Apa Saja Yang Termasuk Kebutuhan Primer, Sekunder Dan Tersier?

Apa Saja Yang Termasuk Kebutuhan Primer, Sekunder Dan Tersier?

Pertanyaan :

Apa saja yang termasuk kebutuhan primer, sekunder dan tersier?

Jawaban:

  • Kebutuhan primer meliputi makanan, pakaian, dan tempat untuk tinggal
  • Kebutuhan sekunder adalah seperti buku, alat masak, dan alat mandi
  • Kebutuhan tersier adalah seperti mobil mewah

Pengertian Kebutuhan Primer, Sekunder dan Tersier

Kutipan dari Ilmu Ekonomi 1 SMA Kelas X oleh Dr. M. Suparmoko, M.A. Pengertian dan Contoh Kebutuhan Primer, Sekunder, dan Tersier.

Kebutuhan Primer

Kebutuhan primer merupakan kebutuhan terpenting yang harus dipenuhi. Hal yang termasuk dalam kebutuhan dasar adalah kebutuhan dasar manusia seperti kebutuhan akan pangan, sandang, dan papan. Itu sebabnya kebutuhan primer disebut juga kebutuhan dasar, karena kebutuhan tersebut harus dipenuhi agar dapat bertahan hidup.Seseorang membutuhkan makanan, minuman, tempat tinggal, dan pakaian yang cukup untuk hidup. Ada sembilan kebutuhan sehari-hari atau kebutuhan pokok, antara lain beras, tepung terigu, garam, minyak tanah, cara mencuci, ikan asin, gula pasir, minyak goreng, dan tekstil.

Kebutuhan Sekunder

Tidak hanya kebutuhan pokok, masyarakat juga hidup dari kebutuhan sekunder . kebutuhan ke kebutuhan Kebutuhan sekunder merupakan kebutuhan yang harus dipenuhi setelah kebutuhan primer terpenuhi. Jadi kebutuhan sekundernya tidak begitu mendesak. Tujuan dari kebutuhan sekunder adalah untuk mencapai kehidupan yang lebih baik. Kebutuhan sekunder biasanya mencakup barang-barang rumah tangga.

Kebutuhan Tersier

Kebutuhan lebih tinggi muncul setelah kebutuhan primer dan sekunder terpenuhi. Kebutuhan tingkat tinggi ini berhubungan dengan gaya hidup yang mapan atau lebih mewah. Kemewahan membuat masyarakat semakin merasa puas dan hidup lebih nyaman.

Pengertian Kebutuhan Primer, Sekunder dan TersierKutipan dari Ilmu Ekonomi 1 SMA Kelas X oleh Dr. M. Suparmoko, M.A. 

Pengertian dan Contoh Kebutuhan Primer, Sekunder, dan Tersier.Kebutuhan Primer Kebutuhan primer merupakan kebutuhan terpenting yang harus dipenuhi. Kebutuhan primer meliputi kebutuhan dasar manusia seperti kebutuhan pangan, sandang, dan papan. Oleh karena itu kebutuhan primer disebut juga kebutuhan dasar, Contoh kebutuhan primer, sekunder, dan tersier

1. Contoh Kebutuhan Primer

Makanan atau gizi merupakan kebutuhan pokok manusia untuk menjaga kesehatan dan memperoleh energi. Misalnya air minum, beras, gandum, jagung atau lainnya.Tempat tinggal atau shelter merupakan kebutuhan primer yang memberikan perlindungan dan kenyamanan bagi masyarakat. Tempat tinggal tersebut dapat berupa rumah, kos-kosan, apartemen atau bangunan lain yang mewakili suatu tempat tinggal.Pakaian merupakan kebutuhan utama untuk melindungi tubuh dari kondisi lingkungan seperti panas dan dingin, terik matahari dan air hujan, serta untuk menjaga . privasi.

2. Contoh kebutuhan sekunder

Elektronik: TV, kulkas, kipas angin.Furnitur: lemari, meja, kursi dan rak buku.Transportasi: sepeda motor, ojek online, sepeda, mobil atau bus kota.

3. Contoh kebutuhan tersier

Elektronik: laptop dan smartphonePerhiasan: cincin berlian, kalung mutiara atau kalung emasPembebasan: liburan ke luar negeri, makan di restoran mewah, menyewa jet pribadiBarang mewah lainnya: tas dan sepatu desainer, dan mobil mewah. Contoh di atas menunjukkan bahwa banyak objek yang termasuk dalam kategori kebutuhan primer, sekunder, dan tersier, yang juga dapat bergantung pada kondisi masyarakat..