Sebutkan dua faktor berdirinya Kerajaan Mughal Jelaskan

Kerajaan Mughal

Sebutkan dua faktor berdirinya Kerajaan Mughal Jelaskan 

 

Jawabannya: 


1. Adanya ambisi kuat dari pimpinan dinasti Moghul yaitu Zahiruddin Muhammad Babur 

 

2. Situasi geopolitik Kesultanan Delhi India yang lagi kacau menjadi kesempatan berdirinya Kesultanan baru yaitu Kesultanan Moghul 

 

Kesultanan Moghul didirikan oleh Zahiruddin Muhammad Babur, dia adalah putra Umar Sheikh Mirza, penguasa Ferghana, dan Qutlugh Nigar Khanum, keturunan Chagatai Khan, anak Genghis Khan. Di usia 11 tahun, Babur telah mewarisi daerah Ferghana dari ayahnya. Sejak muda, ia telah berambisi menaklukkan Samarkand, kota penting di Asia Tengah kala itu. Dengan bantuan Raja Ismail I dari Kerajaan Safawi, Babur berhasil menaklukkan Samarkand pada 1494 M. Satu dekade kemudian, ia menduduki kekuasaan di Kabul, ibu kota Afghanistan, dan segera memusatkan perhatiannya pada India. 

 

Pada saat Babur berkuasa di Kabul, situasi di India sedang dalam masa kekacauan ketika berada dibawah pemerintahan Ibrahim Lodi. Kesempatan ini sebagai pintu bagi Babur untuk merealisasikan impiannya memperluas imperium sampai di India. Sultan Babur segera menyiapkan pertempuran untuk menjatuhkan raja Lodi. Pada tahun 1526 terjadi pertempuran besar di kota Panipat. Sultan Ibrahim Lodi dapat dikalahkan oleh tentara Sultan Babur, dan berakhirlah kerajaan Delhi. Sultan Babar kemudian mendirikan kerajaan Moghul dan pemerintahannya terkenal dengan nama kesultanan Moghul dengan ibu kotanya di kota Agra.