Cara Membuat Stiker WhatsApp Tanpa Aplikasi

Stiker WhatsApp

 

Memperkaya Pengalaman Chat dengan Stiker WA Sendiri

 

Hello, Sobat Betuah.id! Siapa yang tidak suka dengan stiker lucu dan menggemaskan di WhatsApp? Stiker telah menjadi salah satu cara populer untuk mengekspresikan emosi dalam percakapan chat. Namun, terkadang kita kesulitan menemukan stiker yang sesuai dengan keinginan kita. Nah, kali ini kami akan membahas cara membuat stiker WhatsApp tanpa menggunakan aplikasi tambahan. Yuk, mari kita coba!

 

1. Siapkan Bahan-Bahan yang Diperlukan

 

Sebelum kita mulai, pastikan kamu telah menyiapkan bahan-bahan yang diperlukan, yaitu:

 

  • Smartphone dengan aplikasi WhatsApp terinstal
  • Gambar atau foto yang ingin dijadikan stiker (bisa berupa gambar lucu, wajah teman, atau apapun yang kamu suka!)
  • Akses internet yang stabil

 

2. Ubah Gambar Menjadi Format WebP

 

Langkah pertama yang perlu kita lakukan adalah mengubah gambar atau foto yang ingin kita jadikan stiker ke format WebP. WhatsApp menggunakan format ini untuk stiker. Kamu bisa menggunakan layanan online atau aplikasi konversi gambar untuk mengubah format gambar menjadi WebP. Setelah itu, kamu siap melangkah ke langkah berikutnya.

 

3. Buat Paket Stiker

 

Selanjutnya, kita akan membuat paket stiker yang berisi beberapa stiker sekaligus. Caranya cukup mudah, ikuti langkah-langkah berikut:

 

  1. Buka aplikasi WhatsApp di smartphone kamu
  2. Buka percakapan dengan teman atau grup yang ingin kamu jadikan sebagai tempat uji coba stiker
  3. Ketuk ikon emoji di samping kolom input teks
  4. Di bagian bawah layar, kamu akan melihat ikon stiker (berbentuk wajah)
  5. Ketuk ikon tersebut, kemudian pilih ikon tambah (+) di sebelah kanan atas
  6. WhatsApp akan membuka layar "Stiker" dengan daftar stiker yang sudah ada
  7. Di bagian bawah layar, kamu akan melihat opsi "Buat" dengan ikon pensil
  8. Ketuk opsi "Buat" dan berikan nama untuk paket stikermu
  9. Ketuk ikon pensil lagi untuk menambahkan stiker ke paket baru
  10. Pilih stiker WebP yang telah kamu persiapkan sebelumnya dari galeri foto
  11. Ulangi langkah terakhir untuk menambahkan stiker lainnya (minimal 3 stiker)
  12. Setelah selesai, ketuk ikon centang di sebelah kanan atas

 

4. Menikmati Stiker Buatan Sendiri

 

Sekarang, kamu telah berhasil membuat paket stiker dengan stiker buatan sendiri. Kamu bisa langsung menggunakannya dalam percakapan di WhatsApp. Untuk menggunakan stiker tersebut, cukup buka percakapan, ketuk ikon emoji, lalu pilih ikon stiker. Kamu akan melihat paket stiker yang baru kamu buat di bagian atas daftar stiker.

 

5. Membagikan Stiker ke Teman

 

Bagian terbaik dari memiliki stiker buatan sendiri adalah kamu bisa membagikannya kepada teman-temanmu. Kamu dapat mengirim stiker yang kamu buat ke teman-teman dalam percakapan personal atau grup. Caranya sangat mudah, tinggal buka percakapan, ketuk ikon emoji, pilih ikon stiker, dan pilih stiker yang ingin kamu bagikan.

 

6. Membuat Stiker dari Gambar Teman atau Karakter Favorit

 

Tak hanya menggunakan gambar atau foto dari internet, kamu juga bisa membuat stiker WhatsApp dari gambar teman atau karakter favoritmu. Caranya sama seperti langkah-langkah sebelumnya, yaitu dengan mengubah gambar menjadi format WebP dan membuat paket stiker di WhatsApp. Dengan begitu, kamu bisa memiliki stiker yang unik dan personal.

 

7. Mencari Inspirasi Stiker di Internet

 

Jika kamu kesulitan menemukan gambar atau foto yang cocok untuk dijadikan stiker, jangan khawatir! Internet adalah tempat yang kaya akan inspirasi. Kamu dapat mencari situs-situs yang menyediakan stiker-stiker lucu dan menggemaskan secara gratis. Setelah menemukan stiker yang kamu sukai, cukup unduh dan ubah formatnya menjadi WebP, lalu buat paket stiker di WhatsApp.

 

8. Menghapus atau Menyunting Stiker yang Sudah Dibuat

 

Jika kamu ingin menghapus atau menyunting stiker yang sudah kamu buat, kamu dapat melakukannya dengan mudah. Buka aplikasi WhatsApp, buka layar stiker, lalu tahan stiker yang ingin dihapus atau disunting. Pilih opsi yang sesuai, seperti "Hapus dari paket" atau "Sunting stiker". Dengan begitu, kamu dapat mengatur koleksi stikermu sesuai keinginan.

 

Kesimpulan

 

Itulah cara mudah membuat stiker WhatsApp tanpa menggunakan aplikasi tambahan. Dengan mengikuti langkah-langkah di atas, kamu dapat memperkaya pengalaman chatmu dengan stiker-stiker buatan sendiri. Jadi, tak perlu khawatir jika kamu kesulitan menemukan stiker yang sesuai dengan keinginanmu. Ayo, segera coba dan kreasikan stiker lucu dan unikmu sendiri di WhatsApp!

Sampai jumpa kembali, Sobat Betuah.id, di artikel menarik lainnya!