Cara Daftar KIP Kuliah 2024, Ini Dia Langkah-langkahnya!

 

Betuah.id - Pendaftaran akun KIP Kuliah 2023 Pendaftaran akun Kartu KIP Kuliah Indonesia Pintar (KIP) dibuka hingga tanggal 31 Oktober 2023. Calon peserta Seleksi Nasional Merit Based (SNBP) yang ingin mendaftar pada aplikasi KIP Kuliah, disarankan untuk membuat KIP Kuliah akun sebelum Batas Waktu Pendaftaran SNBP.

KIP Kuliah merupakan program bantuan pendidikan yang memberikan biaya pendidikan dan tunjangan kepada siswa. uang sampai lulus sesuai ketentuan yang berlaku.Untuk menjadi penerima KIP Kuliah, calon mahasiswa harus memenuhi syarat kepemilikan KIP, berasal dari keluarga peserta Program Keluarga Harapan (PKH), keluarga dengan a. Kartu Keluarga Sejahtera (KKS), Siswa Panti Sosial atau Panti Asuhan, atau Siswa Keluarga yang terdaftar dalam Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS).

Jika Anda tidak memenuhi salah satu dari lima kriteria di atas, jangan khawatir. Calon mahasiswa tetap bisa mendaftar KIP Kuliah Merdeka sepanjang memenuhi syarat kekurangan ekonomi sesuai peraturan yang berlaku.Untuk membuktikan syarat tersebut, total pendapatan orang tua atau wali tidak boleh melebihi Rp.4 juta per bulan atau penghasilan kotor orang tua/wali dibagi jumlah anggota keluarga tidak boleh melebihi Rp750 ribu.

Pendaftaran acara KIP Kuliah 2023 dapat Anda lakukan melalui website KIP Kuliah System dan mobile application KIP Kuliah. Pastikan Anda telah menyiapkan rincian NIK, Nomor Pokok Siswa Nasional (NISN), Nomor Pokok Sekolah Nasional (NPSN) dan alamat email yang valid dan aktif sebelum mendaftar.

Untuk membuat akun KIP Kuliah 2023, lakukan hal berikut:

  • Buka laman kip-kuliah.kemdikbud.go.id.
  • Pada halaman pendaftaran, masukkan NIK, NISN, dan NPSN.
  • Sistem KIP Kuliah akan melakukan validasi terhadap ketiga data tersebut serta kelayakan untuk mendapatkan KIP Kuliah.
  • Jika validasi berhasil, sistem akan mengirimkan Nomor Pendaftaran dan Kode Akses ke alamat email yang telah didaftarkan dan masih aktif.
  • Buka email dan salin Nomor Pendaftaran dan Kode Akses tersebut.
  • Masukkan Nomor Pendaftaran dan Kode Akses pada halaman Sistem KIP Kuliah.
  • Selesaikan proses pendaftaran di sistem sesuai dengan jalur yang dipilih dalam seleksi nasional atau seleksi perguruan tinggi, dalam hal ini pilih SNBP.
  • Buka portal SNPMB dan lengkapi proses pendaftaran SNBP.
  • Bagi calon penerima KIP Kuliah yang telah dinyatakan diterima di perguruan tinggi melalui jalur SNBP, lakukan verifikasi yang dapat dilakukan di kampus masing-masing sebelum diajukan ke Pusat Layanan Pembiayaan Pendidikan (Puslapdik) Kemendikbudristek sebagai calon mahasiswa penerima KIP Kuliah.

Bagi yang memenuhi kriteria pendaftaran KIP Kuliah jangan lewatkan kesempatan mendaftar KIP Kuliah! Semoga sukses dengan pendidikan Anda!.