Iklan

terkini

Cara Mudah Membuat Google Form dan Membagikanya Untuk Bisnis dan Usaha

, Januari 04, 2024 WIB

Google Form

Cara Efektif Membuat dan Membagikan Google Formulir untuk Bisnis dan Usaha - Apakah Anda masih kesulitan dalam mengumpulkan data untuk bisnis atau usaha Anda? Apakah Anda masih menggunakan metode manual seperti pengisian kertas untuk survei atau formulir pendaftaran? Jika iya, jangan khawatir! Kali ini kami akan menyediakan solusi yang tepat untuk Anda dengan menggunakan formulir digital dari Google. Mari kita mulai!

1. Buka Gmail dan Klik Ikon Google Apps

 

Buka halaman Gmail Anda dan klik ikon Google Apps yang terletak di pojok kanan atas layar. Anda juga dapat membuka formulir melalui menu yang sama di Google Drive.


2. Pilih Google Formulir

 

Cari dan pilih ikon Google Formulir dari daftar aplikasi Google yang tersedia seperti terlihat pada gambar di bawah ini. Anda juga dapat melakukan pencarian dengan kata kunci "Google Formulir" di Google Search.
 

3. Membuat Formulir Baru

 

Setelah memilih Google Formulir, Anda akan diarahkan ke halaman pembuatan formulir baru. Pilih opsi "Formulir Kosong" untuk memulai.
 

4. Tentukan Nama Dokumen dan Nama Formulir

 

Agar lebih mudah dalam mengelola formulir yang telah dibuat, berikanlah nama dokumen untuk formulir Anda di pojok kanan atas layar. Selain itu, beri juga nama/judul formulir dan deskripsi di kolom pertama seperti yang ditunjukkan pada gambar di bawah.

5. Membuat Pertanyaan

 

Di bawah judul dan deskripsi, Anda akan melihat kolom pertanyaan. Gunakan kolom ini untuk membuat pertanyaan sesuai kebutuhan Anda.

6. Menentukan Bentuk Jawaban

 

Setelah membuat pertanyaan, tentukan juga bentuk jawaban yang diinginkan. Pilih salah satu opsi yang ada di sebelah kanan kolom pertanyaan, seperti yang ditampilkan pada gambar di bawah. Anda dapat memilih jawaban singkat, jawaban panjang, pilihan ganda atau pilihan dengan kotak centang.

 

7. Menambah Pertanyaan

 

Untuk menambah pertanyaan, klik ikon (+) yang terletak di sebelah kolom pertanyaan pertama. Jika Anda menggunakan pilihan jawaban dengan pilihan ganda atau pilihan lainnya, Anda dapat menambahkannya dengan memilih opsi "Tambahkan Pilihan". Selain itu, Anda juga dapat memasukkan berbagai media seperti gambar dan video dengan memilih ikon yang ada di bawah ikon (+).

8. Menentukan Pertanyaan Wajib Diisi

 

Jika Anda ingin memastikan bahwa semua pertanyaan harus dijawab, aktifkan opsi "Wajib Diisi" di pojok kanan bawah setiap pertanyaan. Dengan begitu, orang yang mengisi formulir tidak dapat melanjutkan ke halaman berikutnya tanpa menjawab pertanyaan tersebut.

9. Pratinjau Formulir yang Telah Dibuat

Setelah semua pertanyaan telah diisi, Anda dapat melihat pratinjau formulir yang telah dibuat dengan mengklik ikon mata di pojok kanan atas. Halaman yang muncul akan menampilkan tampilan formulir seperti yang akan dilihat oleh orang lain. Selain itu, Anda juga dapat mengubah tema atau warna formulir dengan memilih ikon palet cat seperti yang ditunjukkan pada gambar di bawah ini.

Mengirim dan Membagikan Google Formulir

 

Setelah formulir selesai, Anda dapat membagikannya dengan mengklik tombol "Kirim" di pojok kanan atas. Anda dapat memilih untuk mengirim melalui email atau membagikan melalui link.

 

1. Mengirim Melalui Email

 

Masukkan alamat email penerima dalam formulir yang muncul setelah Anda mengklik tombol "Kirim" jika Anda ingin mengirim formulir melalui email.


2. Membagikan Melalui Link

 

Selain melalui email, Anda juga dapat membagikan formulir melalui link. Pilih ikon rantai di sebelah ikon surat (email) untuk mendapatkan link formulir secara otomatis. Salin dan bagikan link tersebut kepada orang-orang yang Anda inginkan.



Sekarang Anda sudah memiliki cara yang efektif untuk membuat dan membagikan formulir digital menggunakan Google Formulir untuk bisnis dan usaha Anda. Selamat mencoba!

Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Cara Mudah Membuat Google Form dan Membagikanya Untuk Bisnis dan Usaha

Terkini

Iklan