Begini Cara Cek Penerima Bansos Pemerintah 2024, Kamu Wajib Tahu!

Bansos Pemerintah

Begini cara mengecek daftar bantuan program Pemerintah (PKH) dan penerima kebutuhan pokok.Untuk diketahui, bantuan PKH dan bantuan sembako akan disalurkan tahun ini juga kepada masyarakat miskin.Caranya Cek apakah nama Anda terdaftar sebagai penerima PKH dan bantuan sembako pada tahun 2024, bisa di cekbansos.kemensos.go.id

Diketahui bantuan PKH akan diberikan kepada 10 juta Keluarga Penerima Manfaat (KPM ) pada tahun 2024 .Sementara jumlah penerima bantuan sembako di seluruh Indonesia sebanyak 18,8 juta KPM. Dengan menggunakan metode tersebut, Anda dapat mengecek daftar penerima PKH dan bantuan sembako dengan sangat mudah.Anda hanya perlu memasukkan informasi berupa alamat dan nama di cekbansos.kemensos.go.id.Kemudian klik "Cari informasi" untuk mengetahui apakah nama Anda Terdaftar di PKH - sebagai penerima bantuan dan sembako . makanan bantuan hidup.

Begini cara cek seluruh penerima PKH dan sembako tahun 2024 di cekensos.kemensos.go.id:
  1. Kunjungi cekbansos.kemensos.go.id atau klik link ini.
  2. Masukkan Provinsi, Wilayah Administratif, Kecamatan dan Desa/Kabupaten.
  3. Masukkan Nama Penerima (PM) sesuai KTP.
  4. Masukkan kode 4 huruf pada kolom kode.
  5. Jika kode hurufnya kurang jelas, klik ikon Refresh untuk mendapatkan kode huruf baru.
  6. Klik tombol DAPATKAN DATA.
  7. Situs tersebut menampilkan hasil pencarian jika nama Anda tercantum sebagai BPNT dan PKH sebagai KPM.

Perlu diketahui bahwa PKH dan Pendamping Sembako dapat diperiksa oleh siapa saja jika mengetahui nama lengkap dan alamat yang bersangkutan.Dari Program Keluarga Harapan (PKH) Bantuan PKH disalurkan setiap tiga bulan sekali dengan jumlah yang berbeda-beda sesuai dengan kategori atau kriteria KPM.

Misalnya kategori ibu hamil menerima bantuan PKH sebesar Rp3 juta/ tahun atau Rp 750 ribu/tiga bulan. PKH disalurkan melalui bank anggota himpunan perbankan nasional (HIMBARA), yaitu. BNI, BRI, Bank Mandiri dan BTN sebagai. serta pengelola/mitra PKH.Pengelola PKH biasanya menghubungi penerima untuk menerima pembayaran PKH. Pada bulan Januari 2024, pembayaran PKH triwulan pertama akan jatuh tempo, yang seharusnya dibayarkan pada bulan Januari-Maret 2024 .

Berikut jumlah bantuan yang dipinjam kemensos.go.id untuk penerima PKH:

  • Kategori hamil/melahirkan: Rp 3 juta/tahun atau Rp 750 ribu/tiga bulan- Kategori dari PAUD 0 -. 6 tahun: Rp 3 juta per tahun atau Rp 750 ribu / tiga bulan
  • Kelas pendidikan anak SD/sederajat: Rp 900 ribu / tiga bulan atau Rp 225 ribu / tiga bulan- SMP/sederajat kelas pendidikan anak: Rp 1,5 juta/tahun atau Rp 375 ribu/tiga bulan- Kategori SMA/pendidikan terkait: Rp 2 juta/tahun atau Rp 500 ribu/tiga bulan- Kategori disabilitas berat : Rp 2,4 juta / per tahun yaitu Rp 600 ribu / tiga bulan
  • Kelas senior: Rp 2,4 juta / tahun mis. Rp 600 ribu/tiga bulanTentang Bantuan SembakoSebelumnya Bantuan Sembako disebut Makanan Non Tunai (BPNT).Hal ini dikarenakan bantuan ini disalurkan melalui bahan pangan seperti beras , telur, sayur mayur, daging, kacang-kacangan dan buah-buahan senilai Rp 200.000 per bulan.Bantuan hidup ini tidak lagi berupa makanan, melainkan tunai Rp 200.000.

Penerima sembako Rp 200.000 bisa menggunakannya diri.Sembako yang penyalurannya ditransfer langsung ke rekening penerima melalui bank anggota Himpunan Perbankan Nasional (HIMBARA), yaitu. BNI, BRI, Bank Mandiri dan BTN..