Apa Saja Kebutuhan Manusia Jika Dinilai Dari Sifatnya

kebutuhan manusia

Pertanyaan : 


Dalam menilai kebutuhan dalam hidup manusia, dapat dilihat dari sifatnya. Apa saja kebutuhan manusia jika dinilai dari sifatnya, kecuali...

 

A.   Kebutuhan yang bersifat primer

B.   Kebutuhan tentang jasmani

C.   Kebutuhan sekunder

D.  Kebutuhan yang tergolong tersier

 

Jawaban B

 

Kebutuhan muncul melalui proses internal manusia, namun kebutuhan seringkali dipengaruhi oleh faktor lingkungan. Kebutuhan pokok manusia misalnya makan dan minum. Sebagaimana dijelaskan Alwisko dalam The Psychology of Personality (2018), pengertian kebutuhan adalah suatu konstruk yang berhubungan dengan kekuatan bagian otak yang mengatur berbagai proses. 

 

Kebutuhan didefinisikan sebagai segala sesuatu yang perlu dipenuhi oleh manusia. Kebutuhan yang berbeda dipisahkan menurut sifat, waktu dan subjeknya. 

 

Penjelasannya sebagai berikut:Kebutuhan yang berbeda-beda menurut sifatnya Kebutuhan yang berbeda-beda menurut sifatnya dapat dibedakan menjadi dua macam, yaitu kebutuhan jasmani dan kebutuhan batin. Jadi: 

 

1. Kebutuhan Jasmani 

 

Kebutuhan jasmani adalah kebutuhan yang memberikan kepuasan pada badan atau badan. Kebutuhan ini bersifat material. Kebutuhan jasmani meliputi kebutuhan makan, obat sakit, minuman, kesehatan dan olah raga.

 

2. Kebutuhan Rohani 

 

Kebutuhan Rohani adalah kebutuhan yang dianggap bermanfaat bagi jiwa manusia. Ketika kebutuhan ini terpenuhi, Anda merasa puas, aman dan tenang. Contoh kebutuhan spiritual antara lain kebutuhan akan hiburan, agama, televisi, membaca buku, dan pendidikan..