home.html

6. Isi formulir penerimaan uang

Saat Anda tiba, informasikan kepada staf kantor tentang niat Anda untuk melakukan transfer uang. Anda kemudian akan diminta mengisi tanda terima untuk terus menerima dana. Pertama, isi dengan informasi yang sesuai. Biasanya formulir memiliki kolom seperti jumlah uang, nama penerima, dll. Lengkapi sesuai dengan informasi yang diketahui atau diterima pengirim. Selanjutnya Anda akan dimintai KTP untuk memverifikasi bahwa informasi yang tertulis di formulir sudah benar atau sesuai dengan KTP yang digunakan.

7. Menunggu konfirmasi

Sekarang Anda tinggal menunggu proses verifikasi. Jika informasi sudah benar , Pejabat West Union akan mengisi informasinya. Prosesnya tidak terlalu lama. Jangan khawatir mengenai biaya atau biaya verifikasi karena tidak dipungut biaya untuk verifikasi. Ini berbeda dengan pengiriman berbayar.

8. Ambil uang

Setelah proses verifikasi selesai dan berhasil, Anda dapat mengambil uang yang dikirimkan oleh pengirim. Periksa dan tandatangani kwitansi pembelian. Broker akan memberi Anda bukti transaksinya. Periksa kembali resi transaksi dan tandatangani bahwa semua detail sudah benar. Kesepakatan sudah selesai. Simpan uang Anda di tempat yang aman.